4 Cara Mudah Tingkatkan IQ, Belajar Bahasa hingga Main Alat Musik

Ilustrasi ujian.
Sumber :
  • Pixabay/Tjevans

VIVA – Mungkin banyak yang bertanya-tanya mampukah untuk meningkatkan level kecerdasan alias IQ. Ternyata, beberapa cara pelatihan intelektual yang tepat dapat meningkatkan kecerdasan otak, lho.

Jayabaya Ramal Kemunculan Gempa Besar hingga Renggut Korban Jiwa, Begini Terjemahannya

Dilansir dari Healthline, Selasa, 2 November 2021, IQ, yang merupakan kependekan dari intelligence quotient, adalah ukuran kecerdasan dan potensi intelektual seseorang. Pengukuran ini dipopulerkan pada tahun 1900-an oleh seorang psikolog Perancis bernama Alfred Binet.

IQ diukur menggunakan pengujian standar yang dikelola oleh psikolog berlisensi dan, dalam beberapa kasus, mereka yang memiliki pelatihan kesehatan mental tingkat pascasarjana. Tes IQ standar umum meliputi:

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Skala Kecerdasan Wechsler untuk Anak-anak (WISC-V)
Skala Kecerdasan Wechsler untuk Orang Dewasa (WAIS)
Skala Kecerdasan Stanford-Binet

Ilustrasi belajar.

Photo :
  • U-Report
Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Penelitian menunjukkan bahwa ada berbagai cara untuk mengembangkan beberapa keterampilan paling penting yang terkait dengan kecerdasan manusia.

Ada dua kategori kecerdasan manusia yakni kecerdasan cair dan kecerdasan kristal. Kecerdasan cair dikaitkan dengan penalaran abstrak, sedangkan kecerdasan terkristalisasi dikaitkan dengan pengembangan keterampilan intelektual.

Menurut National Library of Medicine, jenis kecerdasan ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor genetik dan lingkungan, termasuk gen, IQ orangtua, pendidikan, nutrisi gaya pengasuhan, dan kehidupan rumah.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan berbagai bidang kecerdasan Anda, mulai dari penalaran dan perencanaan hingga pemecahan masalah.

1. Aktivitas memori

Ilustrasi belanja online.

Photo :
  • Pixabay/kaboompics

Aktivitas memori dapat membantu meningkatkan tidak hanya memori, tetapi juga kemampuan penalaran dan bahasa. Faktanya, permainan memori telah digunakan dalam studi penelitian untuk mengeksplorasi bagaimana memori berhubungan dengan bahasa dan pengetahuan objek.

Penalaran dan bahasa sama-sama digunakan sebagai ukuran kecerdasan, artinya kegiatan memori dapat terus mengembangkan kecerdasan. Kegiatan yang melibatkan pelatihan memori meliputi: teka-teki silang, permainan kartu konsentrasi, atau pencocokan kartu sudoku

2. Alat-alat musik

Ilustrasi Alat Musik Perkusi

Photo :
  • pixabay.com

Anda tidak perlu menjadi musisi terkenal berikutnya untuk mendapatkan manfaat dari mempelajari alat musik. Satu penelitian menemukan bahwa musisi memiliki memori kerja yang lebih baik daripada non-musisi.

Mengingat peran penting yang dimainkan memori dalam kecerdasan, mungkin bermanfaat bagi IQ Anda untuk akhirnya mengambil alat musik yang selalu ingin Anda pelajari.

3. Bahasa baru

Ilustrasi belajar bahasa Inggris

Photo :
  • U-Report

Apakah Anda akan terkejut mengetahui bahwa lebih dari setengah populasi dunia adalah bilingual? Seharusnya tidak mengejutkan bahwa mempelajari banyak bahasa bermanfaat bagi otak manusia dan semakin dini, semakin baik.

Sebuah studi baru-baru ini menyelidiki hubungan antara pembelajaran bahasa awal dan IQ. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa melalui pembicaraan dan interaksi dari 18 hingga 24 bulan paling bermanfaat untuk hasil kognitif di kemudian hari.

4. Sering membaca

Contoh teks anekdot

Photo :
  • vstory

Tidak dapat disangkal betapa bermanfaatnya buku dalam perkembangan kognitif manusia. Bahkan, manfaat perkembangan semakin terasa ketika buku menjadi bagian dari kegiatan parenting bonding.

Dalam satu studi baru-baru ini, para peneliti menemukan bahwa ketika orang tua membacakan untuk anak-anak mereka, anak memiliki keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya