Artis Risdo Matondang Dianggap Sudah Mati Karena Masuk Islam

Pesinetron Risdo Matondang
Pesinetron Risdo Matondang
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Pesinetron Risdo Matondang, menceritakan perjalanan spiritualnya ketika menjadi seorang Muslim. Dia sebelumnya penganut agama Protestan dan memutuskan masuk Islam pada tahun 1998, saat usianya menginjak 28 tahun.

Ketertarikannya dengan Islam, berawal dari seorang teman yang memberinya buku tentang dialog antara orang Katolik dan seorang kiai di Madura. 

"Dia ingin mendebat si kiai itu bahwa Yesus itu adalah Tuhan. Kiai-nya cuma bilang begini 'kamu modalnya apa? Saya Alkitab. Alkitab sudah saya hapal di luar kepala kata pak kiai. Mulailah mereka berdebat, sampai 30 hari, akhirnya orang Katolik itu minta di-Islamkan. Dia sampai nangis tersungkur minta di-Islamkan," kata Risdo dalam video yang diunggah di YouTube Islam Trending TV, dikutip VIVA, Kamis 25 November 2021. 

"Nah, saya baca buku itu saya jadi seperti dibuka itu pikiran. Berarti selama ini yang saya yakini cuma manusia toh, bukan Tuhan. Bahwa Yesus itu cuma manusia. Itulah cerita ringkasnya kenapa saya jadi Muslim sekarang," tutur dia. 

Namun, ketika usianya 17 tahun, Risdo ternyata sudah mengalami kejadian unik yang dia anggap sebagai petunjuk dari Allah SWT. Dalam KTP, tertulis bahwa agamanya adalah Islam. Padahal, saat itu dia belum menjadi mualaf. Ketika Risdo datang ke RT untuk minta diperbaiki, anehnya agama Risdo kembali tertulis Islam. 

Mundur lagi ke belakang, rupanya awal ketertarikan pria asal Medan itu sudah dimulai sejak kecil, ketika pertama kali dia mendengar Azan. 

"Jadi, di rumah saudara di Medan yang punya kipas angin. Kan kalau kita bicara di depan kipas angin ada getarannya, saya suka begitu (Azan di depan kipas angin)," kenang dia.