5 Iklan dengan Budget Termahal Sepanjang Masa

Ilustrasi menonton televisi.
Ilustrasi menonton televisi.
Sumber :
  • Pixabay/mojzagreb

VIVA – Iklan memang menjadi suatu yang penting dalam bisnis untuk memasarkannya kepada konsumen. Biasanya untuk mendapatkan konsumen yang tepat, sebuah perusahaan akan memasang iklan untuk mempromosikannya. Biaya yang dikeluarkan untuk iklan sendiri tidak murah dan bahkan bisa sangat mahal

Iklan-iklan yang ditampilkan di televisi dan billboard biasanya akan sangat mahal dibandingkan dengan biaya iklan media online atau google sekalipun. Lalu, apa saja iklan-iklan dengan budget yang mahal? Mengutip dari opploans.com, berikut ini Iklan termahal sepanjang masa. 

1. Chanel “The Film” (2004) – (481 miliar)

Iklan termahal sepanjang masa yang ada di urutan pertama ada iklan parfum Chanel. Meskipun iklan ini sudah lama, namun tetap menjadi yang termahal sepanjang masa. Iklan ini dibintangi Nicole Kidman dan disutradarai oleh Baz Luhrmann dengan merogoh budget sebesar $33 juta atau setara dengan Rp481 miliar. Iklan berdurasi tiga menit ini tak hanya menampilkan bakat Kidman dan Luhrmann, tetapi juga rancangan busana dari Karl Lagerfeld dan nilai produksi yang patut diperhitungkan. 

2. Guinness “Tipping Point” (2007) – (233 miliar)

Iklan yang satu ini menghabiskan budget sebesar Rp233 miliar dan menjadi iklan termahal sepanjang masa yang ada di urutan kedua. Lokasi syuting iklan ini dilakukan di desa kecil Iruya di Argentina yang tentu budgetnya tidak murah. Iklan ini berupa serangkaian domino dari barang-barang bekas seperti lemari es dan mobil menyala yang saling bertabrakan, semuanya mengarah ke patung besar pint Guinness.

Menggabungkan biaya material yang mahal dengan kebutuhan akan presisi untuk mendapatkan setiap bidikan yang tepat, iklan ini menunjukkan betapa bagusnya anggaran yang besar, tetapi ide yang luar biasa  tetap lebih baik.