Usai Dibenahi, Masjid Istiqlal Raih Sertifikat Green Building EDGE

Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Setelah melalui proses renovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), masjid Istiqlal Jakarta berhasil mendapatkan sertifikat Green Building Excellence in Design for Greater EfficiencieS (EDGE) dari International Finance Corporation (IFC).  Diketahui bahwa Istiqlal menjadi tempat ibadah pertama di dunia yang mendapatkan sertifikat tersebut. 

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini mendapatkan pengakuan dari penerapan prinsip-prinsip bangunan hijau (green building) dalam rangka penghematan energi dan keberlanjutan lingkungan. Penyerahan sertifikat ini dilaksanakan oleh Azam Khan, Kepala Perwakilan IFC di Jakarta kepada Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. KH Nasaruddin Umar dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti. 

Anggaran Renovasi Masjid Istiqlal Jakarta

Jokowi Resmikan Sejumlah Jalan di NTB, Telan Biaya Rp211 Miliar

Masjid Istiqlal.

Photo :

Masjid yang menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ini untuk renovasinya sendiri menelan anggaran biaya Rp511 miliar. Tidak hanya merenovasi bangunannya, tapi Kementerian PUPR juga menata dari berbagai sisi pencahayaan, sampai sirkulasi udara yang ada di dalam masjid serta ketersediaan air bersih untuk masyarakat yang akan beribadah. 

Pemerintah Target Perpanjangan Runway Bandara Sinak Papua Selesai 2024

Menerapkan Green Building

Presiden Jokowi Meninjau Perkembangan Renovasi Masjid Istiqlal

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pelaksanaan renovasi dari masjid yang berada di atas area seluas 109.547 m2 tersebut sudah menerapkan konsep bangunan gedung hijau atau green building. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR nomor 21 tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau. Peraturan tersebut menyatakan bahwa bangunan peribatadan dengan luas di atas 10.000 m2 harus menerapkan prinsip-prinsip bangunan hijau. 

Pencahayaan Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal

Photo :
  • Youtube

Sementara untuk sisi pencahayaan, masjid ini sudah menggunakan lampu hemat energi yang bisa diatur lewat aplikasi ponsel. Lampu ini memakai teknologi pintar tata cahaya LED yang dipasang sebanyak 3.812 lampu untuk lampu dalam dan luar ruangan. Kemudian pemasangan solar panel juga memberikan kontribusi sekitar 13% dari konsumsi listrik bangunan. 

Dilengkapi dengan Penghemat Air

Foto udara renovasi Masjid Istiqlal di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Di sisi lain, penghemat air dengan pergantian keran air wudhu. Penggantian kran air wudhu, pemakaian WC dengan dual flush, keran wastafel, dan urinal yang didesain hemat air. Penghematan material juga dilakukan guna mempertahankan material sebagai bangunan cagar budaya untuk fungsi struktur, interior, dan eksterior bangunan dengan mengaplikasikan teknologi terbarukan di bangunan. 

Masjid ini menghemat 476,22 ton karbon dioksida per tahun. Krisis iklim yang melanda seluruh dunia menjadi tantangan tersendiri untuk seluruh pihak supaya lebih bijaksana dalam penerapan dan pemakaian energi bumi. Penerapan green building ini menjadi salah satu cara dalam penanganan krisis iklim di dunia. 

Pekerjaan Masjid

Masjid Istiqlal Jakarta

Photo :
  • VIVAnews/ Rifki Arsilan

Sejak tahun 2019-2020, Kementerian PUPR sudah melaksanakan pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal dengan masa waktu pengerjaan selama 424 hari yang dimulai sejak tanggal 16 Mei 2019 dan selesai pembangunannya pada tanggal 13 Juli 2020. Renovasi ini mengajak PT. Waskita Karya selaku kontraktor utama pelaksana dan PT. Virama Karya selaku konsultan manajemen konstruksi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya