Perempuan Hebat! Ini 5 Kartini Modern Indonesia yang Membanggakan

RA Kartini.
Sumber :
  • Tropenmuseum

VIVA – Kartini Modern Indonesia, sebelum menilik lebih lanjut siapa sosok yang menjadi Kartini modern, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sosok Kartini yang sebenarnya, merupakan sosok yang memberikan makna paling kuat untuk kebebasan perempuan Indonesia.

Semangat Kartini, Kesetaraan dan Pemberdayaan Perempuan Terus Didorong

Sosok R. A Kartini

Raden Ajeng Kartini.

Photo :
  • Tropenmuseum
Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

R. A Kartini memperjuangkan diskriminasi dan mendorong perempuan untuk berani melawan stereotip yang menempel pada perempuan, seperti, perempuan hanya menjadi ibu rumah tangga saja. Kartini mengajarkan bagaimana perempuan harus lah yakin, karena sejatinya perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mengejar mimpi hingga mengenyam pendidikan tinggi.

Kartini juga membuka jalan lebar untuk perempuan dalam berkarya, hal ini tersemat pada kisah Kartini yang membuka ruang penyetaraan bagi perempuan yang tidak melulu tersekat pada ruang pengurusan rumah.

Kepemimpinan Perempuan di BUMN dan Cara BKI Lanjutkan Semangat Kartini

Kartini mengajarkan juga, bahwa perempuan dapat bebas berekspresi dalam mengutarakan pendapatnya, mimpinya, mewujudkan ide kreatif yang ada dalam dirinya hingga menyalurkan bakat dan tindakan lainnya yang bermanfaat bagi sekitarnya.

Hal terpenting yang R.A Kartini telah lakukan adalah membangkitkan kualitas hidup perempuan Indonesia. Semakin terbukanya ruang-ruang yang ramah bagi perempuan dalam meningkatkan kualitas hidupnya, peran dan kontribusi perempuan di dalam berbagai sektor, seperti sektor pembangunan dan meningkatkan partisipasi perempuan di semua bidang.

R.A Kartini telah membuka jalan bagi perempuan-perempuan Indonesia di massa modern ini dalam menjalankan kehidupan yang perempuan dapat pilih. Pilihan kehidupan tersebut menjadi hal yang dapat dibanggakan pada tatanan dunia. Berikut 5 sosok Kartini Modern yang membanggakan Indonesia;

1. Nicole Zefanya (NIKI)

Nicole Zefanya atau yang lebih dikenal dengan nama panggung nya yaitu Niki, merupakan seorang penulis lagu dan produser rekaman yang berasal dari Indonesia.

Bermula tahun 2014 Niki Zefanya mengawali karier nya dengan mengeluarkan sebuah single yang berjudul “Awali Hari dengan Cinta” di bawah Sony Music. Dua tahun berikutnya Niki menulis single lagu berjudul “Polaroid Boy”.

Niki Zevanya

Photo :
  • Instagram Niki Zevanya

Niki bergabung dengan label rekaman 88 Rising yang merupakan label para penggiat dan musik hip hop di Amerika Serikat. Semenjak itu Niki Zefanya terus membanggakan nama Indonesia.

Hal yang membanggakan Indonesia, Niki sempat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia di Head In The Clouds, di LA State Historic Park, Amerika Serikat (tepat di hari kemerdekaan Indonesia ke-74), Lagu-lagunya sangat populer dan pernah trending nomor satu di tangga lagu Korea Selatan.

2. Sri Mulyani

Tentu tidak asing dengan nama Sri Mulyani, Menteri keuangan Indonesia ini telah mendapat berbagai penghargaan Internasional atas kontribusi nya di bidang ekonomi. Sri Mulyani sempat menjabat sebagai pelaksana Bank Dunia. Ia merupakan perempuan Indonesia pertama yang menduduki posisi tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kantornya.

Photo :
  • instagram @smindrawati

Sri Mulyani masih berbagai macam penghargaan, salah satunya ia masuk ke dalam Perempuan Paling Berpengaruh di dunia versi Forbes pada tahun 2008, 2011, 2013, 1014, 2016, dan 2018.

3. Susi Susanti

Dalam dunia olahraga, atlet bulu tangkis Susi Susanti mendapat pengakuan Internasional. Pengakuan tersebut di dapatnya saat merebut kembali medali emas pada Olimpiade Barcelona di tahun 1992.

Pebulutangkis Indonesia Susi Susanti

Photo :
  • VIVA.co.id/Purna Karyanto

Selain Olimpiade, perempuan kelahiran Tasikmalaya ini sukses juga merebut medali emas di All England, hingga kejuaraan dunia IBF. Atas prestasi tersebut, Susi Susanti mendapatkan tanda kehormatan Republik Indonesia yaitu Bintang Jasa Utama 1992 dan masuk The Badminton Hall of Fame 2004.

4. Butet Manurung

Bidang kependidikkan, Butet Manurung merupakan penggagas sekolah rimba yang membantu pemerataan pendidikan di seluruh Indonesia. Ia menjadi pelopor berdirinya sekolah untuk anak-anak di pelosok Indonesia melalui yayasan Sokola.

Buku The Jungle School Karya Butet Manurung

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Berkat upayanya Butet mendapatkan “Heroes of Asia Award 2004” dan juga dinobatkan sebagai salah satu perempuan berpengaruh versi majalah Globe Asia.

5. Rini Sugianto

Rini Sugianti merupakan seorang animator serta visual efect perempuan Indonesia yang kini berkarier di California. Ia mengawali karier sebagai animator untuk beberapa games sinematik, kemudian mendapat panggilan sebagai character animator di New Zealand yang menangani film animasi The Adventures of Tintin.

Rini Sugianto

Photo :
  • VIVA / Ricky Anderson

Setelah menangani film animasi tersebut, kesempatan karier Rini pun semakin meluas. Ia pun terlibat dalam sederet fim box office seperti Iron Man 3 (2013), Hunger Games: Catching Fire (2013), The Avenger: Age Of Ultron (2015), dan Teenage Mutant Ninja Turtles musim kesatu dan kedua (2014 & 2016).

Itu 5 Kartini Modern yang membanggakan Indonesia di sektor bidang kemampuan mereka menggeluti kehidupan, perempuan Indonesia yang hebat saat ini tak terlepas dari kontribusi R.A. Kartini di masa lalu dengan pemikirannya untuk memerdekakan hak-hak perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya