Hari Kartini, Ini 5 Fakta RA Kartini Pejuang Hak Perempuan

RA Kartini.
Sumber :
  • Tropenmuseum

VIVA – Hari Kartini, fakta RA Kartini. Setiap tanggal 21 April akan diperingati sebagai Hari Kartini. Sejarahnya diperingati untuk mengenang sosok pahlawan wanita bernama Raden Adjeng Kartini atau biasa dikenal sebagai RA Kartini. Aktif memperjuangkan hak-hak perempuan, RA Kartini dikenal sebagai sosok emansipasi wanita. Dia juga disebut-sebut sebagai pelopor kebangkitan perempuan.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

RA Kartini juga menuliskan sebuah buku yang sangat populer berjudul 'Habis Gelap Terbitlah Terang'. Kartini merupakan perempuan yang sangat tangguh, bagaimana tidak Kartini selalu memperjuangkan hak-hak perempuan, selain itu ia juga memiliki keinginan untuk mencerdaskan perempuan Indonesia.

Berikut beberapa fakta RA Kartini, Pahlawan Nasional sebagai pejuang Perempuan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

1. Penulis Buku

RA Kartini.

Photo :
  • Tropenmuseum
2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Pahlawan Nasional yang memiliki nama lengkap Raden Ajeng Kartini telah menulis buku yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga sekarang yaitu 'Habis Gelap Terbitlah Terang' buku itu disusun oleh J.H Abendanon dalam bahasa Belanda. Sebetulnya dalam buku itu terdapat 150 surat, tetapi tidak semuanya ditampilkan kerana ada beberapa surat yang bersifat sangat sensitif.

Buku itu kemudian diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dengan menerbitkan sebanyak 100 surat, diantaranya 53 surat diberikan untuk sahabatnya yang berada di luar negeri yaitu Rosa Abendanon dan suaminya.

2. Museum RA Kartini

Kartini | Foto sourch Merahputih.com

Photo :
  • U-Report

Museum RA Kartini berada di Desa Panggang, Kecamatan Jepara yang didirikan pada 30 Maret 1975, Pada pembangunan museum ini ketika dalam pemerintahan Suwarno Djojo Mardowo. Dalam museum RA Kartini terdapat beberapa peninggalan Kartini dan juga menyajikan benda-benda warisan budaya yang berada di Jepara.

3. Mahir Bahasa Belanda

RA Kartini.

Photo :
  • Tropenmuseum

Meskipun tidak merasakan pendidikan yang tinggi RA Kartini mahir dalam menggunakan Bahasa Belanda dan memiliki tata bahasa yang cukup bagus, RA Kartini selalu menghabiskan waktu dengan membaca buku. Banyak orang-orang Belanda yang meragukan surat-surat yang dibuat oleh RA Kartini, yang pada akhirnya mereka percaya bawah surat-surat tersebut asli RA Kartini yang menulis.

4. Meninggal di Usianya Muda

RA. Kartini.

Photo :
  • U-Report

Dari pernikahannya dengan Raden Adipati Djojo Adiningrat, RA Kartini memiliki satu anak laki-laki yang bernama Soesalit Djojoadhiningrat yang lahir pada 13 September 1904, akan tetapi berselang empat hari kemudian tepatnya tanggal 17 September 1904 RA Kartini menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 25 tahun.

5. Dijadikan Nama Jalan di Belanda

RA Kartini tidak hanya terkenal di Indonesia aja, Nama RA Kartini terkenal sampai ke Belanda sebagai pejuang hak-hak perempuan. Sehingga pemerintahan Belanda membuat nama jalan di beberapa kota di Belanda yaitu di Utrecht, Venlo, Amsterdam dan Haarlem.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya