10 Nama Bayi Laki-laki Paling Populer yang Berasal dari Yunani Kuno

Nama bayi laki-laki
Sumber :
  • Freepik/javi_indy

VIVA – Nama bayi laki-laki mungkin banyak dicari sebagai referensi bagi mereka yang akan segera memiliki anak atau keturunan, terutama laki-laki. Tren nama bayi mungkin datang dan pergi, tetapi nama bayi yang paling populer menunjukkan bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan nama-nama klasik. Banyak nama anak laki-laki populer yang telah menduduki puncak daftar dalam beberapa tahun terakhir dan memiliki daya tarik. Kamu dapat melihatnya dalam daftar yang akan diberikan pada artikel ini. 

Ridwan Kamil Kasih Nama Unik ke Bayi yang Lahir Pasca Gempa Cianjur

Pada kali ini akan dibahas nama bayi laki-laki dalam istilah Yunani kuno, Ibrani, Gaelik dan Latin yang paling populer pada beberapa dekade. Terlalu dini untuk mengatakan apakah tahun-tahun mendatang akan melihat perubahan besar dalam tren nama bayi, tetapi nama-nama anak laki-laki populer di bawah ini telah menikmati tempat mereka di 30 besar selama beberapa tahun berturut-turut. Mengutip dari Motherly, berikut ini kumpulan nama bayi laki-laki terpopuler dan artinya.

Kumpulan nama bayi laki-laki

Islami Banget, Inilah Arti Nama Anak Kedua Tasya Farasya

Ilustrasi bayi baru lahir.

Photo :
  • U-Report

1. Aidan

100 Nama Bayi Laki-laki Beserta Asal dan Artinya, Bisa Jadi Referensi

Nama pertama yang bisa menjadi inspirasi dan referensi untuk bayi laki-laki yakni adalah Aidan. Nama Aidan berasal dari Irlandia yang berarti "berapi-api," selain itu berasal juga dari nama dewa matahari dan api Celtic, Aodh. Menurut situs pelacakan tren nama bayi Nameberry, Aidan menjadi nama yang paling populer baru-baru ini dalam dekade terakhir. Jadi, kamu yang akan segera memiliki anak laki-laki sangat bisa menggunakan Aidan sebagai namanya. 

2. Alexander

Selanjutnya nama yang bisa menjadi ide dan inspirasi untuk bayi laki-laki yani adalah Alexander. Nama Alexander sendiri berasal dari Yunani yang berarti "pembela." Alexander terkenal dalam sejarah termasuk Bapak Pendiri Alexander Hamilton, penemu dan ilmuwan Alexander Graham Bell dan tentu saja penakluk kuno Alexander The Great. Menurut Nameberry, Alexander berada di antara 25 nama anak laki-laki paling populer sejak tahun 1990-an. Nama Alexander ini menjadi sangat populer dan banyak sekali dipakai sebagai nama anak laki-laki. 

3. Andrew

Andrew menjadi salah satu ide nama untuk anak laki-laki yang mungkin bisa digunakan ketika anak kamu lahir. Nama Andrew berasal dari bahasa Yunani aner, yang berarti "manusia". Andrew memiliki arti "kuat dan jantan” serta merupakan nama salah satu rasul pertama dalam Perjanjian Baru. Nama Andrew menjadi salah satu nama yang paling populer selama beberapa dekade terakhir dan tercatat dalam 20 nama anak laki-laki teratas pada tahun 2013 bahkan mungkin hingga saat ini. 

4. Anthony

Nama untuk bayi laki-laki selanjutnya yang bisa masuk ke daftar list yakni adalah Anthony.  Nama Anthony berasal dari bahasa latin yang berarti "tak ternilai." Awalnya nama ini dari keluarga Romawi kuno, "Antonii" yang kemudian berkembang menjadi nama Anthony dan Antony pada abad ke-17 dan merupakan nama santo pelindung Italia dan orang miskin. Popularitas nama Anthony kemudian memuncak pada tahun 1980-an dengan menempati peringkat 30 teratas untuk nama anak laki-laki.

5. Benjamin

Benjamin adalah nama bayi laki-laki dalam Alkitab yang berasal dari bahasa Ibrani untuk "son of the right hand". Benjamin adalah pendiri salah satu dari dua belas suku Israel dalam Perjanjian Lama (Twelve Tribes of Israel in the Old Testament). Pada belakangan nama Benjamin juga menjadi semakin populer. 

Lembut dan agak kuno, nama Benjamin telah masuk dalam 10 daftar nama untuk bayi laki-laki sejak tahun 2015. Bgai kamu yang memilih nama ini, kamu bisa membuat nama panggilannya menjadi Ben agar lebih singkat atau Benji yang memiliki nuansa menyenangkan.

6. Christopher

Christopher adalah nama Alkitab yang berasal dari bahasa Yunani kuno yang artinya "pembawa Kristus." Nama Christopher telah ditanggung oleh orang-orang kudus, aktor (Plummer dan Eccleston, untuk dua nama), penjelajah (Columbus), arsitek (Wren) dan penulis (Colfer dan Hitchens). Bagi kamu yang memilih Christopher sebagai nama untuk bayi laki-laki, bisa membuat nama panggilannya menjadi Chris. Nama Christoper dengan nama panggilan Chris ini juga menjadi cukup populer dan kepopulerannya terus meningkat. 

7. Daniel

Daniel juga menjadi nama Alkitab yang diambil dari bahasa Ibrani untuk "God is my judge” dan dikaitkan dengan Daniel setia dari kitab Perjanjian Lama dengan nama yang sama. Daniel telah menjadi salah satu nama bayi laki-laki paling populer sejak tahun 1970-an. Menurut Nameberry, ada lebih dari 10.000 bayi laki-laki telah diberi nama Daniel pada setiap tahunnya. 

Secara tradisional Daniel adalah nama untuk bayi laki-laki yang populer di kalangan keluarga Irlandia, berkat balada klasik Irlandia "Danny Boy" dan nama Gaelik yang terdengar mirip Donal atau Domhnall.

8. David

David merupakan nama bayi laki-laki yang berasal dari Ibrani yang artinya "tercinta." The Biblical David adalah orang terkenal yang membunuh raksasa Goliath dengan ketapelnya. David juga dikenal dipakai oleh seorang penyair dan juara seni yang mengilhami patung Renaisans yang terkenal karya Michelangelo. 

Dengan silsilah artistik dan religiusnya yang dikombinasikan dengan daya tarik klasiknya, nama David untuk anak laki-laki menempati peringkat atas di antara nama-nama anak laki-laki paling populer lainnya selama beberapa dekade.

9. Dylan

Nama Dylan ini sebenarnya tak hanya cocok untuk nama bayi laki-laki saja, melainkan unisex dan cocok baik itu untuk laki-laki atau perempuan. Dylan juga menjadi nama yang popularitasnya meroket dalam beberapa dekade terakhir. Arti dari nama Dylan yakni adalah "anak laut". 

Biasanya kebanyakan orang-orang Amerika mengasosiasikan nama Dylan dengan musisi pemenang hadiah Nobel Bob Dylan, tetapi mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa Bob Dylan ternyata mengadopsi nama panggungnya tersebut dari seorang penyair besar bernama Welsh Dylan Thomas, yang menulis “Do Not Go Gentle into That Good Night”. 

10. Elijah

Terakhir ada Elijah sebagai nama yang mungkin bisa dipakai untuk anak laki-laki. Nama Elijah Alkitab berasal dari bahasa Ibrani yang berarti "Tuhanku adalah Allah." Dalam Perjanjian Lama, Elijah adalah nabi yang menghadapi ratu kontroversial Izebel dan raja Ahab dari Israel dan yang kemudian dibawa ke Surga dengan kereta api.

Nama Elijah ini menjadi cukup unik dan mungkin terdengar klasik serta musikal sehingga menjadikannya salah satu nama bayi laki-laki yang sangat populer dan kerap dipakai bahkan hingga kalangan anak-anak selebriti seperti Bono, Cher dan daftar panjang tokoh terkenal lainnya yang telah memberi nama Elijah kepada putra mereka. 

Itulah sepuluh nama bayi laki-laki paling populer pada beberapa dekade terakhir yang berasal dari Alkitab dan Yunani kuno. Mungkin dengan adanya daftar nama dan arti dari nama-nama di atas bisa menjadi sebuah inspirasi dan referensi bagi kamu yang akan segera memiliki momongan. Nama-nama di atas juga masih terdengar sangat modern meskipun klasik sehingga tidak akan termakan oleh zaman. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan dan membacanya. 

Ilustrasi Bayi Baru Lahir (Doc: Marocco World News)

Sederet Nama Bayi Terfavorit di Tahun 2023 Menurut Dukcapil

Memilih nama bayi dalam Islam merupakan keputusan penting yang penuh pertimbangan. Islam menganjurkan untuk memilih nama yang baik hingga mengandung makna sangat positif.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024