Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

[dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif]
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

Jakarta – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI terus mendorong kemunculan industri-industri kreatif baru di Tanah Air saat ini.

Sandiaga Uno dan Menhub Budi Karya Bakal Ramaikan One Run 10K 2024

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, potensi industri kreatif di Indonesia dipengaruhi oleh perkembangan ekonomi kreatifnya itu sendiri.

"Perkembangan ekonomi kreatif dunia di Indonesia tidak muncul dari proses yang singkat. Namun banyak hal yang telah dilakukan sejak tahun-tahun sebelumnya," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa, 9 April 2024.

Viral Calya Bersitegang dengan March di Tol, Ketemu Polisi Endingnya Malah Begini

Menparekraf RI Sandiaga Uno saat menutup kegiatan Aceh Ramadhan Festival 2024.

Photo :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Hal ini membuat Indonesia dianggap sebagai pelopor revolusi industri kreatif dunia. Hal itu terbukti dari perkembangan ekonomi kreatifnya yang terus meningkat secara signifikan di setiap tahunnya. Apalagi, industri kreatif ini semakin beragam dengan adanya gagasan ide kreatif, termasuk dari generasi muda.

Modus Membantu, Pria di Malang Perkosa Mantan Pacar yang Akan Pergi jadi TKW

"Industri kreatif menjadi salah satu industri yang terus berkembang dan mampu berkontribusi dalam pendapatan negara. Selain menghasilkan karya atau produk dengan nilai ekonomi, kehadiran industri kreatif juga mampu menghadirkan lapangan pekerjaan baru yang dapat mendorong taraf kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Sandiaga pun mencontohkan, hal itu sebagaimana kemunculan Bloom Media, sebagai perusahaan kreatif yang berfokus pada industri media sosial dan salah satu bagian dari industri kreatif di Tanah Air. Karenanya, Sandiaga pun berharap Bloom Media bisa berkolaborasi untuk memajukan ekonomi Indonesia.

"Kreativitas dan inovasi-inovasi akan banyak dilahirkan di sini. Jadi akan saya lihat nanti bagaimana kiprah Bloom Media di berbagai bidang, sebagai wujud kreasi anak muda. Mudah-mudahan bisa membuka banyak kolaborasi-kolaborasi untuk memajukan ekonomi Indonesia,” kata Sandiaga.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan industri kreatif dari kreasi anak muda seperti Bloom Media, nantinya akan dapat berkolaborasi dengan pemerintah.

“Dalam industri kreatif, tiga sektor yang perlu banyak dibantu adalah pelatihan, pemasarannya dan juga permodalan. Mungkin Bloom Media bisa berkolaborasi dengan pemerintah menciptakan pelatihan maupun platform pemasaran," ujarnya.

ilustrasi Media sosial.

Photo :
  • Unsplash

Sebagai informasi, Bloom Media adalah perusahaan kreatif yang berfokus pada industri media sosial. Visi mereka adalah membawa inovasi dan kreativitas pada setiap project yang dilakukan. Bloom Media berusaha untuk selalu mengembangkan industri kreatif dengan program penciptaan ide dan edukasi, serta perkembangan terbaru lewat media sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya