Kisah Sukses Kash Topan, Jadi Raja Bisnis di Usia 26 Tahun

Kash Topan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Nama Kash Topan dikenal sebagai seorang pengusaha muda asli Indonesia berdarah India yang bergerak di bidang Kesehatan, media, pertambangan, trade, Food & Beverage, dan tekstil. Seusai menyelesaikan pendidikannya di London dengan bermodalkan ilmu yang ia dapatkan, ia memulai bisnisnya di bidang kargo, tanpa bantuan modal dari kerabatnya. 

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Ia merupakan seorang yang gigih dalam berbisnis dan tak pernah punya rasa takut dalam memulai suatu bisnisnya. Bidang usaha yang paling mencolok dari Kash adalah Ibuku Group atau dikenal dengan klinik Ibuku yang merupakan perusahaan di bidang layanan kesehatan. Klinik ini memberikan layanan dengan harga yang terjangkau, terlebih klinik Ibuku sudah dipercaya di kancah Internasional sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi para atlet yang berlaga di Olimpiade Tokyo 2020, saat ini Klinik Ibuku sudah memiliki puluhan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan nama lengkap Kashish Mony Topandasani, pria kelahiran 1995 ini, selain sebagai Co-Founder Ibuku Group ia juga menaungi perusahaan lainnya seperti website Dari Rumah Aja yang bergerak di bidang kuliner dan PT Phoenix Global Investment yang bergerak di bidang investasi dan trading.

Gelar BIGMIND 2024, MIND ID Genjot Inovasi Digital Sektor Pertambangan

Kash yang merupakan anak tunggal dari Pasangan Bahaar dan Mony Topandasani yang berlatar dari keluarga bisnis (Kstar Group Indonesia), dan merupakan lulusan dari Gandhi Memorial International School Jakarta dan Cardiff Metropolitan University London. 

Dengan bermodalkan pengalaman dan belajar yang keras dari kedua orangtuanya, yang membuat dirinya memberanikan diri dalam memulai bisnisnya di umur 22 Tahun di bidang kargo, tambang, dan juga tekstil sebagai bisnis pertamanya. 

Pendapatan Cinema XXI Melonjak 47,6% di Kuartal-1 2024, Raih Laba Bersih Rp154 M

Nama Kash dikenal di masyarakat berkat usahanya dalam membuat platform Kuliner berbasis digital pada masa pandemi COVID-19. Ide bisnisnya berawal dari kekhawatirannya dikarenakan pandemi yang membuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kuliner banyak yang gulung tikar. Berkat kecerdasannya dalam mengambil peluang, ia berhasil membantu ratusan pengusaha UMKM di bidang kuliner.

Selain sebagai pengusaha, Kash Topan juga merupakan komunikator dan motivator yang aktif dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan aset untuk mencapai tujuan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Kecintaanya terhadap Indonesia yang membuat dirinya membangun organisasi Pengusaha International Indonesia Bersatu (PIIB) guna terus meningkatkan perekonomian Indonesia serta membangun kerjasama anatar pengusaha muda di Indonesia. 

Kash juga mengumpulkan beberapa anak muda serta tokoh-tokoh pengusaha untuk mengawasi dan melihat peluang untuk membangun bisnis baru yang bisa bermanfaat untuk Indonesia. Saat ini Kash tengah menjalani bisnis lainnya yakni, Global Kreatif Mediatama (GKM) yang bergerak di konten media sosial, dan Morowali Milenial Minning (M3) yang bergerak di bidang pertambangan. 

Kash juga mengajak para pengusaha muda lainnya untuk melakukan inovasi dan gebrakan baru untuk membangun kolaborasi dengan pemegang saham yang mencakup bisnis international guna membantu meningkatkan perekonomian Indonesia. 

Dari Kepiawaian Kash dalam berbisnis membuatnya dikenal dengan sebutan “Raja Bisnis” dan “Gurita Bisnis” karena ia sudah menaungi beberapa perusahaan di berbagai bidang di usia 26 tahun yang masih terbilang cukup muda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya