5 Tips Sederhana Memilah Sampah, Bisa Dilakukan di Rumah

Memilah sampah
Memilah sampah
Sumber :
  • waste4change

VIVA – Sebagian besar orang tidak menganggap pemilahan sampah sebagai hobi masa lalu mereka. Hampir tidak ada yang benar-benar menyukai gagasan memasukkan tangan mereka ke tempat sampah, mengambil sayuran busuk dari kertas, membuka daging busuk yang sudah lewat dari bungkus plastiknya, menuangkan soda susu selama seminggu dari kalengnya.

Hei, bahkan gagasan untuk memisahkan sampah kita sebelum membuangnya ke tempat sampah tidak terlalu menyenangkan bagi sebagian orang. Lagi-lagi waktu dan tenaga dihabiskan untuk memikirkan mana yang organik dan mana yang sampah non-organik, kenapa kita harus repot dengan itu?

Nah, coba tebak. Seseorang memang dibayar untuk melakukan pekerjaan pemilahan sampah. Sebuah mesin yang satu-satunya pekerjaan adalah untuk memisahkan sampah kita sehari-hari juga ada—hidup dan berjalan.

Namun, para pekerja dan mesin hanya dapat melakukan begitu banyak; pekerjaan memilah sampah hanya akan dilakukan dengan sempurna jika semua orang melakukan bagian tugas mereka.

Dan mengapa itu harus dilakukan dengan sempurna? Karena efek yang tidak diinginkan dari limbah campuran kita masih mengancam kita, melarutkan bahan berbahaya dan beracun ke tanah kita, menghasilkan gas berbahaya di tempat pembuangan sampah kita—membahayakan ozon bumi kita dan orang-orang yang bekerja di sekitarnya. Juga, penurunan kualitas produk daur ulang kita di masa depan.

Ini mungkin terlihat seperti waktu ekstra, tetapi sungguh, perhatian dasar ini akan menghemat banyak hal. Salah satu hal terpenting yang akan Anda ambil bagian dalam penyelamatan adalah lingkungan kita, dikutip dari waste4change.

5 Hal yang perlu diingat