Ngeri, Ini 7 Jenis Jamur Teraneh dan Paling Mematikan di Dunia

Bleeding Tooth
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Di dunia ini, ada banyak sekali jenis jamur yang tumbuh dan bahkan beberapa jenisya sering ditambahkan ke dalam masakan. Tapi, ada juga lho jamur yang aneh dan beracun bila dikonsumsi oleh manusia. Selain itu, hiding seperti pizza atau pasta sangat identik dengan tambahan jamur sebagai pelengkapnya. Aroma dan rasanya yang khas akan membuat makanan menjadi semakin lezat menggoda. Akan tetapi, tidak semua jenis jamur yang kita temukan dapat diolah menjadi makanan yang lezat.

Bosan Pintu Cokelat? Coba 4 Warna Cerah Ini Biar Rumah Makin Aesthetic

Sejauh ini, hanya ada beberapa jenis yang cukup populer untuk ditambahkan ke dalam makanan. Mulai dari jamur enoki, jamur tiram, shitake, jamur kancing, sampai porcini. Sementara bila di hutan terdapat ratusan jenis jamur lain yang tumbuh subur. Termasuk beberapa jenis jamur aneh di dunia. Menyadur dari laman Times of India, terdapat berbagai jenis jamur yang memiliki tampilan aneh. Jamur tersebut ada yang aman dikonsumsi dan ada pula yang beracun sehingga cukup mematikan. Maka dari itu, jangan asal makan jamur bila belum mengetahui kandungannya.

Lalu, Apa Saja Jamur yang Memiliki Tampilan Aneh?

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

1. Jamur Indigo Milk Cap

Jamur Indigo Milk Cap

Photo :
  • Tangkapan Layar
Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Berdasarkan para peneliti, jamur ungu kebiruan tersebut mengeluarkan cairan yang mirip seperti susu dan disebut lateks. Jamur dengan warna eksotis tersebut biasanya ditemukan di hutan gugur di wilayah Amerika Utara bagian timur, Amerika Tengah, dan Asia Timur. Semakin terang warnanya, maka menandakan bahwa jamur tersebut dalam keadaan segar. Sekilas, jamur ini mirip seperti jamur tiram yang kerap dikonmsi, tapi memiliki warna yang mencolok.

2. Bleeding Tooth

Bleeding Tooth

Photo :
  • Tangkapan Layar

Mendengar namanya saja jamur ini sudah mengerikan, karena disebut sebagai jamur gigi berdarah. Jamur tersebut mengeluarkan cairan layaknya darah karena berwarna merah melalui pori-pori permukaannya yang berwarna putih.

Jamur tersebut paling sering ditemukan di wilayah Amerika Utara, Kora, Eropa, dan Iran. Para ahli mengatakan bahwa semakin tua ukuran jamur tersebut, maka cairan merah yang keluar akan semakin sedikit. Jamur tersebut tidak dapat dikonsumsi lantaran mempunyai kandungan racun mematikan.

3. Veiled Lady

Jamur yang satu ini memiliki bentuk yang cantik karena tampak seperti veil yang umumnya dipakai oleh pengantin perempuan. Untuk  bagian atas jamur tersebut memiliki warna cokelat dan mempunyai lendir yang menyelimuti permukaannya.

Lendir tersebut nantinya akan menarik lalat dan serang sehingga membantu untuk menyebarkan spora. Jamur tersebut kerap ditemukan di wilayah Asia Selatan, Amerika, Australia, dan Afrika.

4. Jamur Puffball

Jamur Puffball

Photo :
  • Tangkapan Layar

Varietas dari jamur tersebut masuk ke dalam keluarga Basidiomycota. Bila dilihat sekilas, jamur tersebut memiliki bentuk bulat yang unik. Sehingga siapa saja yang melihatnya tentu akan penasaran.

Jamur ini dikatakan sebagai puffball lantaran kerap mengembung dan mengeluarkan uap jamur. Proses tersebut terjadi secara alami. Jamur ini kerap tumbuh di hutan dan bukan jenis jamur konsumsi karena mengandung racun.

5. Latticed Stinkhorn

Latticed Stinkhorn

Photo :
  • Tangkapan Layar

Bentuk jamur ini begitu unik karena bagian luarnya mirip spons dengan pori besar. Bentuknya begitu beragam, dan beberapa mempunyai ukuran sebesar telapak tangan. Sementara untuk warnanya kuning kemerahan.

Selain memiliki bentuk yang unik, jamur tersebut juga mengeluarkan aroma yang bisa dikatakan sebagai bau busuk. Tidak heran bila jamur tersebut sering dikatakan sebagai jamur bau busuk. Jamur ini kerap ditemukan di wilayah Mediterania dan pesisir Amerika Utara.

6. Biolumiscent

Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat mengeluarkan cahaya, salah satunya adalah biolumiscent ini. Saat berada di suhu 27 derajat celcius, jamur tersebut akan mengeluarkan cahaya yang berwarna hijau terang. Saat tumbuh banyak, tanaman ini akan terlihat layaknya taman cantik bercahaya.

Jamur bercahaya ini dapat tumbuh di berbagai tempat yang beriklim tropis dan subtropis seperti Asia Pasifik. Lantaran bisa memancarkan cahaya secara alami, jamur tersebut sering dijadikan sebagai tanaman hias. Tidak sedikit para ahli yang memanfaatkan cahaya tersebut sebagai bahan penelitian.

7. Devil,s Cigar

Devil,s Cigar

Photo :
  • Tangkapan Layar

Ini adalah salah satu jenis jamur langka karena hanya dapat ditemukan di Texas dan Jepang. Jamur tersebut kerap dinamakan sebagai jamur aneh karena bentuknya yang tidak mirip seperti jamur. Jamur ini justru memiliki tampilan mirip seperti bentuk bunga dan bentuk bintang.

Walaupun memiliki bentuk yang cantik dan menggoda, jamur ini termasuk ke dalam salah satu jenis jamur yang beracun dan tidak dapat dikonsumsi. Efek racun dari jamur tersebut beragam, mulai dari pusing, pingsan, mual, dan muntah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya