Sedekah, Salah Satu Amalan Penting di Bulan Ramadhan

Ilustrasi beramal.
Sumber :

VIVA – Sedekah adalah harta benda yang dikeluarkan orang dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Bulan suci Ramadhan semua amal dilipat gandakan pahalanya, termasuk bersedekah.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

"Sesungguhnya oraang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan(ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang mulia" (Qs. Al Hadid: 18).

Bersedekah di bulan Ramadhan menjadi salah satu amalan yang paling utama. Hal ini berdasar salah satu hadist.

Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Dari Anas dikatakan, ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘Sedekah di bulan Ramadan,’ (HR At-Tirmidzi).

Sedekah

Photo :
  • U-Report
Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Riwayat lain menjelaskan, Rasulullah semakin dermawan ketika berada di bulan Ramadhan. Sedekah di bulan Ramadhan menjadi amalan baik yang mendatangkan banyak pahala di bulan Ramadhan.

Bukan hanya salat tarawih, membaca Alquran, atau berdzikir, Allah juga melipatgandakan pahala bagi umat muslim yang bersedekah di bulan Ramadan. Hal ini pun dijelaskan pada sebuah hadist.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Semua amal kebaikan anak manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan serupa hingga 700 kali lipat. Allah Azza wa Jalla berfirman, ‘Kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya karena ia meninggalkan syahwat dan makanan demi Aku.' Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan, yaitu satu kebahagiaan saat berbuka puasa dan satu kebahagiaan lainnya saat menemui Tuhannya. Sungguh bau mulutnya lebih harum di sisi Allah daripada bau kesturi,” (HR Muslim).

Ilustrasi Bersedekah

Photo :
  • Ist

Salah satu pihak yang melakukannya adalah Airmas Group. Mereka mengadakan kunjungan ke yayasan Rumah Piatu Muslimin. Selain itu, mereka berbagi makanan dan takjil yang berlokasi di beberapa titik di Jakarta Pusat.

"Kita sadar dan setuju kalau anak-anak adalah calon penerus bangsa. Sehingga sudah selayak nya memperlakukan mereka dengan penuh cinta dan kasih sayang. Hal ini lah yang ingin kami sampaikan kepada semuanya, bahwa dengan berbagi ke sesama,kita bisa membantu meringankan beban dan memberikan motivasi untuk calon penerus bangsa ini," kata CEO Airmas Group, Basuki Surodjo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya