Ngeri! Ini 5 Lubang Misterius di Dunia, No 4 Dijuluki Pintu Neraka

Gates of Hell atau gerbang neraka di Turkmenistan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ada beberapa lubang misterius di bumi yang selalu menjadi pertanyaan di benak masyarakat dan bahkan para peneliti. Umumnya masyarakat akan mempertanyakan dari mana dan bagaimana proses kehadiran lubang tersebut. Bahkan, saking besar dan dalam lubang tersebut, membuat banyak orang bergidik ngeri. Sebab, lubang yang menganga itu tampak seperti akan melahap siapa saja yang berada di dekatnya dan mungkin akan sulit untuk dapat menyelamatkan mereka bila terjatuh ke dalamnya. 

Ngeri! Gelombang Panas Tewaskan 150 Ribu Orang di Seluruh Dunia

Deretan lubang ini ada yang terbentuk secara alami oleh alam dan ada juga yang terbentuk secara tidak sengaja karena ulah manusia. Lubang ini kerap terjadi di beberapa negara di dunia sampai menjadi fenomena yang sangat mengerikan. Sebab, akan sangat berbahaya bila sampai terperosok ke dalamnya. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran atau mencintai aktivitas wisata anti mainstream, mengunjungi deretan lubang misterius di bumi mungkin jawaban yang tepat. Berikut ulasan selengkapnya yang disadur dari Brightside

1. Superdeep Borehole, Russia

Neraka Punya Atmosfer

Superdeep Borehole, Russia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Lubang misterius yang satu ini mempunyai lebar hanya 23 cm dan dipakai untuk eksperimen ilmiah tahun 19760 oleh Soviet di Murmansk, Rusia. Para ahli melaksanakan pengeboran menuju perut bumi yang bertujuan untuk mengetahui isi yang ada di dalamnya. Temuan yang ada di lubang ini dinamakan sebagai sumur neraka. Tahun 1979, peneliti membuat target kedalaman lubang mencapai 14.500 meter. 

Survey: 81 Persen Warga AS Punya Pandangan Negatif Terhadap China

Akan tetapi karena panas yang tidak tertahankan sampai 180 derajat celcius, membuat aktivitas tersebut dihentikan. Alat bor rusak dan tidak berfungsi lagi. Memerlukan waktu sekira 20 tahun sampai di kedalaman 12.262 meter. Alhasil, peneliti menemukan batuan yang sudah berusia 2,7 miliar tahun, susunan lempeng benua, aktivitas gempa bumi, dan suhu batuan di perut bumi.

2, Sinkhole Guatemala

Sinkhole di Guatemala, lubang runtuhnya tanah.

Photo :
  • http://www.mobgenic.com

Sinkhole adalah fenomena tanah longsor ke bawah tanah sampai menciptakan lubang misterius. Lubang ini terbentuk lantaran tanah yang terbuat dari kapur. Saat hujan deras, membuat air meresap ke dalam tanah. Air ini terdiri atas zat asam dari lapisan atas sehingga mengakibatkan kapur larut serta membuat batuan keropos. 

Karena itu, tanah tidak bisa menahan bobot dari atas dan membuat lubang yang menganga. Lubang ini tercipta sejak tanggal 30 Mei 2010 dengan diameter mencapai 20 meter dan kedalaman sampai 90 meter. Tragedi yang terjadi di Guatemala City Zona 2 ini sampai menelan sebuah pabrik besar yang berlantai tiga karena ikut masuk ke dalam tanah. 

3. Great Blue Hole, Belize

Great Blue Hole

Photo :
  • LA Times

Lubang misterius ini ada di Belize, Amerika Tengah, tepatnya di tengah laut Lighthouse Reef. Dinamakan demikian, lubang raksasa ini memiliki kedalaman mencapai 124 meter dengan lebar yang mencapai 300 meter. Tidak ada yang mengetahui secara pasti bagaimana lubang ini bisa terbentuk. Tapi yang jelas lubang ini akan membuat kamu bergidik ngeri saat berkunjung. 

Lantaran mempunyai keunikan tersendiri, lubang misterius ini sudah menjadi bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System dan sudah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Karena penasaran, salah seorang penyelam andal bernama Jacques Costeau mencoba menyelam di lubang tersebut dan mengatakan bahwa ini adalah scuba diving terkeren di dunia. 

4. Kawah Derweze

Ilustrasi lubang neraka.

Photo :
  • Atlas Obscura

Lubang misterius yang berada di Turkmenistan ini mempunyai nama lain yaitu pintu menuju neraka dengan api yang tidak pernah padam sampai saat ini. Awalnya tempat ini adalah trambang gas alam yang roboh dan membentuk lubang besar. Kawah tersebut mengeluarkan berbagai jenis gas, termasuk metana. Para ahli berinisiatif untuk membakarnya agar tidak menyebar ke pemukiman warga. 

Akan tetapi, pembakaran ini membuat api abadi yang tidak pernah padam sejak tahun 1971 sampai sekarang. Lubang ini mempunyai kedalaman yang mencapai 21 meter dengan luas mencapai 70 meter. Pemerintah berusaha untuk menutupnya tapi tidak ada solusi yang dapat memecahkan permasalahan tersebut. 

5. Mount Baldy Sinkhole, Indiana

Mount Baldy Sinkhole, Indiana

Photo :
  • Tangkapan Layar

Lubang misterius di Amerika Serikat yang lain berada di Gunung Baldy yang merupakan gundukan pasir dan berada di Indiana Dunes National Lakeshore, sebuah wilayah yang berada di selatan Danau Michigan. Banyak turis asing yang bermain di gundukan pasir yang mempunyai ketinggian hingga 126 meter ini. 

Akan tetapi, pada tahun 2013 lalu, gumuk pasir ini runtuh dan mengakibatkan seorang anak laki-laki yang berusia enam tahun hampir terkubur selama beberapa jam. Bukan hanya satu, tapi ada beberapa lubang yang bisa menghisap pasir ke bawah tanah. Akibat fenomena tersebut, tempat rekreasi ini ditutup sampai diketahui penyebabnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya