10 Gereja Terbesar di Dunia, Jutaan Umat Rayakan Natal di Dalamnya

Basilica Of The National Shrine Of Our Lady Of Aparecida
Sumber :
  • Instagram @brazil_wonderland

VIVA – Gereja merupakan tempat ibadah bagi umat kristiani. Taukah kamu jika ada bangunan gereja terbesar di seluruh dunia. Bangunan gereja ini mewakili gaya arsitektur yang mengesankan. Berikut ini adalah 10 gereja terbesar di dunia, berdasarkan luas lantai yang dicakup oleh bangunan tersebut dikutip dari themysteriousworld.com.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

1. Ulm Minster, Ulm, Jerman

Ulm Minster, Ulm, Jerman

Photo :
  • Instagram @komagrafie
7 Destinasi Lokasi Syuting Film dengan Budget Besar yang Wajib Dikunjungi di Dunia

Berdiri di 161,5 m, tinggi gereja Ulm yang terletak di kota Ulm Jerman adalah gereja tertinggi di dunia. Gereja ini memiliki luas bagian dalam 8260 meter persegi. Ini juga merupakan salah satu contoh bagus arsitektur gereja Gotik. Ada 768 anak tangga untuk mencapai puncak gereja. Dari tingkat atas, gereja menawarkan pemandangan kota Ulm yang indah.

Pembangunan gereja ini dimulai pada tahun 1377 dan terhenti cukup lama. Akhirnya selesai pada 31 Mei 1890. Hari ini, ini adalah gereja Protestan, diubah pada abad ke-16. Menara tinggi gereja melambangkan jalan ke surga. Kios paduan suara abad ke-15 yang terbuat dari kayu ek dan ukiran ratusan patung merupakan atraksi paling terkenal dari biara Ulm. Kios-kios itu dipahat oleh pematung terkenal Jerman Jirg Syrin the Elder. Aula utama juga dimahkotai dengan patung burung gereja sebagai Simbol khas kota Ulm.

7 Negara dengan Populasi Pedesaan Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor 4

2. Basilica Of Our Lady Of Pillar, Aragon, Spanyol

La Basilica Berusia Seabad Lebih di Covadonga Spanyol

Photo :
  • VIVAnews/Yudith Damayanti

Basilika El Pilar di komunitas Argon Spanyol adalah gereja pertama yang didedikasikan untuk Perawan Maria. Menurut kepercayaan hipotetis, Perawan Maria menampakkan diri kepada Rasul Santo Yakobus ketika dia sedang berdoa di tepi sungai Ebro di Semenanjung Iberia, Spanyol. Perawan Maria memberikan patung dirinya yang terbuat dari kayu dan tiang. Kemudian dia menginstruksikan dia untuk membangun sebuah gereja. Mengikuti instruksinya, Saint James membangun sebuah gereja kecil di provinsi Zaragoza pada abad ke-1 M.

Beberapa gereja ditambahkan ke situs ini pada abad-abad berikutnya. Kapel pertama di situs itu juga terdistorsi pada saat itu. Namun patung Bunda Maria dan tiangnya tetap utuh. Model basilika El pilar hari ini dibangun pada abad ke-17. Satu abad setelah arsitek Spanyol Ventura Rodriguez merenovasinya. Pekerjaan terakhir pilar gereja selesai pada abad ke-20.

Gereja besar ini memiliki luas bagian dalam 8318 meter persegi. Ada empat menara yang mengesankan dan sebelas kubah di gereja. Patung Perawan Maria setinggi 15 inci yang terletak di kapel suci gereja. Saat ini katedral El Pilar adalah salah satu pusat ziarah yang paling banyak dikunjungi di Spanyol.

3. Gereja Tritunggal Mahakudus, Santarem, Portugal

Church Of The Holy Trinity, Santarem, Portugal

Photo :
  • themysteriousworld.com

Gereja trinitas suci adalah gereja terbesar di Portugal. Terletak di distrik Santarem Portugal. Gereja ini memiliki desain oval modern dan area internal 8700 meter persegi. Gereja besar dapat menampung 9000 jemaah sekaligus. Gereja ini didedikasikan untuk Perawan Maria. Dibangun antara 2004 dan 2007 oleh arsitek Yunani Alexandros Tombazis. Gereja ini juga menampung beberapa kapel dan 44 tempat pengakuan dosa.

4. Katedral Liverpool, Liverpool, Inggris Raya

Katedral Liverpool, Liverpool, Inggris Raya

Photo :
  • Instagram @livcathedral

Dengan luas internal 9687 kilometer persegi, katedral Liverpool adalah katedral terbesar di Inggris Raya. Membentang lebih dari 189 meter katedral Liverpool juga merupakan katedral terpanjang di dunia. Ini adalah gereja tanpa menara yang tingginya 101 meter. Katedral besar ini juga dikenal sebagai katedral Metropolitan Christ the King.

Pembangunan katedral Liverpool dimulai pada tahun 1904 dan selesai dalam fase yang berbeda dalam sejarah. Katedral Liverpool akhirnya ditahbiskan pada tahun 1978. Altar utama terletak dalam desain melingkar di dalam gereja. Interiornya juga dihias dengan banyak warna. Dengan 10268 pipa Organ besar gereja Liverpool adalah organ gereja operasional terbesar di dunia. Daya tarik penting lainnya dari katedral ini adalah puncak setinggi 67 meter, dan merupakan puncak terberat dan tertinggi di dunia.

5. Basilica Of Our Lady Of Lichen, Konin, Polandia

Basilica Of Our Lady Of Lichen

Photo :
  • Instagram @msnatasza

Dengan luas tanah 1.090 meter persegi dan tinggi 141,2 meter, Basilika Our Lady of Lichen adalah salah satu gereja terbesar di dunia. Gereja megah ini terletak di kota Konin Polandia. Pembangunan gereja dimulai pada tahun 1994 dan membutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikannya. 33 langkah menuju gereja yang mewakili kehidupan awal Yesus Kristus. Gereja ini juga memiliki 365 jendela, 52 pintu dan 12 kolom yang melambangkan jumlah hari dan minggu dalam satu tahun dan 12 Rasul masing-masing.

6. Katedral Milan, Milan, Italia

Katedral Milan

Photo :
  • themysteriousworld.com

Katedral Milan di kota Milan Italia adalah katedral Katolik terbesar kedua di dunia. Ini juga merupakan salah satu contoh terbaik arsitektur Gotik. Ada 135 menara di gereja. Menara juga dimahkotai dengan patung-patung yang mewakili orang-orang penting dalam sejarah Italia. Puncak tertinggi katedral Milan berdiri di ketinggian 108,8 meter. Puncak menara juga dipasang dengan patung emas Perawan Maria (Milan the Madonnia). Pembangunan katedral Milan dimulai pada tahun 1386 dan berlangsung selama lima abad berikutnya. 

Katedral besar ini memiliki panjang 157 meter dan dapat menampung 40.000 jamaah sekaligus. Katedral dihiasi dengan 3400 patung megah. Mereka mewakili gaya pahatan yang berbeda. Para pengunjung bisa naik ke atap katedral. Katedral ini juga memiliki koleksi patung dan lukisan yang luar biasa.

7. Katedral Saint John The Divine, New York, Amerika Serikat

Cathedral Of Saint John The Divine, New York, United States

Photo :
  • themysteriousworld.com

Katedral Saint John, The Divine di New York City, adalah katedral Anglikan terbesar di dunia. Katedral yang sangat besar ini memiliki luas bagian dalam 112.000 meter persegi dan panjang 183,2 meter. Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1892. Awalnya dirancang oleh dua arsitek terkenal Amerika, George Heins dan Christopher Grant Lafarge.

Pembangunan paduan suara dan kubah kubah katedral berlangsung selama lebih dari 20 tahun. Setelah kematian George Heins, arsitek baru memilih desain Gotik untuk katedral. Konstruksi dihentikan selama bertahun-tahun selama Perang Dunia II. Beberapa bagian dari katedral juga hancur karena kebakaran pada tahun 2001 dan restorasi masih belum selesai.

Kubah penyeberangan Saint John The divine memiliki ketinggian 162 kaki. Pintu masuk katedral menggambarkan Santo Yohanes menyaksikan Transfigurasi Yesus Kristus. Beberapa ayat terkenal dari Alkitab juga diukir di batu di pintu masuk. Pintu utama Saint John The divine terbuat dari perunggu dan dihiasi dengan 48 panel relief. Katedral ini juga memiliki jendela mawar besar yang terbuat dari 10.000 lembar kaca patri berwarna. Ini adalah jendela kaca patri terbesar kelima di dunia dan terbesar di Amerika Serikat.

8. Katedral Seville, Seville, Spanyol

Seville Cathedral, Seville, Spain

Photo :
  • Instagram @gezmekeyfi

Katedral Sevilla di kota Sevilla Spanyol adalah katedral terbesar di dunia. Katedral ini memiliki luas bagian dalam 11520 meter persegi. Ini juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO di Spanyol dan gereja terbesar ketiga di dunia. Katedral ini juga merupakan tempat peristirahatan terakhir penjelajah besar Genoa, Christopher Columbus.

Katedral dibangun untuk memperingati kekuatan dan kekayaan kota. Katedral ini dibangun antara tahun 1402 dan 1528 di situs masjid Almohad, untuk menandai kekuatan kota setelah Reconquista of Iberia dari Moor. Katedral yang sangat besar ini dirancang oleh arsitek Prancis Katedral Rouen.

Nave tengah katedral Seville berdiri setinggi 42 meter. Interior yang luas memiliki dekorasi megah dengan emas. Salah satu daya tarik utama dari katedral adalah 45 ukiran kayu adegan dari kehidupan Yesus Kristus. Ini adalah altar terbesar di dunia. Katedral Seville juga memiliki kapel dan paduan suara besar. La Giralda, menara masjid Almohad masih berdiri di samping katedral.

9. Basilika Kuil Nasional Our Lady Of Aparecida, Aparecida, Brasil

Basilica Of The National Shrine Of Our Lady Of Aparecida

Photo :
  • Instagram @brazil_wonderland

Basilika Our Lady of Aparecida adalah gereja terbesar kedua di dunia dengan luas lantai 12.000 meter persegi. Ini adalah pusat ziarah Maria yang paling penting di Brasil, yang terletak di kota Aparecida. Gereja yang besar dapat menampung 45000 jamaah.
Menurut mitologi, sekelompok nelayan mendapatkan patung Bunda Maria tanpa kepala dari sungai Paraiba saat memancing pada tahun 1717.

Mereka juga mengangkat kepala patung itu dengan jaring lain. Mereka membawa patung Bunda Maria ke rumah mereka. Mereka menempatkan patung itu di kuil pada tahun 1945. Diyakini patung itu dipahat oleh seorang biarawan Brasil bernama Frei Agostino de Jesus. Sebuah gereja baru di tempat kuil lama dibangun antara tahun 1834 dan 1888. Versi katedral saat ini dibangun pada abad ke-20. Menara gereja setinggi 102 meter dan kubahnya setinggi 70 meter.

10. Basilika Santo Petrus, Kota Vatikan

St.Peter’s Basilica, Vatican City

Photo :
  • Instagram @st.petersbasilica

Basilika Santo Petrus di Kota Vatikan adalah katedral terbesar di dunia. Membentang lebih dari 186 meter dan memiliki luas internal 15160 meter persegi. Kubah pusat katedral yang megah menjulang setinggi 136 meter. Basilika Santo Petrus adalah gereja terpenting dalam Katolik Roma. Katedral yang luas dapat menampung 20.000 doa sekaligus.

Katedral aslinya dibangun pada tahun 320 M oleh Kaisar Constantine. Itu didesain ulang dan diperbesar pada abad ke-15 oleh Paus Nicolas V. Kubah katedral St.Peter setinggi 41 meter dirancang oleh seniman hebat Italia Michelangelo. Tingkat atas barisan tiang berisi 140 patung berbagai orang suci. Pembuatan patung dimulai pada tahun 1662 dan diproses selama 41 tahun ke depan. Basilika St.Peters menampung 100 makam termasuk paus, kaisar Romawi Otto II dan Ratu Swedia Christina. Ada juga pintu suci di katedral yang hanya terbuka selama tahun-tahun suci.

Itulah deretan gereja terbesar di dunia. Apakah kamu tertarik berkunjung ke gereja tersebut?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya