Healing Pakai Musik Ampuh Cegah Stres Hingga Jaga Imun

Ilustrasi mendengarkan musik.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Selalu ada musik yang hadir yang berkaitan dengan suasana hati Anda. Tak terkecuali untuk membantu tubuh dan otak memproses 'penyembuhan', khususnya di era pandemi COVID-19 yang rentan memicu stres.

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Musik adalah seni mengekspresikan ide dan emosi dalam bentuk yang indah seperti ritme, melodi, nada, harmoni, senandung, dan lain-lain. Musik juga merupakan perasaan yang dicintai oleh semua orang. Berikut manfaat musik sebagai penyembuh dan pengobatan alami pada tubuh, dikutip dari laman India Today.

Musik mengurangi stres dan kecemasan
Penelitian telah menunjukkan bahwa mendengarkan musik dengan tempo lambat atau instrumentasi dapat membuat orang merasa nyaman dan tenang bahkan selama peristiwa yang sangat menegangkan atau menyakitkan. Musik dapat mencegah kecemasan, meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Musik mengurangi rasa sakit
Musik memiliki kemampuan unik untuk berkontribusi pada manajemen nyeri. Dalam sebuah penelitian oleh Pusat Informasi Bioteknologi Nasional, pasien yang menjalani operasi tulang belakang diinstruksikan untuk mendengarkan musik yang diinginkan beberapa jam sebelum operasi mereka dan sampai hari berikutnya setelah operasi mereka. Ketika diukur pada tingkat nyeri pasca operasi, kelompok tersebut memiliki rasa sakit yang jauh lebih sedikit daripada kelompok yang tidak mendengarkan musik.

Ilustrasi Musik

Photo :
  • pixabay
Festival Pameran K-Pop Terbesar Siap Digelar 45 Hari! Musik, Film, Merchandise Ada di Sini

Musik dapat meningkatkan kekebalan
Imunoglobulin A (IgA) adalah antibodi penting untuk lini pertama sistem kekebalan pertahanan kita. Menurut penelitian, sekelompok orang disibukkan dengan berbagai jenis musik selama beberapa waktu. Orang-orang yang mendengarkan musik yang menenangkan memiliki peningkatan IgA yang alami daripada yang lain. Oleh karena itu, paparan musik yang menenangkan dapat meningkatkan kekebalan.

Musik membantu kita untuk berolahraga
Banyak dari kita suka mendengarkan berbagai jenis musik saat berolahraga. Musik membantu kita untuk berkonsentrasi pada latihan sehingga mengalihkan perhatian kita dari melihat jam tangan lagi dan lagi. Musik upbeat dianjurkan saat berolahraga untuk meningkatkan asupan oksigen.

Musik membantu kita tidur nyenyak
Mendengarkan musik juga dapat berkontribusi pada relaksasi dengan menenangkan sistem saraf otonom yang bertanggung jawab untuk mengendalikan proses otomatis atau tidak sadar. Musik meningkatkan kualitas tidur melalui bagian menenangkan dari sistem saraf otonom, yang menyebabkan pernapasan lebih lambat, detak jantung stabil, dan penurunan tekanan darah, demikian menurut Sleep Foundation.

Ilustrasi orang sedang Mendengarkan musik

Photo :
  • pixabay.com

Mendengar musik tentu paling menyenangkan jika tanpa ada gangguan, salah satunya dengan mengenakan earphone. Untuk memenuhi kebutuhan audio nirkabel yang semakin me ningkat, kehadiran TWS (True Wireless Stereo) dari Aukey dapat menjadi salah satu alternatif kebutuhan audio dimanapun kita berada. Sebagai teman di berbagai aktivitas, TWS Aukey juga dapat dijadikan sebagai perangkat audio untuk hiburan, bekerja, berolahraga di luar ruangan mulai dari jogging, bersepeda dan kegiatan lainnya hingga saat bersantai.

“Sebagai perusahaan yang telah menjadi perintis berbagai aksesoris gadget dan consumer electronics terkemuka, termasuk aksesoris audio nirkabel, kami sangat senang diberikan kesempatan untuk ikut dalam Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale," ujar Jason Lordano, Aukey Account Manager.

Sebelum membeli TWS, penting bagi kalian untuk mengetahui apa saja kelebihan yang harus diperhatikan agar tidak salah pilih. Simak beberapa tips berikut dalam memilih TWS:

Desain Unik, Mini, dan Ringan
Tips pertama adalah perhatikan desainnya untuk mendukung aktivitas dan penampilan. Agar lebih mudah, perhatikan bentuk earbuds, case dan warnanya. Biasanya ukuran yang kecil dan ergonomis digenggam akan membuat penggunaan lebih nyaman ketika digunakan maupun saat disimpan. Seperti halnya Headset/TWS Aukey EP-T21P yang dapat menjalankan beberapa fungsi tersebut, melalui Wireless Charging Earbuds berukuran 10mm Drivers IPX6.

Hadir dengan Teknologi Terkini 
TWS Aukey yang dilengkapi dengan Bluetooth 5.0 yang membuatnya lebih cepat tersambung, teknologi Hi-Fi Audio yang membuat suaranya memiliki kualitas tinggi, touch control memudahkan untuk menjawab telepon, play atau pause musik dan asisten suara, lalu noise cancelling microphone membantu meminimalisir masuknya suara yang tidak diinginkan, serta fitur open & connect yang akan langsung otomatis terhubung ke smartphone saat membuka case.

Water Resistant dan Baterai Tahan Lama

Daya tahan baterai menjadi hal yang harus diperhatikan dalam memilih TWS. TWS juga harus aman saat digunakan maupun saat tidak digunakan dan tahan lama, maka dari itu, ada baiknya untuk memilih TWS yang memiliki kedua hal tersebut. Seperti TWS Aukey EP-T21P, yang dilengkapi dengan IP6 yang membuatnya tahan terkena cipratan air dan cocok digunakan saat olahraga serta memiliki baterai yang tahan lama, ditambah dengan daya tahan baterai sampai 5 jam untuk earbuds ditambah 25 jam pada casenya.

Harga Terjangkau

TWS Aukey EP-T21P memiliki harga terjangkau dan spesial diskon di Shopee - sudah dapat merasakan berbagai teknologi canggih dan juga model yang unik, konektivitas Bluetooth yang cepat, smart tap control, dan lainnya. TWS dari Aukey ini hadir dengan harga spesial khusus untuk pembelian di Shopee dengan diskon 70 persen.

Dalam gelaran Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale pada tanggal 20 Juni hingga 7 Juli 2022, Aukey memberikan penawaran diskon spesial hingga 96 persen untuk menemani para pengguna gadget dalam berbagai aktivitas sehari-hari. 

Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia mengatakan, melihat tren perkembangan teknologi yang semakin pesat, Shopee senantiasa menghadirkan rangkaian produk gadget terbaik untuk membantu dan mendukung aktivitas sehari-hari pengguna agar semakin mudah dan produktif. 

"Bersama dengan produk gadget berkualitas dan teknologi canggih dari Aukey, kami yakin dapat membantu pengguna dalam melakukan aktivitas dengan lebih praktis dan simpel, khususnya untuk memenuhi kebutuhan aksesoris audio nirkabel. Kami harap melalui kerja sama dengan Aukey serta kemeriahan Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale yang menyediakan berbagai varian produk serta penawaran menarik ini, dapat menjadi momen yang tepat untuk memenuhi kebutuhan barang elektronik pengguna," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya