2 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan untuk Makan, Gak Sulit Kok!

ilustrasi makanan.
ilustrasi makanan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, rata-rata masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan menghabiskan sekitar Rp1.150.000 setiap bulannya hanya untuk membeli makanan. 

Namun pengeluaran ini sebenarnya masih bisa ditekan, apabila kita membangun kebiasaan mengolah makanan sendiri dan mengolah bahan makanan yang tersisa.

Corporate Brand Manager Kirin, Eka Arli Chandra, mengatakan, mengolah hidangan di rumah bukan satu-satunya cara untuk berhemat. Kita juga dapat memulai food planning and food prepping setiap minggunya untuk menakar pengeluaran yang akan dikeluarkan. 

"Melalui Planning & Preparation, kita juga dapat melihat seberapa banyak bahan yang akhirnya dikategorikan sebagai waste dan mengkreasikan apa yang biasanya dianggap sebagai waste menjadi hidangan baru," ujarnya saat acara Kirin #SisaBisa di Instagram @kirinindonesia. 

Eka menambahkan, banyak orang tidak menyadari berapa banyak uang yang lenyap dari sisa bahan makanan yang terbuang sia-sia. 

tabungan
Photo :
  • U-Report

tabungan

"Untuk itu, acara ini diadakan untuk menyadarkan masyarakat bahwa dengan mengolah sisa bahan makanan, kita bisa menekan biaya hidup per bulan serta mencegah terjadinya kekurangan makanan," kata  dia.