Serba-serbi Angpao Imlek, Ini Makna & Tata Cara Memberikannya

Angpao Imlek
Sumber :
  • IKEA

VIVA – Angpao menjadi salah satu yang cukup khas dan populer saat perayaan Imlek. Pemberian angpao sendiri rupanya memiliki aturan dengan makna tertentu. Yuk kita bahas serba serbi angpao!

Viral Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR Rp20 Ribu, Para Tetangga Akhirnya Buka Suara

Amplop merah atau angpao berbeda-beda dengan kata hongbao dalam bahasa Mandarin, lai see dalam bahasa Kanton, dan ang pow dalam bahasa Hokkien. Angpao adalah hadiah berupa uang yang dimasukkan ke dalam kantong kertas berwarna merah. 

Angpao diberikan pada beberapa kesempatan penting, seperti Tahun Baru Cina, ulang tahun, dan pernikahan di China dan beberapa negara Asia lainnya sebagai cara untuk mengirim ucapan selamat. Berikut makna dan seluk beluk Angpao dikutip dari laman China Highlights.

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Arti Amplop Merah

Warna merah melambangkan energi, kebahagiaan, dan keberuntungan dalam budaya Tiongkok. Amplop merah tradisional sering dihiasi dengan kaligrafi dan simbol Cina yang indah.

Meriahkan Tahun Naga Kayu di Jakarta, Bank Mandiri Ajak Nasabah dan Mitra Rayakan Imlek

Sebenarnya yang penting dari amplop merah adalah kertas merahnya, bukan uangnya. Membungkus uang keberuntungan dalam amplop merah diharapkan dapat memberikan lebih banyak kebahagiaan dan berkah bagi penerimanya.

Asal Usul Amplop Merah

Kebiasaan memberi amplop merah berasal dari beberapa cerita tertua Tahun Baru Imlek. Menurut legenda, ada iblis bernama Sui yang keluar untuk menakuti anak-anak saat mereka tertidur.

Untuk menjaga anak-anak agar tidak dilukai oleh Sui, orang tua akan menyalakan lilin dan begadang sepanjang malam di Malam Tahun Baru Imlek. Pada suatu Malam Tahun Baru, seorang anak diberi delapan koin untuk dimainkan agar dia tetap terjaga.

Angpao.

Photo :
  • U-Report

Anak itu membungkus koin-koin itu dengan kertas merah, membuka bungkusan itu, membungkusnya kembali dan membukanya kembali sampai dia terlalu lelah untuk melanjutkan dan tertidur.

Kemudian orang tuanya meletakkan paket dengan delapan koin di bawah bantalnya. Ketika Sui mencoba menyentuh kepalanya, delapan koin memancarkan cahaya yang kuat dan menakuti iblis itu.

Delapan koin itu ternyata adalah delapan peri. Sejak saat itu, pemberian amplop merah menjadi cara untuk menjaga keselamatan anak dan membawa keberuntungan.

Makna Amplop Merah Tahun Baru Imlek

Amplop merah Tahun Baru Imlek adalah hadiah tradisional untuk anak-anak atau orang tua selama Tahun Baru Imlek. Di Cina, amplop merah (uang) disebut ya sui qian (/yaa sway chyen/), yang berarti 'menekan uang Sui [setan]'. Mereka yang menerima amplop merah berharap tahun yang aman dan damai lagi.

Umumnya, pada Malam Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru, anak-anak dan cucu-cucu yang masih kecil akan memberikan ucapan selamat kepada orang tua dan kakek-nenek mereka. Sebagai imbalannya, kakek-nenek dan orang tua menghadiahkan anak-anak dan cucu-cucu mereka amplop merah dengan uang, semoga mereka beruntung di tahun baru.

Orang tua dan kakek-nenek juga menerima amplop merah yang diberikan oleh anak/cucu mereka yang sudah dewasa sebagai cara untuk mengirimkan keberuntungan, kebahagiaan, dan kesehatan kepada mereka.

Kapan Harus Memberikan Amplop Merah?

Secara tradisional, jika Anda sudah mulai menghasilkan uang, inilah saatnya untuk memulai pengalaman Anda memberi amplop merah Tahun Baru Imlek. Memberi bungkusan merah adalah cara untuk berbagi berkah.

Namun, ada kebiasaan bahwa jika Anda belum menikah, Anda tidak perlu mengirim amplop merah kepada orang lain. Amplop merah biasanya diberikan dan diterima hanya di antara keluarga.

Kerabat dekat Anda (seperti orang tua dan kakek-nenek Anda) akan terus memberi Anda amplop merah bahkan ketika Anda sudah menikah, yang merupakan simbol cinta dan berkah mereka untuk Anda.

Berapa Banyak Dimasukan ke Amplop Merah?

Saat Anda merayakan Tahun Baru Imlek di antara keluarga dan teman-teman di lingkungan Anda, bersiaplah dengan segenggam amplop merah berisi uang dalam jumlah yang bervariasi. Jumlah uang relatif terhadap hubungan Anda dengan penerima semakin dekat hubungan Anda, semakin banyak uang yang diharapkan.

Tata Cara Memberikan Amplop Merah

1. Merupakan tradisi untuk memasukkan uang kertas baru yang segar ke dalam amplop merah Tahun Baru Imlek. Memberi uang kertas yang kotor atau kusut itu tidak enak. Pada minggu menjelang Tahun Baru Imlek, banyak orang mengantre panjang di bank untuk menukar uang kertas lama dengan uang baru.

2. Anda seharusnya menghindari memasukkan koin ke dalam amplop.

3. Hindari memberikan jumlah seperti 40. Angka '4' dalam bahasa Cina terdengar seperti 'kematian', jadi ini dianggap sebagai nasib buruk. Angka genap, kecuali empat, lebih baik daripada ganjil.

Yang terbaik adalah jika jumlahnya dimulai atau diakhiri dengan delapan, karena dianggap meningkatkan keberuntungan. Lihat Angka Keberuntungan dan Kesialan di China.

4. Siapkan amplop merah terlebih dahulu dan selalu bawa beberapa amplop selama 16 hari Tahun Baru Imlek (dari Malam Tahun Baru hingga Festival Lentera) jika Anda bertemu seseorang yang mungkin perlu Anda berikan amplop.

5. Sebaiknya Anda memasukkan pecahan yang berbeda ke dalam amplop merah yang didesain berbeda sehingga Anda dapat dengan cepat dan bijaksana membedakannya.

Sopan Santun Menerima Amplop Merah

1. Selalu terima amplop merah Anda dengan kedua tangan. Tidak sopan menerima amplop merah hanya dengan satu tangan.

2. Saat menerima amplop merah, Anda harus mengucapkan terima kasih dan menyapa pemberinya dengan ungkapan yang menyenangkan dan menguntungkan, seperti (gong xi fa cái, yang berarti 'kebahagiaan dan kemakmuran'). Klik untuk mempelajari beberapa ucapan selamat Tahun Baru China yang populer.

3. Jangan pernah membuka amplop merah Anda di depan orang yang baru saja memberikannya kepada Anda. Anda harus melakukannya secara pribadi atau ketika Anda tiba di rumah.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, telah menjadi populer untuk mengirim "amplop merah" elektronik melalui WeChat sebagai salam.

Mengirim amplop merah digital telah menjadi cara baru untuk menyapa teman atau kerabat yang tidak dapat dihubungi secara fisik selama periode Tahun Baru Imlek. Ini memungkinkan lebih banyak amplop merah untuk dipertukarkan daripada sebelumnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya