11 Fakta Kapal Nabi Nuh yang Menggemparkan Dunia Modern

Ilustrasi kapal Nabi Nuh
Sumber :
  • Dok.Istimewa

VIVA – Ada fakta terbaru tentang kapal Nabi Nuh. Keberadaan Bahtera Nuh (Noah’s Ark) ini telah menjadi buruan peneliti sejak dahulu kala. Bahtera Nuh merupakan sebuah kapal yang dibangun atas perintah Tuhan untuk menyelamatkan Nuh, keluarga, kaumnya yang beriman dan kumpulan binatang yang ada di seluruh dunia dari air bah. Kisah ini terdapat dalam Kitab Kejadian dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, dan dalam Al-Quran. 

Kapal KM Bukit Raya Terbakar, Ribuan Calon Penumpang Gagal Berangkat ke Surabaya

Ketika Nabi Nuh A.S. hendak menjalankan perintah Allah SWT untuk membuat bahtera, ia pun memulainya dengan menanam pepohonan yang kayu-kayunya bisa menjadi bahan pembuatan bahtera. Dikabarkan bahwa ia menunggunya hingga seratus tahun, dan kemudian mengerjakannya selama seratus tahun pula. Namun ada juga yang mengatakan selama empat puluh tahun. Berikut deretan fakta terkait kapal Nabi Nuh yang dikutip dari kanal youtube Amirul Mukminin:

1. Kapal Nabi Nuh Dipimpin Oleh Nahkoda Tertua di Dunia (berusia 600 tahun)

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

Ibnu Abbas menceritakan bahwa Nabi Nuh diutus pada kaumnya ketika berumur 480 tahun. Masa kenabiannya yaitu 120 tahun dan berdakwah selama 5 abad. Dia mengarungi banjir ketika ia berumur 600 tahun dan kemudian setelah banjir ia hidup selama 350 tahun.

2. Kapal Nabi Nuh Merupakan Kapal Terbesar Di Dunia

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

Ibnu Abbas menceritakan bahwa suatu ketika Nabi Isa menghidupkan Ham bin Nuh dan bertanya kepadanya kenapa rambutnya beruban, ia menjawab dia meninggal di saat usia muda karena ketakutannya ketika banjir. Ia berkata bahwa panjang kapal Nuh adalah 1200 Kubik dan lebarnya 600 Kubik dan mempunyai 3 lapisan. Kapal Nabi Nuh ini merupakan kapal terbesar di dunia dan alat angkutan laut pertama di dunia yang terbuat dari kayu. Nabi Nuh mengumpulkan paku dan menebang kayu besar dari pohon yang ia tanam selama 40 tahun.

3. Kapal Nabi Nuh Adalah Alat Angkutan Laut Pertama di Dunia

Allah membimbing Nabi Nuh dalam membuat bahtera yang kuat untuk menghadapi serangan topan dan banjir. Kapal Nabi Nuh ini diklaim merupakan alat angkutan laut pertama di dunia.

4. Kapal Nabi Nuh Merupakan Kapal Angkut Bertingkat Pertama Di Dunia

Panjang kapal Nuh adalah 1200 Kubik dan lebarnya 600 Kubik yang mempunyai 3 lapisan atau 3 tingkat. Tingkat pertama diletakkan binatang-binatang liar dan yang sudah dijinakkan, tingkat kedua ditempatkan manusiaingkat ketiga untuk burung-burung.

5. Kapal Nabi Nuh Adalah Kapal yang Berlayar Tertinggi Dari Dasar Laut

Menurut Al-Qur’an, bahtera Nuh telah mendarat di Bukit Judi. Ada pendapat yang menunjukkan suatu gunung di wilayah Kurdi atau tepatnya dibagian selatan Armenia, ada pendapat lain dari Wyatt Archeological Research, bukit tersebut terletak di wilayah Turkistan Iklim Butan, Timur laut pulau yang oleh orang-orang Arab disebut sebagai Jazirah Ibnu Umar (Tafsir al-Mishbah).

6. Kapal Nabi Nuh Adalah Kapal Anti Topan dan Banjir Pertama di Dunia

Allah membimbing Nuh membuat bahtera yang kuat untuk menghadapi serangan topan dan banjir. Sehingga kapal Nabi Nuh ini dianggap sebagai kapal anti topan dan banjir.

7. Kapal Nuh adalah Kapal Pertama yang Berlayar Tanpa Kompas

Setelah kapal itu selesai, disebutkan bahwa air merendam bumi selama 150 hari lamanya dan setelah itu air mulai surut.

8. Kapal Nabi Nuh Dinahkodai Bukan Ahli Ilmu Kelautan

Nabi Nuh merupakan seorang nabi yang diceritakan dalam Taurat, Alkitab, dan Al-Quran. Nabi Nuh diangkat menjadi nabi sekitar tahun 3650 SM. Diperkirakan ia tinggal di wilayah Selatan Irak modern.

9. Penumpang Kapal Nabi Nuh Paling Sedikit

Ibnu Thabari menceritakan setelah kapal berlabuh di pegunungan Ararat, ia kemudian membangun suatukota di daerah Ararat (Qarda) disuatu areal yang termasuk Mesopotamia dan menamakan kota tersebut Themanon (Kota delapan Puluh) karena kota tersebut dibangun oleh orang yang beriman yang berjumlah 80 orang.

10. Kapal Nabi Nuh Mendarat di Gunung

Berdasarkan foto yang dihasilkan dari gunung Ararat, menunjukkan sebuah perahu yang sangat besar diperkirakan memilik luas 7.546 kaki dengan panjang 500 kaki, lebar 83 kaki dan tinggi 50 kaki dan masih ada tiga tingkat lagi diatasnya.

11. Kapal Nabi Nuh Mengarungi Banjir Terlama di Dunia

Digambarkan bahwa air merendam bumi selama 150 hari lamanya dan setelah itu air mulai surut. Kemudian Nabi Nuh menunggu hingga bumi benar-benar kering sebelum membuka pintu bahtera.

Itulah sederet fakta menarik tentang kapal Nabi Nuh yang menggemparkan dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya