Jangan Sampai Dipakai, Ini 7 Nama Bayi yang Dilarang Dalam Islam

Gendongan bayi.
Sumber :
  • Momaz

VIVA – Nama bayi yang dilarang dalam Islam. Nama adalah sebuah doa, ketika orang tau memberina mah kepada anaknya tidak boleh sembarang, tidak hanya sekedar neak untuk memanggil anak, akan tetapi harus tau makna dari arti sebuah nama yang diberikan kepada anak. Maka dari itu orang tua harus hati-hati dalam memberi nama, pasalnya ada larangan dalam islam memberikan nama kepada seseorang yang mengandung arti tidak baik.

Sederet Nama Bayi Terfavorit di Tahun 2023 Menurut Dukcapil

Setiap orang pastinya ingin memberikan nama kepada anaknya yang terbaik, biasanya nama yang diberikan kepada anak bersifat umum, alahkah baiknya sebelum memberikan nama, orang tua harus mencari makna dari nama tersebut, sebagai orang tau muslim alahkah baiknya mencari nama yang bersifat baik atau yang dianjurkan dalam Islam. 

Lantas nama apa saja yang dilarang dalam Islam, lalu bagaimana jika seorang anak sudah terlanjur diberikan nama yang tidak baik dalam islam lalu bagaimana prosedur penggantian nama dalam islam.

Ingin Mulai Ganti Puasa? Simak Hari-hari Umat Islam Dilarang Puasa

Berikut beberapa nama baik yang dilarang dalam islam seperti dikutip dari Youtube Islam Populer sebagai berikut:

1. Nama yang Mengandung Makna Negatif

Ridwan Kamil Kasih Nama Unik ke Bayi yang Lahir Pasca Gempa Cianjur

Ilustrasi Bayi mengenal tekstur makanan

Photo :
  • Pixabay/ 3217138

Sebelum memberikan nama, alahkah baiknya orang tua harus memperhatikan baik-baik, jangan sampai mengandung makna yang negatif, diantara beberapa nama yang mengandung negatif dalam islam adalah:

- Harb : Perang
- Murrah : Pahit
- Kalb : Anjing
- Hayyah : Ular
- Jahsy : Kasar

Orang tua tidak sekedar memberikan nama kepada anaknya, jangan sekedar nama itu sedang trend dan menjadikan sebuah nama untuk anaknya, sebaiknya di cek dulu artinya nama tersebut, jangan sampai mengandung arti yang negatif.

2, Nama yang Berhubungan Dengan Syahwat

Ilustrasi bayi/anak/anak tidur.

Photo :
  • Freepik/javi_indy

Larangan dalam memberi nama yang ada hubungannya dengan syahwat utamanya kepada anak perempuan, orang tua dalam memilih nama untuk anak perempuan tidak boleh sembarangan sebab, berikut nama yang mengandung makna syahwat.

- Ahlaam : Impian
- Ariij : Wangi
- Syajidah : Biduan Wanita

Arti nama-nama tersebut memang tidak mengandung keburukan tapi bisa saja memicu syahwat ketika sang anak dipanggil apalagi bagi perempuan, sebaiknya orang tua menghindari nama-nama tersebut yang mengandung arti berhubungan dengan syahwat.

3. Nama yang memiliki Makna Berhala

Ilustrasi ibu dan anak/parenting/bayi.

Photo :
  • Freepik/gpointstudio

Sebagai orang tua tidak boleh memberi nama yang bermakna berhala, hal ini sangat dilarang dalam Islam untuk memberi nama serupa berhala atau patung yang disembah, nama salah satunya seperti (Isaaf) nama ini juga memiliki arti kurang baik, sebaiknya jangan memberikan nama tersebut.

Dalam bahasa Arab (Israf) artinya berlebihan atau melampaui batas dalam menggunakan sesuatu, pasalnya segala sesuatu yang melebihi batas itu tidak diperbolehkan dalam ajaran Islam.

4. Nama yang Memiliki Makna Perilaku Tidak Baik

Ilustrasi bayi/anak/parenting.

Photo :
  • Freepik/bristekjegor

Memberikan nama yang bermakna perilaku tidak baik sangat dilarang dalam islam, kita tentu sudah banyak yang tahu perilaku-perilaku yang tidak baik itu apa saja, maka sebaiknya orang tua tidak memberikan nama kepada anaknya yang memiliki makna perilaku tidak baik, berikan beberapa nama yang memiliki makna tidak baik:

- Asyar : Jahat
- Balidah : Bodoh
- Asyirah : Tidak Bersyukur
- Ghasibah : Perampas
- Haqidah : Dengki
- Sakirah : Pemabuk
- Syariqah : Pencuri
- Waqihah : Kurang Sopan

Nama-nama tidak baik tersebut terdengar sangat bagus dan islami, namun jangan salah orang tua harus mengecek terlebih dahulu sebelum memberikan nama kepada si buah hatinya.

5. Nama yang Mengandung Makna Maksiat dan Dosa

Bayi mungil yang ditemukan (Foto Ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/ Diki Hidayat.

Beberapa nama juga sebaiknya tidak diberikan untuk si Kecil karena dalam Islam nama ini memiliki arti yang mengarah pada perilaku maksiat. Jadi, lebih baik pilih nama yang lain saja. Misalnya seperti Zhaalim dan Sarraq. Nama Zhaalim memiliki makna sebagai ‘orang yang lalim’. Sementara Sarraq artinya ‘pencuri’.

6 Jangan Memberi Nama Orang-Orang Zalim

Ilustrasi bayi.

Photo :
  • U-Report

Selain memberikan arti yang mengandung maksiat, Islam juga melarang memberikan nama kepada anak tokoh-tokoh yang berbuat zalim, seperti diketahui dalam penyebaran agama islam ada beberapa tokoh yang dikenal tentang, berperilaku kasar diantaranya seperti Firaun, Qarun, dan Hama maka dari itu islam sangat melarang orang tua memberikan nama anak tersebut, sebagaimana nama adalah sebuah doa. tentunya sebagai orang tau tidak ingin memiliki perilaku buruk seperti tokoh zalim tersebut.

7. Nama yang Bergelar Nabi

Ilustrasi ayah dan bayi.

Photo :
  • U-Report

Islam sangat tidak menganjurkan kepada orang tua yang memberikan nama yang bermakna gelar khusus untuk para nabi juga sebaiknya tidak dilakukan. Misalnya seperti Khalilullah yang artinya kekasih Allah, sebuah gelar yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS. Nama yang dilarang selanjutnya Ruhullah yang artinya roh Tuhan juga sebaiknya tidak diberikan. Ini adalah gelar khusus yang diberikan kepada Nabi Isa AS karena terlahir murni dari kuasa Allah SWT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya