5 Alasan Kuli Bangunan Kebanyakan Berasal dari Jawa

Kuli Bangunan
Kuli Bangunan
Sumber :
  • lifepal

VIVA Lifestyle – Istilah kuli Jawa mungkin sudah tidak terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, tahukah kamu kenapa kebanyakan tukang atau kuli bangunan berasal dari Jawa? Tak di pungkiri kalau tenaga proyek di sejumlah daerah umumnya berasal dari tanah Jawa

Hal ini sering terlintas di pikiran mengapa kuli Jawa terkenal dan kerap terlibat dalam sejumlah proyek bangunan. Kuli yang berasal dari daerah Jawa sering dicari dan pilihan utama bagi sejumlah mandor atau para kontraktor.

Lantas, apa istimewanya kuli Jawa sehingga jadi primadona dalam suatu proyek pembangunan rumah atau sarana lainnya? Bahkan, mereka juga kerap terlibat mengerjakan proyek nasional milik pemerintah. Simak penjelasan nya di bawah ini!

1. Sejak Zaman Kerajaan Kuno

Sejumlah benda pusaka Kerajaan Singhasari yang disimpan di Museum Ganesya, Malang, Jawa Timur.

Sejumlah benda pusaka Kerajaan Singhasari yang disimpan di Museum Ganesya, Malang, Jawa Timur.

Photo :
  • VIVAnews/Lucky Aditya

Siapa sangka kalau tukang bangunan dari Jawa dikenal sejak zaman kerajaan Nusantara. Para pekerja konstruksi pembuatan candi, cagar budaya, dan struktur bersejarah adalah kuli dari warga setempat.

Menurutnya, mereka mendominasi pekerjaan konstruksi di seluruh Indonesia sejak Indonesia belum merdeka. Artinya, tren tersebut sudah ada sejak zaman kerajaan Nusantara hingga saat ini.