Hebat, Ini 5 Fakta Menakjubkan Kota Kuala Kencana di Timika Papua

kota kuala kencana
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kota Kuala Kencana merupakan salah satu distrik di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua. Kota seluas 511 kilometer persegi memiliki populasi penduduk sekitar 2.010 jiwa.

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia,Tegal Termasuk?

Kota mandiri ini terdiri dari satu kelurahan dan enam kampung, yakni Kelurahan Kuala Kencana, Kampung Iwaka, Kampung Naena Muktipura, Kampung Karang Senang, Kampung Mulia Kencana, Kampung Utikina Baru, dan Kampung Bhintuka.

Lokasi Kuala Kencana sekitar 15 menit dari Timika dan menjadi salah satu pusat administrasi dan pemukiman pekerja PT Freeport Indonesia. Dahulu, kota ini bernama Kota Baru, tetapi pada 1995 diubah menjadi Kuala Kencana atau Belanga Emas oleh Presiden Soeharto.

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Lalu, Fakta-fakta mengejutkan dan menakjubkan dari kota Kuala kencana ini, simak ulasan Viva yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Kawasan Terbatas

Terpopuler: 5 Kota Berbiaya Hidup Termahal di Indonesia, hingga Profil Mooryati Soedibyo

kota kuala kencana

Photo :
  • U-Report

Kuala Kencana bukan merupakan kawasan wisata namun sebuah distrik di Kabupaten Mimika yang berisi komplek hunian berfasilitas lengkap.

Kuala Kencana merupakan kawasan terbatas sehingga tidak sembarang orang bisa memasuki kawasan ini. Setiap orang yang masuk harus menunjukkan kartu identitas atau surat izin tertentu agar diizinkan masuk.

Begitu juga dengan kendaraan yang hendak keluar masuk akan melewati pemeriksaan ketat dan menyeluruh oleh petugas keamanan di pos pemeriksaan perbatasan Timika-Kuala Kencana.

2. Alun-alun Kota Menghadap Kiblat

Kuala Kencana memiliki sebuah alun-alun yang terbilang cukup unik karena dirancang ala bangunan Jawa.

Alun-alun berbentuk persegi panjang dengan sisi baratnya terdapat sebuah masjid bernama Masjid Baitur Rahim. Sementara di sebelah timur terdapat Gereja Betlehem yang berbentuk seperti rumah Honai.

Di tengah alun-alun dipasang sebuah tugu karya pematung ternama, Nyoman Nuarta yang menggambarkan kelima sila dari Pancasila. Menariknya, alun-alun ini tepat mengarah ke kiblat atau kakbah yang berada di Mekah.

3. Sistem Utilitas Bawah Tanah

Kota yang berada di pulau Papua ini diklaim sebagai kota pertama di Indonesia yang menerapkan sistem utilitas, meliputi listrik, air, dan komunikasi bawah tanah. Selain itu kota ini juga diklaim sebagai kota yang memiliki sistem pengolahan air kotor.

Air kotor akan disalurkan ke pusat pengolahan limbah sehingga tidak limbah lingkungan yang ada di sekitarnya. Air keran yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk memiliki standar tinggi serta aman untuk langsung dapat dikonsumsi.

4. Rumah-rumah Berhalaman Luas

Perumahan di kawasan Kuala Kencana tidak seperti kawasan hunian orang Indonesia kebanyakan. Rumah-rumah dibangun tanpa pagar dilengkapi halaman luas, dengan gaya bangunan modern.

Susunan juga teratur dan rapi seperti menyatu dengan kondisi alam di dataran rendah. Beberapa kompleks pemukiman warga Kuala Kencana secara administratif antara lain RW A atau Bumi Satwa Indah, RW B atau Tirta Indah, kompleks Apartemen, kompleks Jl. Bougenville, dan yang terakhir adalah Bachelor's Quarter.

5. Suasana Asri dan Ramah Lingkungan

Lingkungan di Kuala Kencana sangat bersih dan asri, dengan banyak taman dengan pemandangan rumput hijau dan pepohonan di kawasan tersebut.

Pembangunan kawasan Kuala Kencana memang menerapkan konsep keserasian dengan alam dengan mempertahankan banyak kawasan hijau. Hal ini membuat Kuala Kencana dikenal sebagai kota modern dengan konsep ramah lingkungan.

Nah, itu 5 fakta kota Kuala Kencana yang sangat modern dan ada di Papua Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya