Masjid Istiqlal Siap Sambut 250 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H

Masjid Istiqlal Siap Sambut 250 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H
Sumber :
  • Kementerian Agama Republik Indonesia

JAKARTA – Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan mereka telah menyiapkan tempat untuk mengadakan Shalat Idul Fitri tahun 1445 Hijriah bagi 250 ribu orang.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Pengalaman yang lalu itu kalau dimaksimumkan (Masjid) Istiqlal ini bisa menampung sekitar 250 ribu jamaah," ungkapnya dalam konferensi pers mengenai pengadaan sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal pada Selasa, 9 April 2024.

Nasaruddin menjelaskan bahwa kapasitas tersebut dapat ditingkatkan lagi dengan memanfaatkan lapangan di sekitar Masjid Istiqlal. Ia menyatakan bahwa pihaknya telah siap untuk menyelenggarakan upacara Idul Fitri 1445 Hijriah, yang pasti akan sesuai dengan keputusan sidang isbat yang telah dilakukan malam kemarin, sebagaimana dilansir dari Antara News pada Rabu 10 April 2024.

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Dalam hal tempat parkir, ia menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai tempat parkir, termasuk tempat parkir khusus untuk tamu VIP dan VVIP serta tempat parkir jamaah dengan kapasitas 1.000 mobil.

Selain itu, Nasaruddin menyatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan berbagai kantor di sekitar Masjid Istiqlal jika diperlukan lebih banyak kantong parkir.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Kantor-kantor yang memiliki ruang parkir di sini, ya (seperti) Pertamina. (Untuk) bus, kita sudah mengantisipasi di sekitar monas, jadi nanti antar jemput. Jadi kalau saja diikuti peraturan-peraturan besok yang ditetapkan oleh pihak kepolisian, insya Allah diharapkan bisa lancar," ujarnya.

Nasaruddin mengatakan, Shalat Idul Fitri akan dimimpin oleh Imam Harian Masjid Istiqlal, Ahmad Husni Ismail dan Prof Dr. KH Abdul A'la Basyir, Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan tema "Memperkuat kebersamaan dengan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa."

Ia mengungkapkan alasan pihaknya membuka kapasitas untuk banyak jamaah berdasarkan banyaknya jamaah yang mengikuti kegiatan iktikaf, yang dapat mencapai hingga lima puluh ribu orang dalam satu malam.

Nasaruddin menyatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan pihak kepolisian dalam mempersiapkan sistem keamanan di Masjid Istiqlal karena banyak tokoh penting, termasuk Presiden Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Indonesia Ma'ruf Amin, akan mengikuti kegiatan Shalat Ied di sana.

Ia berharap kegiatan Shalat Idul Fitri 1445 H dapat berjalan dengan aman, nyaman, lancar, serta berjalan dengan penuh kekhidmatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya