5 Masjid Terindah dan Terkenal di Dunia, Indah dan Bermakna

Masjid Hassan II, Casablanca, Marocco
Sumber :
  • flickr

VIVA – Masjid terindah dan terkenal di dunia bisa menjadi salah satu list tempat yang dapat kamu kunjungi. Masjid adalah tempat ibadah yang dibangun bagi umat Islam untuk berdoa kepada Tuhan. Beberapa masjid juga terkenal di dunia karena keindahannya.Masjid telah ada selama lebih dari satu milenium sebagai tempat ibadah bagi umat Islam di seluruh dunia. Hingga hari ini, keindahan dan kekayaan sejarah tempat-tempat suci ini terus menginspirasi pengunjung. 

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Masjid pertama yang pernah dibangun dalam Islam adalah Quba terletak di Madinah, Arab Saundi dibangun 622 Masehi. Sudah ada ribuan masjid lain dibangun di seluruh dunia tetapi ada beberapa Masjid yang terindah dan terkenal di dunia. Berikut ini lima Masjid yang terindah dan terkenal yang ada di beberapa negara. 

  1. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

Menakjubkan, 187 Pria dan Wanita Masuk Islam di Masjid Gtown Philadelphia Amerika

Masjid Al-Aqsa, Jerusalem

Photo :
  • pixabay

Masjid Al-Aqsa termasuk kedalam masjid terindah dan terkenal di dunia. Terletak di kota tua Yerusalem yang terdaftar di UNESCO, Masjid Al Aqsa mempunyai struktur yang menakjubkan dan telah dibangun kembali beberapa kali sepanjang sejarah karena berulang kali dilanda gempa bumi. Masjid Al-Aqsa dianggap sebagai tempat tersuci ketiga dalam Islam. Sampai hari ini, itu tetap menjadi situs tersuci ketiga dalam Islam untuk keyakinan bahwa Muhammad diangkut ke sini dari masjid Al Haram di Mekah selama Perjalanan Malam, dan kemudian ke surga. Setiap hari Jumat, gedung itu dipenuhi ribuan jamaah Muslim yang menunaikan salat di luar di pelataran Tempat Suci. Tidak heran kalau Masjid Al-Aqsa menjadi salah satu masjid terindah dan terkenal di dunia, dilihat dari arsiterkturnya yang megah dan indah.

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran
  1. Masjidil Al Haram, Mekah, Arab Saudi

Masjid Al-Haram

Photo :
  • pixabay

Masjid terindah dan terkenal selanjutnya adalah Masjid Al Haram, juga dikenal sebagai Masjid Agung, Masjid Agung, dan Masjid Suci, diterjemahkan menjadi Masjid Suci, Ini adalah masjid terbesar di dunia. Ini juga merupakan rumah bagi tempat paling suci Islam, Ka'bah / Kiblat, di mana umat Islam menghadap untuk berdoa. Artinya masjid ini adalah satu-satunya masjid di dunia yang tidak memiliki penunjuk arah salat, karena semua orang akan menghadap Ka'bah. Tidak heran jika Masjid ini terindah dan terkenal. Masjid ini adalah tempat umat Islam datang untuk menunaikan ibadah haji, yang merupakan salah satu Rukun Islam. Muslim juga dapat mengunjungi setiap saat sepanjang tahun untuk Umrah.

Dilansir dari trip101.com, komplek ini terdiri dari area sholat outdoor dan indoor dan mencakup area total 356.800 meter persegi (3.840.563 kaki persegi). Masjid ini dikatakan mampu menampung hingga 82.000 jamaah. Al Haram dibangun pada abad ke-7 dan, selama berabad-abad, dan telah mengalami beberapa perkembangan dan perluasan. Selain Ka'bah, fitur menonjol lainnya dari masjid termasuk Hajar Aswad. Hajar Aswad ini dipasang di dinding Ka'bah oleh Muhammad sendiri pada tahun 605 M. Pengunjung terlihat sedang mencium Hajar Aswad dan dikatakan bahwa ciuman itu akan diterima oleh Muhammad sendiri.

Non-Muslim tidak dapat mengunjungi masjid atau memasuki Kota Suci Mekah. Ada pintu masuk dan fasilitas terpisah untuk Muslim pria dan wanita.

  1. Masjid Biru, Istanbul, Turki

Masjid Biru Istanbul

Photo :
  • pixabay

Masjid terindah dan terkanl ke tiga adalah Masjid Sultan Ahmed lebih terkenal dengan sebutan Masjid Biru. Dengan langit-langit dan dekorasi internal yang menarik, Masjid Biru yang terletak di Istanbul Turki dibangun antara tahun 1609 dan 1616 selesai pada abad ke-17 di bawah pemerintahan Ahmed I. Masjid mendapat julukan Masjid Biru karena ubin biru yang dilukis dengan tangan, serta fakta bahwa pada malam hari, masjid bermandikan warna biru karena lampu yang membingkai lima kubah utama masjid, enam menara, dan delapan kubah sekunder. Dari arsitektur Masjid ini menampilkan desain Islam tradisional dengan memiliki ukuran, keagungan, dan kemegahan yang luar biasa. . Interior bawah masjid memiliki lebih dari 20.000 ubin buatan tangan di lebih dari 50 desain tulip yang berbeda. Interior atas, di sisi lain, memiliki cat biru dan lebih dari 200 jendela kaca patri. Ada juga lampu gantung dengan telur burung unta di dalamnya, yang katanya bisa mengusir laba-laba dan sarang laba-laba. Dekorasi ini juga mengandung ayat-ayat Al-Qur'an.

Di dalam masjid, kamu akan dapat menemukan di Kulliye yaitu makam Ahmed I, juga sebuah madrasah yang merupakan sekolah agama, dan rumah perawatan. 

  1. Masjid Muhammad Ali, Kairo, Mesir 

Masjid Muhammad Ali Pasha

Photo :
  • pixabay

Selanjutnya masjid terindah dan terkenal adalah Masjid Muhammad Ali terletak di dalam Benteng Salah al?Din al?Ayyubi (Saladin) di Kairo. Masjid Agung Muhammad Ali Pasha atau Masjid Alabaster dibangun oleh Muhammad Ali Pasha antara tahun 1830 dan 1848.
Memilih untuk membangun masjidnya dengan gaya arsitektur Ottman, masjid ini dibangun di sebuah kubah tengah, dikelilingi oleh 4 kubah berbentuk setengah lingkaran dan berukuran total 41x41 meter. Denahnya yang berbentuk bujur sangkar terdiri dari sebuah kubah tengah yang ditopang oleh empat setengah kubah, dengan tambahan empat kubah yang lebih kecil di sudut-sudut bangunan. Ada dua mimbar (mimbar) di dalam masjid. Yang asli dari keduanya terbuat dari kayu yang dihias dengan warna hijau. Yang lainnya adalah tambahan kemudian yang terbuat dari marmer. Menara kembar masjid adalah yang tertinggi di seluruh Mesir, masing-masing mencapai ketinggian 84 meter. Mausoleum marmer putih Muhammad Ali Pasha yang indah terletak di sudut barat daya masjid, di sebelah kanan pintu masuk.

Pelataran terbuka luar berisi menara jam tembaga, yang diberikan kepada Muhammad Ali Pasha oleh Louis Philippe dari Prancis pada 1845 M. Muhammad Ali Pasha membalas dengan memberikan sebuah obelisk Ramses II (c.1279–1213 SM) yang berdiri di depan Kuil Luxor. Hari ini, berdiri di Place de la Concorde Square, Paris.

  1. Masjid Hassan II, Casablanca, Maroko

Masjid Hassan II, Casablanca, Marocco

Photo :
  • flickr

Masjid teindah dna terkenal terakhir adalah Masjid Hassan II terletak di Casablanca, Maroko. Arsitektur luar biasa ini dibangun untuk memperingati ulang tahun ke-60 mantan raja. Seiring dengan menara 210mnya, masjid ini menjulang di atas lautan dengan penuh kelimpahan sebagai masjid terbesar ketiga di dunia. Ini memiliki lantai berpemanas, atap yang dapat dibuka, bagian dari lantai kaca dan juga lampu laser di atas menaranya, yang menunjuk ke Mekah setiap malam.

Dilansir dari havehalalwilltravel.com, Ini dimulai ketika Raja Hassan II menyatakan keinginannya agar kota itu "diberkahi dengan sebuah bangunan besar dan bagus yang dapat dibanggakan sampai akhir zaman" pada hari ulang tahunnya, karena fakta bahwa Casablanca tidak memiliki monumen bersejarah apa pun. macam. Tiga belas tahun kemudian, ia meresmikan Masjid Hassan II yang dibangun di atas singkapan berbatu di tanah reklamasi.

Tempat beribadah merupakan hal yang penting bagi umat beragama. Selain tempat suci untuk beribadah, Masjid juga menjadi tempat yang penuh dengan makna karena desainnya yang banyak mengandung arti. Masjid-masjid ini memiliki daya tarik yang membuatnya tidak heran menjadi masjid yang terindah dan terkenal di dunia. 

Bagi kamu yang berkesempatan untuk bisa datang dan melihat secara langsung keindahan masjid-masjid ini adalah beruntung. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan.   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya