Atheis dan Jomblo Makmur, Ini 7 Fakta Negara Swedia

bendera swedia
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Swedia merupakan negara Nordik di Skandinavia, Eropa Utara yang berbatasan dengan Norwegia di bagian barat, Finlandia di bagian timur laut, Selat Skagerrak dan Selat Kattegat di bagian barat daya dan Laut Baltik dan Teluk Bothnia di bagian timur. Ternyata negara ini menyimpan banyak fakta menarik di dalamnya. Apa saja? Mengutip dari Life in Norway dan sumber lainnya, berikut ini beberapa fakta negara Swedia yang bisa kamu ketahui. 

Detik-detik 2 Pemuda Ditangkap Warga Gegara Dikira Bandar Narkoba, Polisi Ungkap Faktanya

1. Ada hotel yang terbuat dari es

Bar Es di Ice Hotel Swedia

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Putusnya dengan Nikita Mirzani, Rizky : Nanti Saya Buka Boroknya

Swedia adalah rumah bagi hotel es terkenal yang ada di desa Jukkasjärvi. Hotel ini dibuat setiap tahun dari balok es seberat dua ton dari Sungai Torne di dekatnya. Hotel ini dibuat saat musim dingin tiba di Kutub Utara. Para pembangun dan seniman sama-sama bekerja untuk membuat hotel es yang unik ini. Meskipun hotel ini terbuat dari es, tapi tempat ini tetap dilengkapi dengan alarm kebakaran. 

2. Banyak penduduk yang jomblo

Pemilu di AS dan Eropa Diprediksi akan Pengaruhi Iklim Investasi Indonesia

Ilustrasi wanita jomblo.

Photo :
  • U-Report

Fakta negara Swedia yang menarik adalah bahwa kebanyakan penduduknya adalah jomblo. Hal itu dikarenakan mereka tak suka pacaran dan memiliki rasa enggan untuk memiliki hubungan pernikahan. Mereka juga sangat menghargai kemandirian. Bagi orang Swedia, pernikahan dirasa membebankan. Jangankan menikah, status pacaran saja dinilai terlalu mengikat.

Diketahui hampir setengah rumah tangga di negara ini adalah orang dewasa tanpa anak. Bahkan kasus perceraian pun jadi sangat tinggi di Eropa. Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki keturunan. Tapi mereka lebih suka tinggal bersama dibandingkan terikat hubungan pernikahan aau memiliki anak tanpa harus menikah. 

3. Negara dengan penganut atheis terbanyak di dunia

foto atheis dan agnostik.

Photo :
  • google.com

Negara Swedia diketahui menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan penganut atheis terbanyak di dunia. Menurut world population review, ada sekitar 73% penduduk di Swedia yang tidak memiliki agama atau atheis.

4. Memiliki jumlah restoran McDonald's terbanyak di Eropa

Restoran cepat saji McDonald's kini dapat ditemukan hampir di mana saja di belahan dunia. Meskipun orang Swedia tidak dikenal obesitas atau tidak sehat, tapi ternyata Swedia memiliki jumlah restoran McDonald's per kapita terbanyak di seluruh Eropa.

Saat ini ada 220 restoran McDonald's di Swedia. Perlu diketahui bahwa McDonald's Swedia tidak seperti McDonald's Amerika. Karena sekitar 10% orang Swedia adalah vegan atau vegetarian, McDonald's Swedia melayani basis pelanggan yang berbeda dan lebih sedikit makan daging.

5. Kopi Swedia dan budaya makanan

Ilustrasi minum kopi.

Photo :
  • U-Report

Kopi adalah raja di bagian utara. Faktanya, orang-orang Nordik menempati urutan teratas dalam daftar peminum kopi terbesar di dunia. Rehat kopi begitu mendarah daging dalam budaya, khususnya di Swedia sehingga ada kata khusus untuk itu yang disebut sebagai fika. Saat berkunjung, jangan lewatkan momen damai duduk di kafe dengan minuman panas dan roti gulung kayu manis yang hangat.

6. Negara pengimpor limbah

Ilustrasi sampah.

Photo :
  • Pixabay

Fakta negara Swedia yang lainnya adalah mereka sangat pandai mendaur ulang sampah, sehingga saat ini dikenal sebagai negara pengimpor limbah dan menghasilkan banyak uang dari itu. 

Daur ulang limbah Swedia dianggap memiliki salah satu standar tertinggi di dunia. Namun, masih banyak yang harus diperbaiki karena hanya 20% dari semua sampah plastik yang didaur ulang, sedangkan sisanya dibakar.

7. Swedia memiliki kebebasan untuk berkeliaran

Wanita di negara Swedia.

Photo :
  • U-Report

Swedia adalah salah satu negara di dunia yang memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk menjelajah alam. Artinya, tidak perlu membayar untuk mendirikan tenda atau mendapatkan izin untuk melintasi lahan pribadi.

Satu-satunya pengecualian adalah taman pribadi, di dekat rumah tinggal atau tanah yang ditanami. Selain itu, kamu bebas berjalan, bersepeda, bermain ski, berkemah, dll. Akan tetapi satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah menghormati alam dan tidak membuang sampah sembarangan.

Kebebasan berkeliaran dan hak atas akses publik juga memungkinkan pengunjung dan penduduk setempat memetik buah beri liar, bunga, dan jamur. Berenang di danau juga diperbolehkan, dan ada sekitar 100.000 danau Swedia yang dapat dipilih di seluruh negeri, dari utara hingga selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya