8 Negara Ateis Terbesar di Dunia, Nomor 3 Tak Disangka

Ilustrasi bendera China.
Ilustrasi bendera China.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Terdapat beberapa negara ateis atau tidak percaya dengan keberadaan Tuhan. Ateis sendiri adalah sebuah pandangan yang tidak percaya dengan eksistensi Tuhan dan menolak kehadiran Tuhan. Menurut data World Population Review, tahun 2021 China adalah negara dengan jumlah penganut ateis terbanyak di dunia. Selain itu, untuk pertama kalinya Norwegia saat ini mempunyai orang yang tidak percaya Tuhan atau ateis dengan presentase sebesar 39 persen sementara 37 persen menjelaskan masih percaya.

Saat ini negara-negara di dunia sudah mulai memperlihatkan tingkat agama di seluruh negara. Tapi, terlepas dari kecenderungan orang-orang yang lebih percaya atas eksistensi Tuhan di seluruh dunia, hanya sedikit negara yang mempunyai lebih dari 20% warganya yang merasa nyaman guna menolak gagasan tersebut. Nah, berikut adalah negara ateis terbanyak di dunia yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, Apa Saja Negara Ateis Terbanyak di Dunia?

1. China

Bendera China.

Bendera China.

Photo :

China mempunyai presentase paling tinggi ateis dari seluruh negara yang ada di dunia. Di China ada sekitar 40 dan 49,9 persen orang Tionghoa yang mengidentifikasi bahwa dirinya tak mempunyai kecenderungan agnostik dalam mempercayai kehadiran Tuhan. Komunisme, yang mana partai penguasa China sudah memerintah sejak 1949, menganggap bahwa agama adalah alat untuk menindas kaum proletar.

Selain itu, juga mempunyai gerakan-gerakan keagamaan yang ditekan ketika di bawah Mao Zedong ketika masa pemerintahannya selam 27 tahun atau sekitar tahun 1976. Bila salah satu pandangan dalam dunia filosofis tertua di negara tersebut adalah Konfusianisme atau kurangnya kepercayaan pada dewa supranatural.