9 Hal yang Tidak Kamu Ketahui Tentang Kabah, Memiliki Berbagai Warna?

Mekah, Kabah
Sumber :
  • Pixabay/ Odien

VIVA – Tidak ada tempat di Bumi yang dimuliakan, dipusatkan, atau disucikan bagi orang sebanyak Makkah. Dengan standar objektif apa pun, lembah di wilayah Hijaz di Arab ini adalah tempat paling terkenal di Bumi. Ribuan orang mengelilingi Kabah yang suci di pusat tempat suci 24 jam sehari. Jutaan rumah dihias dengan gambarnya dan lebih dari satu miliar orang menghadapinya lima kali sehari. Bangunan berbentuk kubus berada di jantung real estate paling terkenal dalam sejarah umat manusia dan diselimuti kain hitam. Nah, berikut adalah beberapa hal yang mungkin tidak diketahui kebanyakan orang tentang Kabah yang disadur dari Muslimmatters.

Zita Anjani Pamer Starbucks di Mekkah, Netizen Ramai Berkomentar!

9. Telah Direkonstruksi Beberapa Kali

Jamah haji mengelilingi Kabah.

Photo :
  • U-Report
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Ka'bah yang kita lihat sekarang tidak persis sama dengan Kabah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Dari waktu ke waktu, perlu dibangun kembali setelah bencana alam dan buatan manusia. Tentu kita semua tahu tentang rekonstruksi besar yang terjadi pada masa kehidupan Nabi Muhammad SAW sebelum beliau menjadi Nabi. Inilah saat Nabi Muhammad SAW menghindari pertumpahan darah dengan pemikiran cepatnya tentang bagaimana menempatkan Hajar Aswad memakai kain yang bisa diangkat oleh setiap suku.

Sejak itu, rata-rata ada satu rekonstruksi besar setiap beberapa abad. Renovasi terakhir terjadi pada tahun 1996 dan sangat menyeluruh, yang mengarah pada penggantian banyak batu dan penguatan kembali pondasi dan atap baru. Ini mungkin merupakan rekonstruksi terakhir selama berabad-abad karena teknik modern berarti bahwa bangunan tersebut lebih aman dan stabil daripada sebelumnya.

Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

8. Dulunya Memiliki Dua Pintu dan Sebuah Jendela

Suasana di sekitar Kabah di Kota Mekah, Arab Saudi jelang puncak haji.

Photo :
  • H Eko Priliawito - VIVA.co.id

Ka'bah asli dulunya memiliki pintu untuk masuk dan satu lagi untuk keluar. Untuk jangka waktu yang cukup lama itu juga memiliki jendela yang terletak di satu sisi. Kabah saat ini hanya memiliki satu pintu dan tidak memiliki jendela.

7. Dulu Ada Beberapa warna 

kabah.

Photo :
  • dok.ist

Saat ini sudah terbiasa dengan Kabah yang ditutupi dengan kain Kiswah hitam dengan pita emas sehingga kita tidak dapat membayangkannya dengan warna lain. Namun, tradisi ini tampaknya telah dimulai pada masa Abbasiyah dan sebelum ini Ka'bah ditutupi dengan berbagai warna termasuk hijau, merah dan bahkan putih.

6. Kunci Ada di Tangan Satu Keluarga

Suasana Kabah jelang salat subuh Jumat pagi 20 Juli 2018

Photo :
  • VIVA / Beno Junianto

Pada masa Nabi Muhammad SAW, setiap aspek yang berkaitan dengan ritual haji berada di tangan berbagai sub-kelompok Quraisy. Masing-masing dari mereka pada akhirnya akan kehilangan kendali atas perwalian mereka. Pada penaklukan Makkah, Nabi SAW diberi kunci Kabah dan bukannya menyimpannya sendiri, beliau mengembalikan mereka kembali ke Osman ibn Talha dari keluarga Bani Shaiba. 

Mereka telah menjadi penjaga kunci tradisional Kabah selama berabad-abad dan Nabi Muhammad SAW menegaskan mereka dalam peran itu sampai akhir zaman dengan sabda: “Ambillah, wahai Bani Thalhah, selama-lamanya hingga Hari Kebangkitan, dan itu tidak akan diambil darimu kecuali oleh seorang tiran yang zalim dan menindas.”

5. Dulu Terbuka untuk Semua Orang

Jokowi dan keluarga masuk ke Kabah

Photo :
  • Twitter @pramonoanung

Sampai saat ini, Kabah dibuka dua kali seminggu bagi siapa saja untuk masuk dan berdoa. Namun, karena pesatnya pertumbuhan jumlah peziarah dan faktor lainnya, Kabah kini dibuka hanya dua kali setahun untuk pejabat dan tamu eksklusif saja. Seperti tiga presiden Indonesia yang pernah masuk Kabah adalah Jokowi, Soeharto, dan Susilo Bambang Yudhoyono. 

4. Dulu Ada Genangan Air di Sekitarnya

Kabah di Masjidil Haram.

Photo :

Salah satu masalah dengan Kabah adalah terletak di dasar lembah adalah ketika hujan cenderung banjir. Ini bukanlah kejadian yang tidak biasa di Mekah dan menyebabkan banyak masalah sebelum zaman sistem pengendalian banjir dan pembuangan kotoran. Selama berhari-hari Kabah akan setengah terendam air. 

Apakah itu menghentikan umat Islam dari melakukan Tawaf? Tentu saja tidak. Muslim baru saja mulai Tawaf di sekitar Kabah. Penyesuaian modern pada lanskap sekitarnya dan teknik pencegahan banjir berarti kita mungkin tidak akan pernah melihat pemandangan seperti itu lagi. 

3. Bagian dalam Berisi Plakat untuk Mengenang Penguasa yang Merenovasinya

Kabah, Masjidil Haram, Arab Saudi.

Photo :

Selama bertahun-tahun banyak yang bertanya-tanya seperti apa di dalam Kabah. Mengandalkan akun tangan kedua atau ketiga dari mereka yang cukup beruntung untuk masuk saja tidak cukup memuaskan. Kemudian satu orang beruntung yang masuk ke dalam membawa ponsel kameranya dan jutaan orang telah melihat rekaman goyah secara online.

Bagian dalam Kabah sekarang dilapisi dengan marmer dan kain hijau menutupi dinding atas. Pada dinding dipasang plakat yang masing-masing memperingati perbaikan atau pembangunan kembali Rumah Allah oleh penguasa saat itu. Ini adalah satu-satunya tempat di Bumi yang menjadi arah sholat, rumah Allah, dan tempat ibadah bagi umat manusia, Kabah.

2. Ada Dua Ka'bah

Objek tanpa bayangan saat Matahari melintas tepat di atas Kabah

Photo :
  • VIVA/Dedy Priatmodjo

Tepat di atas Ka'bah di surga ada yang sangat mirip dengan bangunan tersebut. Kabah ini disebutkan dalam Al-Qur'an dan oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW menceritakan tentang perjalanan 'Isra wal Miraaj: 

“Kemudian sang Rasul bertanya pada Malaikat Jibril tentang Baitul Ma’mur, yang ternyata merupakan tempat ibadah para malaikat, dan setiap harinya tempat itu dimasuki oleh 70.000 malaikat yang tidak pernah keluar lagi. Hal ini menunjukkan ketaatan para malaikat Allah ketika menjalankan ibadah untuk menyembahNya.”

1. Batu Hajar Aswad

Hajar Aswad.

Photo :
  • U-Report

Pernah bertanya-tanya bagaimana Hajar Aswad bisa berada di dalam selubung perak yang mengelilinginya? Ada yang mengatakan itu pecah oleh batu yang ditembakkan oleh tentara Umayyah yang mengepung Makkah sementara itu di bawah kendali Abdullah ibn Zubair.

Namun, sebagian besar setuju bahwa itu paling rusak di abad pertengahan oleh kelompok Ismaili sesat ekstrim dari Bahrain disebut Qarmatians yang telah menyatakan bahwa haji adalah tindakan takhayul. Mereka memutuskan untuk menegaskan maksud mereka dengan membunuh puluhan ribu hujjaj dan membuang tubuh mereka di sumur Zamzam.

Seolah-olah tindakan pengkhianatan ini tidak cukup, setan-setan ini membawa Hajar Aswad ke Timur Arab dan kemudian Kufah di Irak di mana mereka memegang tebusan sampai mereka dipaksa untuk mengembalikannya oleh Khalifah Abbasiyah. Ketika mereka mengembalikannya, itu hancur berkeping-keping dan satu-satunya cara untuk menyatukannya adalah dengan membungkusnya dalam selubung perak. 

Wallahu A’lam Bishawab

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya