4 Fakta Menakutkan Medusa, Gorgon Yunani Berambut Ular

Medusa
Sumber :
  • maxresdefault

VIVA – Fakta menakutkan Medusa yang mungkin adalah salah satu makhluk Mitologi Yunani yang paling populer. Hampir tidak ada orang yang belum pernah melihat wajahnya karena sering masuk ke dalam film, seperti Clash of Titans, Percy Jackson, bahkan dalam pakaian merek seperti Versace, video game seperti God of War, dan Assassin's Creed, buku seni grafis, atau TV . Itu karena kepala Medusa yang iconic menjadikan imajinasi modern. Orang-orang, yang tertarik atau terlibat dengan seni, mengetahui Medusa karena lukisan dan patung. Beberapa menganggap Medusa sebagai simbol feminitas yang tak kenal takut dan yang lain menganggapnya sebagai penjahat mimpi buruk. 

Fakta Baru Mayat Wanita dalam Koper, Arif Sudah 2 Kali Berhubungan Badan dengan Rini

Sudah banyak tersebar fakta-fakta mengenai Medusa. Mulai dari diperkosa hingga melahirkan dua anak. Di bawah ini merupakan empat fakta tentang Medusa yang populer. Empat fakta ini dilansir dari berbagai sumber. 

1.  Medusa Diperkosa

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Medusa

Photo :
  • gobookmart

Fakta yang pertama adalah Medusa pernah diperkosa. Mitologi Yunani memang menarik, tetapi jika yang menjalaninya seorang wanita sangatlah menakutkan. Sebelum berubah menjadi monster dengan kepala penuh ular, Medusa adalah seorang gadis muda yang cantik. Sayangnya, kecantikannya menjadi objek keinginan Poseidon. Dikutip dari gobookmart.com, Menurut penyair Romawi Ovid, Poseidon memperkosa Medusa di dalam kuil Athena. Banyak ulama berpendapat jika insiden itu suka sama suka. Sumber-sumber Yunani tidak pernah berbicara tentang Medusa yang diperkosa; hanya Ovid yang berbicara tentang dewa laut yang melanggar Medusa yang indah, tetapi tidak semua orang setuju dengan terjemahannya.

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

2.  Athena Membencinya

Athena

Photo :
  • unsplash,com

Athena mengubah Medusa menjadi monster. Rambut wanita cantik yang dulu mengundang pujian kini menjadi ular berbisa. Medusa menjadi Gorgon. Medusa adalah salah satu dari tiga Gorgon. Dia memiliki dua saudara perempuan Euryale dan Stheno, dan orang tua mereka bernama Phorcys dan Keto. Tidak banyak informasi yang tersedia tentang Gorgon selain bahwa Medusa fana dan saudara perempuannya tidak. Meskipun tidak ada penjelasan tentang penampilan Gorgon, seniman kuno menggambarkan mereka mirip dengan Medusa.Athena memiliki dendam terhadap Medusa dan tentu saja dia tidak merasa puas bahkan setelah menghukumnya dan mengubahnya menjadi monster. 

3.  Perseus dan Medusa

Perseus memegang kepala Medusa

Photo :
  • pixabay

Sebelum menemui Medusa, Perseus melengkapi dirinya dengan sabit adamantine, kibisis (tas atau dompet untuk menempatkan kepala Medusa), helm Hades, yang bisa membuat pemakainya tidak terlihat, dan satu set sandal bersayap yang dipinjamkan oleh Mercury. 

Mendapatkan benda-benda ini bukanlah tugas yang mudah. Sendirian, Perseus bahkan tidak akan mendekati untuk mendapatkannya. Dilansir oleh thecollector.com,  sang pahlawan mendapat bantuan Athena. Dia membawanya ke tiga Graeae, yang tahu lokasi rahasia nimfa Stygian. Setelah menipu Graeae, Perseus menemukan nimfa yang melengkapinya dengan semua benda yang disebutkan sebelumnya. Selain itu, Athena memberinya perisai.

Perseus pergi ke gua Medusa Gorgon, di mana dia menemukannya tidur dengan Gorgon lainnya. Mendekati diam-diam, dia memunggungi monster itu untuk menghindari menatapnya secara langsung. Sebagai gantinya, dia menggunakan pedang emasnya atau perisai yang diberikan Athena sebagai cermin untuk menyelinap mendekati targetnya dan memenggalnya dengan sabitnya.
Dengan gerakan cepat, dia mengambil kepalanya, memasukkannya ke dalam tasnya, menggunakan helm Hades agar tidak terlihat, dan menggunakan sandal bersayap untuk terbang menjauh dari para Gorgon yang mengejarnya.

Tambahan dari gobookmart.com, setelah membunuh Medusa, ketika Perseus dalam perjalanan kembali dengan kepalanya untuk menyerahkannya kepada Polydektes, raja Seriphos, dia menghadapi banyak rintangan. Banyak petualangan yang mengancam nyawa Perseus disembuhkan dengan bantuan kepala Medusa. Pertama kali ia menggunakannya untuk melawan Atlas, yang menyebabkan terbentuknya Gunung Atlas yang ada di Afrika. Dia menggunakannya untuk membunuh monster Keto dan salah satu pelamar Andromeda bernama Pinus, karena Perseus jatuh cinta pada Andromeda. Ketika Perseus akhirnya kembali ke Seriphos, dia mengangkat kepala Gorgon Medusa dan membunuh raja Polydektes yang mencoba menikahi Danae, ibu Perseus di luar kehendaknya.

4.  Medusa Melahirkan Pegasus

Pegasus

Photo :
  • pixabay

Setelah Medusa mati ditangan Perseus, dua anak keluar dari tubuh Medusa. Ketika Medusa diperkosa oleh Poseidon, tampaknya dia hamil tetapi untuk beberapa alasan, tidak pernah melahirkan. Dua anak tersebut adalah Chrysaor dan Pegasus. Chrysaor menjadi ayah dari raksasa berkepala tiga (atau bertubuh tiga) Geryon yang terutama dikenal melalui pertarungannya dengan Hercules. Pegasus adalah kuda bersayap dan salah satu makhluk mitologi paling terkenal. Kelahiran Pegasus juga ada hubungannya dengan Poseidon yang seorang dewa kuda.  

Empat fakta Medusa ini akan menggambarkan sedikit fakta tentang Medusa yang dijuluki sebagai monster. Ternyata ia mempunyai masa lalu yang kelam yaitu pernah diperkosa oleh Poseidon. Banyak sumber yang berbeda-beda menggambarkan seorang Medusa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya