5 Mitos Pernikahan dalam Adat Jawa, Wajib Diikuti?

Pernikahan adat Jawa
Pernikahan adat Jawa
Sumber :
  • Pixabay/ Endho

VIVA Lifestyle – Menikah menjadi salah satu yang diinginkan hampir oleh kebanyakan orang sebagai sebuah ibadah dan untuk melanjutkan keturunan. Namun biasanya ada beberapa mitos pernikahan yang harus diperhatikan dalam adat Jawa sebelum pasangan melangsungkan pernikahan mereka. 

Seperti yang diketahui bahwa suku Jawa di Indonesia memang memiliki tradisi adat istiadat yang masih cukup kental. Apalagi dalam hal pernikahan, apa saja mitos pernikahan tersebut? Melansir dari berbagai sumber, berikut ini sejumlah mitos pernikahan adat Jawa. 

1. Larangan menikah anak pertama dengan anak ketiga

Ilustrasi pasangan.

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • Freepik/halayalex

Dalam adat Jawa ada yang namanya pernikahan siji karo telu (Jilu) atau anak pertama dilarang menikah dengan anak ketiga. Masyarakat Jawa sebagian besarnya masih menilai bahwa pernikahan Jilu sebaiknya dihindari. Hal itu dikarenakan masyarakat Jawa mempercayai bahwa pernikahan tersebut akan mendatangkan banyak cobaan dan masalah. Mengapa mitos tersebut bisa muncul? Karena berdasarkan karakter anak pertama dan ketiga yang berbeda dipercaya dapat menimbulkan masalah. 

2. Larangan menikah untuk sesama anak pertama

Ilustrasi pasangan.

Ilustrasi pasangan.

Photo :
  • U-Report