Spesial Bagi Umat Kristiani, Ini 10 Fakta Menarik Paskah

Hari Paskah
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Minggu Paskah (juga dikenal sebagai Minggu Kebangkitan) adalah hari terpenting dalam setahun bagi orang Kristen, karena merupakan perayaan kebangkitan Yesus dari kematian. Melansir dari sykescottages, berikut fakta menarik tentang hari paskah yang harus kamu ketahui.

Fakta Baru Mayat Wanita dalam Koper, Arif Sudah 2 Kali Berhubungan Badan dengan Rini

1. Legenda Kelinci Paskah dimulai di Jerman

Hari Paskah

Photo :
  • pixabay
Mulia Banget! Usai Belajar Islam, Pendeta Brian Siawarta Ingin Layani Umat Muslim

Pernahkah kamu bertanya-tanya dari mana asal cerita Kelinci Paskah? Kita dapat mengatakan bahwa cerita kelinci membawa telur tidak masuk akal, jadi pasti ada alasan mengapa setiap tahun anak-anak terburu-buru untuk melihat suguhan apa yang ditinggalkan makhluk mitos ini untuk mereka.

Tapi sama seperti Sinterklas tidak memiliki makna Kristen untuk Natal, Kelinci Paskah juga tidak memiliki hubungan nyata dengan hari suci ini. Asal usul Kelinci Paskah berasal dari ratusan tahun, dimulai di Jerman pra-Kristen. Di sini, kelinci dikatakan sebagai simbol Dewi Musim Semi dan Kesuburan Pagan.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Ketika agama Kristen menyebar ke seluruh Eropa, tradisi Pagan dicampur dengan hari libur Kristen, yang melihat Kelinci Paskah meletakkan sarang telur berwarna-warni (hari ini, cokelat) untuk anak-anak yang berperilaku baik pada hari Minggu Paskah.

2. Liburan itu dinamai Dewi Anglo-Saxon, Eostre

Fakta menarik berikutnya yang kita miliki tentang Paskah adalah seputar pertanyaan: mengapa Paskah disebut Paskah?
Menurut para sarjana, hari libur Kristen ini dinamai dewi Anglo-Saxon, Eostre, yang digambarkan sebagai Dewi Kesuburan dan Dewi Fajar dan Cahaya. Dia dihormati di festival Pagan merayakan kedatangan musim semi, lebih lanjut menyoroti perpaduan tradisi Pagan dengan hari libur Kristen.

3. Lebih dari 1,5 juta Telur Cadbury Creme diproduksi setiap hari

Telur Paskah

Photo :
  • pixabay

Fakta Paskah menarik lainnya untuk kamu, Cadbury membuat 500 juta Telur Creme setiap tahun! Jika kamu menumpuknya di atas satu sama lain, itu akan menjadi 10 x lebih tinggi dari Gunung Everest. Pabrik Birmingham memproduksi 1,5 juta Creme Eggs setiap hari, dan Creme Egg adalah cokelat berbentuk telur paling populer di dunia.

4. Tindakan melukis telur berasal dari tradisi Ukraina

Selama beberapa generasi, orang Ukraina telah mendekorasi telur sebagai panggilan kepada Dewa dan Dewi kesehatan dan kesuburan. Tindakan tradisional pysanka ("pih-sahn-kah") ini dibuat dengan menggunakan lilin dan pewarna, tetapi kebiasaan penuh warna ini tidak berkembang sampai imigran Ukraina datang ke AS.

5. Telur Paskah terbesar di dunia memiliki berat 5000lbs

Hari Paskah

Photo :
  • pixabay

Berdiri dengan tinggi 31 kaki dan lebar 18 kaki adalah telur Paskah terbesar di dunia. Ditemukan di Vegreville, Alberta, Kanada, telur itu memiliki berat 5.000 pon dan membutuhkan waktu 12.000 jam untuk menyelesaikannya. Dinamakan Vegreville Pysanka, telur Paskah terbesar di dunia sebenarnya lebih merupakan jigsaw daripada patung, karena terbuat dari 3.500 keping aluminium.

6. Pretzel dulu diasosiasikan dengan Paskah

Ketika kita memikirkan Paskah, cokelat, roti panggang, dan telur biasanya muncul di benak. Tapi tahukah kamu bahwa pretzel juga merupakan camilan Paskah? Pretzel diasosiasikan dengan Paskah karena lilitannya menyerupai tangan yang bersilangan dalam doa. Sejak tahun 1950-an, sudah menjadi tradisi bagi orang Jerman untuk makan pretzel dan telur rebus untuk makan malam pada Jumat Agung.

7. Telur cokelat pertama di Inggris diproduksi di Bristol pada tahun 1873

Pernahkah kamu bertanya-tanya siapa yang memulai tren menyelipkan telur berbentuk cokelat di hari Minggu Paskah? Selama abad ke-19 keluarga Fry dari Bristol menjalankan pabrik cokelat terbesar di dunia dan memproduksi telur cokelat pertama, pada tahun 1873. Dua tahun kemudian pada tahun 1875 Cadbury membuat telur Paskah pertama mereka.

8. Di Jerman, menari pada Jumat Agung adalah ilegal

Pada Jumat Agung, yang merupakan awal dari akhir pekan Paskah, adalah ilegal untuk menari di depan umum di sebagian besar negara bagian di Jerman. Bahkan ibu kota clubbing Eropa, Berlin, menjadi zona bebas menari untuk menghormati hari keagamaan.

Di Baden-Württemberg, musik diperbolehkan dimainkan tetapi menari tidak diperbolehkan, sementara di Bavaria, jika kamu kedapatan memainkan musik apa pun di bar, kamu dapat didenda hingga 10.000 euro.

Jadi mengapa larangan boogie, Jerman? Pemikiran di balik larangan ini adalah untuk menghormati orang Kristen, yang berduka atas kematian Yesus pada Jumat Agung dan Minggu Paskah, dan di Jerman, hari-hari ini dianggap sebagai hari libur.

9. Paskah dirayakan pada hari Minggu setelah bulan purnama setelah tanggal 21 Maret

Pernah bertanya-tanya mengapa Minggu Paskah mengubah tanggal setiap tahun? Itu tergantung pada kalender lunar dan posisi bulan. Paskah sebenarnya jatuh pada hari Minggu pertama setelah bulan purnama yang terjadi pada atau setelah 21 Maret, yang dikatakan sebagai tanda dimulainya musim semi.

10. Pada tahun 2007, sebuah telur Paskah dijual seharga £9 juta

Telur Paskah

Photo :
  • pixabay

Mungkin telur termahal di dunia dijual di Christie's di London seharga £9 juta pada tahun 2007, memecahkan rekor Faberge.
Telur yang diemail berisi ayam jantan beraneka warna yang setiap jam keluar dari telur dan mengepakkan sayapnya, sebelum menganggukkan kepalanya tiga kali. Telur tersebut dibuat oleh Karl Fabergé di St Petersburg pada tahun 1902 dan merupakan telur terbesar kedua yang pernah dibuat oleh Fabergé.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya