10 Alasan Orang Tidak Percaya Tuhan Menurut Riset Ilmuwan

foto atheis dan agnostik.
Sumber :
  • google.com

VIVA – Alasan orang tidak percaya tuhan, ketika saya melihat kembali ke masa pra-Kristen saya, saya menyadari bahwa saya bukanlah seorang ateis tetapi saya lebih apatis. Saya kira saya adalah seorang apatis. Saya tidak percaya pada Tuhan, tetapi kebanyakan saya tidak peduli. Percaya kepada Tuhan tidak relevan bagi saya.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Hari ini, mengapa orang tidak percaya pada Tuhan sangat penting bagi saya. Saya telah mendedikasikan hidup saya untuk menjangkau orang-orang yang jauh dari iman kepada Tuhan. Untuk membantu mereka percaya, ada baiknya untuk memahami mengapa mereka tidak percaya.

Itu pertanyaan penting bagi kita semua. Tuhan telah memberi orang Kristen misi untuk memimpin orang kepada iman dan, di Amerika, ladang misi kami terus bertambah besar. Jumlah ateis di Amerika telah berlipat ganda sejak 2007, dan jumlahnya mungkin jauh lebih banyak daripada yang kita sadari.

Detik-detik Bharada Richard Eliezer Pindah Agama Jelang Menikah dengan Ling Ling

Mengukur ateisme itu rumit. Beberapa orang yang menggambarkan diri mereka sebagai ateis juga mengatakan bahwa mereka percaya pada semacam kekuatan yang lebih tinggi atau kekuatan spiritual.

Pada saat yang sama, beberapa dari mereka yang mengidentifikasi diri dengan suatu agama misalnya, mengatakan bahwa mereka Katolik atau Yahudi mengatakan bahwa mereka tidak percaya pada Tuhan.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!

Satu hal yang pasti, seiring dengan munculnya orang Amerika yang tidak terafiliasi dengan agama banyak dari mereka yang percaya pada Tuhan ada peningkatan yang sesuai dalam jumlah ateis.

Berikut beberapa alasan orang tidak percaya tuhan seperti dikutip dari Cityonahillstudio sebagai berikut:

1. Tumbuh Dalam Keluarga Yang Tak Beriman

Dalam sebuah penelitian, 32% ateis mengatakan bahwa mereka dibesarkan di rumah dengan orang tua yang tidak percaya pada Tuhan. Mungkin sulit untuk keluar dari pola pikir yang sudah mendarah daging di awal kehidupan.

2. Berhenti Percaya Pada Ajaran Agama.

Di sisi lain, lebih dari 60% ateis dibesarkan di rumah pergi ke gereja tetapi, pada titik tertentu, kehilangan iman mereka. Mengapa? Saya menduga mereka tidak pernah diberitahu mengapa kita percaya, tetapi hanya disuruh percaya. Mereka tidak dituntun untuk menjadikan iman mereka milik mereka sendiri.

3. Pengalaman di Perguruan Tinggi.

Kampus IPB University, Bogor

Photo :
  • vstory

Orang-orang yang kehilangan kepercayaan sering melakukannya di perguruan tinggi. Mengapa? Bisa jadi dari paparan orang-orang yang percaya hal lain atau profesor yang menyerang iman kepada Tuhan, dan orang yang dibesarkan di gereja ini bisa dibiarkan bingung dan bertanya-tanya apakah mereka bodoh untuk selamanya percaya.

4. Tentang Intelektual.

Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI.

Photo :
  • Winn Attorney At Law

Pertanyaan intelektual tentang iman sering kali dimulai antara tahun-tahun sekolah menengah dan perguruan tinggi dan dapat berlanjut tanpa batas. Ketika dihadapkan dengan pertanyaan yang tidak dapat dijawab, seseorang dapat menganggap bahwa iman yang mereka yakini tidak memadai atau tidak relevan.

Beberapa pertanyaan memiliki jawaban intelektual yang masuk akal, tetapi seseorang yang tidak dapat menemukan jawaban itu dapat dengan mudah berpaling dari iman mereka. Contoh pertanyaan ini mungkin:

- Jika Tuhan itu pengasih, mengapa ada begitu banyak kejahatan di dunia ini?
- Jika Tuhan menciptakan dunia dalam enam hari, bagaimana dengan evolusi dan dinosaurus?
- Mengapa Tuhan yang baik mengirim orang ke neraka?

5. Tentang Emosional.

Ketika wanita menahan beban emosional.

Photo :
  • U-Report

Saya telah menemukan bahwa kurangnya iman kepada Tuhan sering kali lebih disebabkan oleh tantangan emosional daripada alasan intelektual. Mengapa orang kehilangan iman mereka? Beberapa berbalik karena Tuhan tidak menjawab doa penting atau menyelamatkan mereka dari konsekuensi keputusan yang buruk.

Mereka mungkin telah disakiti oleh gereja atau dimatikan oleh orang-orang Kristen yang munafik. Satu studi menemukan bahwa banyak dari atheis paling terkenal tumbuh tanpa ayah.

Percaya pada Bapa surgawi yang baik dan pengasih mungkin sulit ketika anda mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan atau mungkin tidak adanya seorang ayah.

6. Menginginkan Kesatuan.

Sorot Kebangsaan Indonesia - NKRI - Kesatuan Bangsa

Photo :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Ketika seorang mukmin bertemu dengan seseorang dari latar belakang agama yang berbeda, mereka mungkin merasa tidak nyaman mempertahankan keyakinannya. Mereka mungkin merenungkan diskusi atau perdebatan sebelumnya tentang agama.

Ketegangan ini dapat membuat mereka menarik kesimpulan bahwa akan lebih baik jika semua agama sama-sama benar, atau jika tidak ada yang benar.

7. Ingin Kemerdekaan Moral.

Ilustrasi moral.

Photo :
  • U-Report

Saya memiliki beberapa teman yang tidak percaya yang bersedia untuk mendiskusikan Tuhan dan mendengarkan bukti. Seiring waktu, saya dapat membantu mengungkapkan Tuhan.

Mereka mengakui bahwa mereka tidak dapat secara rasional menyangkal keberadaan Tuhan atau bahwa Yesus benar-benar adalah Putra-Nya yang datang ke dunia untuk menyelamatkan kita. Mereka tetap atheis yang tidak mau menerima Yesus sebagai Juruselamat mereka.

Mengapa? Sayangnya, mereka tidak mau bertekuk lutut kepada Tuhan dan memberinya otoritas moral dalam hidup mereka. Mereka ingin terus melakukan apa yang mereka lakukan tanpa campur tangan Tuhan. Itulah mengapa sangat penting untuk membicarakan topik tentang Yesus.

8. Masalah Tentang Seks.

Ilustrasi seks/bercinta.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Survei memberitahu kita bahwa orang-orang yang telah meninggalkan gereja dan iman mereka: 19% mengatakan tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oleh pendeta adalah alasan yang signifikan mengapa. Bagi mereka yang dibesarkan Katolik, jumlahnya adalah 32%.

Bahkan lebih umum, 29% dan 39% dari mereka dibesarkan Katolik mengatakan mereka meninggalkan gereja karena ajaran dan perlakuan negatif terhadap orang gay dan lesbian. Ini adalah sesuatu untuk kita pikirkan: Banyak yang tidak ingin menjadi orang Kristen karena mereka ingin menjadi orang yang penuh kasih, dan percaya bahwa orang Kristen terlalu kejam dan menghakimi.

9. Politik.

Ilustrasi Politik Uang.jpg

Photo :

Selama bertahun-tahun, orang-orang sinis telah menolak gereja karena keyakinan bahwa orang Kristen terlalu terjun ke politik. Pada tahun lalu masalah itu menjadi lebih buruk secara eksponensial. Orang-orang tidak hanya menjauh dari gereja karena politik, tetapi mereka juga sekarang meninggalkan gereja karena politik.

Faktanya, diyakini bahwa 14% orang Kristen Amerika meninggalkan gereja mereka sebagai akibat dari pemilihan 2016. Banyak yang merasa bahwa orang Kristen telah memprioritaskan masalah politik daripada karakter karena dukungan mereka terhadap politisi dianggap tidak bermoral.

Ini telah menciptakan krisis iman bagi banyak orang dan memberikan alasan lain bagi mereka yang sudah berada di luar iman untuk tidak tertarik untuk masuk.

10. Ateis Merupakan Bagian yang Lebih Besar dari Populasi di Banyak Negara Eropa Daripada di AS.

Di Eropa Barat, di mana Pew Research Center menyurvei 15 negara pada tahun 2017, hampir satu dari lima orang Belgia 19% mengidentifikasi diri sebagai ateis, seperti halnya 16% di Denmark, 15% di Prancis, dan 14% di Belanda dan Swedia.

Tapi negara Eropa dengan mungkin bagian terbesar dari atheis adalah Republik Ceko, di mana seperempat orang dewasa mengidentifikasi seperti itu. Di negara tetangga Slovakia, 15% mengidentifikasi sebagai ateis, meskipun di seluruh Eropa Tengah dan Timur, ateis memiliki kehadiran yang lebih kecil, meskipun pengaruh historis dari Uni Soviet yang resmi ateis.

Seperti orang Amerika, orang Eropa di banyak negara lebih cenderung mengatakan mereka tidak percaya pada Tuhan daripada mengidentifikasi diri mereka sebagai ateis, termasuk dua pertiga dari Ceko dan setidaknya setengah dari Swedia 60%, Belgia 54% dan Belanda orang dewasa 53% yang mengatakan mereka tidak percaya pada Tuhan. Di wilayah lain yang disurvei oleh Center, termasuk Amerika Latin dan Afrika sub-Sahara, ateis umumnya jauh lebih jarang.

Itu 10 alasan kenapa orang tidak percaya Tuhan seperti yang sudah dijelaskan oleh ilmuwan yang bernama Vince Antonucci yang merupakan pendeta pengajar di Gereja Verve di Las Vegas, Nevada.

Vince menjadi seorang Kristen dari latar belakang yang sepenuhnya non-Kristen, yang telah membawanya untuk memulai dua gereja untuk orang-orang yang tidak menyukai gereja. Vince adalah penulis beberapa buku, termasuk God for the Rest of Us.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya