5 Tempat Angker di Jawa Tengah, Kisah di Baliknya Bikin Merinding

Hutan Gunung Lawu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Siswowidodo

VIVA Lifestyle – Ada berbagai mitos yang berembang dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia, apalagi menyinggung hal-hal mistis. Seperti yang diketahui banyak cerita-cerita mistis yang tidak habis dibicarakan, termasuk tempat-tempat angker

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Sejatinya ada banyak tempat angker yang tersebar di wilayah Indonesia, namun pada kali ini kita akan membahas sejumlah tempat angker di Jawa Tengah yang dipercaya memiliki sesuatu yang mistis. Seperti yang diketahui bahwa pulau Jawa sendiri dikenal dengan tempat-tempat angkernya. Lantas, apa saja itu? Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini tempat angker di Jawa Tengah.

1. Alas Roban

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Alas Roban, Jawa Tengah.

Photo :
  • U-Report

Tempat angker di Jawa Tengah yang pertama ada Alas Roban yang dianggap menyeramkan dan dianggap mistis. Alas Roban dijadikan sebagai nama hutan yang dijadikan jalan penghubung kota-kota yang ada di Jawa Tengah. Pembangunan Alas Roban dikenal sebagai pembangunan berdarah karna dibangun oleh pekerja rodi, korban kerja paksa di zaman Belanda. 

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Konon, Alas Roban menjadi tempat para mayat pekerja korban penembakan misterius dibuang di hutan tersebut. Alas Roban juga memiliki sejarah kelam karena rentetan kecelakaan yang menelan banyak korban. Banyak masyarakat percaya bahwa arwah penasaran yang bersemayam di tempat angker tersebut kerap mengganggu manusia yang melintas. 

2. Lawang Sewu

Lawang Sewu.

Photo :
  • U-Report

Lawang Sewu merupakan bangunan angker bergaya Eropa yang sempat menjadi penjara penyiksaan di zaman penjajahan Jepang. Sehingga diketahui banyak memiliki kisah mistis di baliknya. Terdapat beberapa titik di Lawang Sewu yang terkenal angker seperti lorong hantu, sumur dan pintu masuk utamanya. Konon, kerap terdengar suara jeritan dan bau anyir di Lawang Sewu.

Banguna bersejarah di Indonesia ini berada di kota Semarang dan dibangun pada tahun 1904-1907. Diberi nama Lawang Sewu karena mengacu pada seribu pintu, maksudnya lebih dari seribu daun pintu ditambah dengan jendela.

3. Gunung Merapi

Gunung Merapi memuntahkan awan panas.

Photo :
  • BPPTKG

Selanjutnya ada Gunung Merapi yang dianggap sebagai tempat angker di Jawa Tengah. Misalnya seperti bunker Kaliadem serta Pasar Bubrah yang terletak di sekitar Gunung Merapi. Konon, kerap terdengar suara tangisan di sore hari. Sementara Pasar Bubrah adalah daerah batuan dan pasir di mana masyarakat mempercayainya sebagai pusat berkumpulnya makhluk halus.

Konon, manusia yang berperilaku tidak sopan akan diganggu dan diculik ke alam lain. Gunung Merapi sendiri memang sejak lama dikenal diselimuti dengan misteri. Dianggap angker karena masyarakat sekitar memiliki kepercayaan ada kerajaan makhluk halus yang disebut Keraton Merapi.

4. Gunung Slamet

Gunung Slamet.

Photo :
  • U-Report

Gunung Slamet juga menjadi salah tempat angker lainnya di Jawa Tengah yang juga menjadi destinasi bagi para pendaki gunung. Gunung ini konon memiliki titik sakral yang disebut sebagai gerbang dunia gaib yang terletak di Jalur Bambangan. Selain itu, kabarnya Gunung Slamet ini juga kerap dijadikan sebagai tempat pesugihan dan adanya air terjun yang dijaga oleh siluman naga.

5. Gunung Lawu

Gunung Lawu.

Photo :
  • U-Report

Terakhir ada Gunung Lawu dan terdapat Candi Cheto yang konon menjadi pintu dunia gaib di gunung tersebut. Ada juga kisah burung jalak berwarna gading yang misterius dan biasa disebut sebagai Kyai Jalak. Burung tersebut biasanya yang menjadi pemandu bagi para pendaki yang tersesat, namun hanya pendaki yang memiliki hati bersih sajalah yang ditolong. Gunung ini terletak di Kabupaten Karanganyar dan identik dengan dengan cerita mistis, maka dari itu dianggap sebagai tempat yang angker di Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya