Tanpa Ribet, Ini 3 Cara Cek NISN Siswa Secara Online

Cara cek NISN
Sumber :
  • Dwi Royanto/VIVAnews

VIVA – Cara cek NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Melansir laman resmi Kemendikbud, NISN merupakan kode nomor yang menjadi tanda pengenal untuk seorang siswa yang tersandar dan berlaku sepanjang hidupnya. NISN ini dipakai untuk membedakan seorang siswa dengan siswa lainnya di berbagai sekolah di Indonesia dan sekolah Indonesia yang berada di luar negeri. NISN atau Nomor Induk Siswa Nasional ini diberikan kepada setiap siswa yang sekolah di sebuah pendidikan dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional yang telah terdaftar di Kemendikbud.

SNBT 2024, 4.882 Mahasiswa Baru Lanjut Kuliah di Unimed

Secara nasional, sistem pengelolaan NISN ini dinaungi oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang mana ini bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengetaui cara cek NISN ini sangatlah penting karena sangat dibutuhkan untuk mengikuti Ujian Nasional atau mendaftar seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri. Sebelum mengetahui cara cek NISN, sebaiknya diketahui terlebih dahulu seputar NISN.

Lantas, Bagaimana Cara Cek NISN?
Pengertian NISN

Lewat Jalur Prestasi, Ada 110.088 Siswa yang Diterima PPDB Jakarta 2024

Siswa SMA

Photo :
  • U-Report

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, NISN merupakan kode pengenal identitas seorang siswa yang bersifat unik, standar, dan berlaku sepanjang hayat. Dengan NISN ini seluruh peserta didik bisa terhitung di dalam sebuah rombongan belajar, satuan pendidikan, wilayah, dan jenjang dari pendidikannya. NISN ini biasanya dipakai untuk menunjang program perencanaan pendidikan. Contohnya adalah Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, Program Indonesia Pintar (PIP), sampai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Ekonom: Dunia Internasional Akui Keberhasilan Transformasi BUMN RI

Cara Cek NISN Berdasarkan Nama

Ilustrasi siswa di sekolah

Photo :
  • ANTARA

Bagi yang ingin mencari NISN berdasarkan nama siswa, bisa dilakukan dengan cara online yaitu dengan mengunjungi laman resmi dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Untuk menegecek NISN memakai nama siswa, kamu harus membuka browser dan masuk ke link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama.

2. Sesudah linik tersebut terbuka, klik opsi pencarian NISN ‘Pencarian Berdasarkan Nama’.

3. Setelah itu, supaya pengecekan NISN berdasarkan nama siswa bisa ditemukan isikan nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir, dan nama ibu.

4. Bila kolom yang ada sudah diisi dengan lengkap dan benar, untuk mengecek nomor NISN, langkah berikutnya adalah menekan tombol cari.

Cara Cek NISN Berdasarkan Sekolah

Ilustrasi sekolah.

Photo :
  • VIVA/ Andrew Tito

Cara berikutnya yang bisa digunaka  untuk mengecek NISN adalah berdasarkan sekolahnya, kamu dapat melihatn nomor tersebut secara online dalam laman Dapodik NISN dengan mengikuti langkah berikut:

1. Buka aplikasi browser pada laptop kamu. Kemudian bukan laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/.

2. Setelah laman untuk mengecek NISN berdasarkan sekolah tersebut terbuka, klik menu pencarian berdasarkan NISN.

3. Langkah berikutnya adalah dengan memasukan nomor NISN siswa yang akan dicari nomor NISN-nya.

4. Lengkapi dengan menuliskan nama ibu kandung dengan lengkap dan benar.

5. Lalu pilih tombol cari.

Cara Cek NISN Baru supaya Diterbitkan Nomornya

Cara cek NISN

Photo :
  • Dwi Royanto/VIVAnews

Cara cek NISN berikutnya adalah untuk siswa yang belum memiliki nomor NISN, sekolah bisa mencarikan NISN yang baru supaya NISN dari siswa yang dituju bisa diterbitkan oleh Kemendikbud. Bagi siswa baru dianjurkan terlebih dahulu supaya melaksanakan pengecekan NISN seperti langkah di atas. Setelah itu, jika dalam pencarian nomor NISN siswa tersebut tidak ditemukan, pihak sekolah bisa mencarikan nomor NISN atau mengajukan NISN baru dengan menikuti langkah berikut ini.

1. Unduh formulir peserta didik (F-PD) serta formulir A1 untuk mengajukan NISN baru pada situs NISN.

2. Berikutnya adalah dengan membuka laman NISN di https://nisn.data.kemdikbud.go.id.

3. Pilih opsi formulir untuk mengajukan nomor NISN (untuk mencarikan NISN baru siswa).

4. Kemudian cetak formulir tersebut.

5. Isilah semua formulir dengan manual.

6. Lalu, serahkan formulir yang telah diisi kepada operator NISN/NPSN sekolah di mana tempat siswa tersebut belajar.

7. Untuk pihak sekolah, bisa dengan mengirimkan formulir A1 kepada PDSP menggunakan email melalui alamat email pdsp@kemdiknas.go.id untuk diberikan NISN.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya