7 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari di Dunia Kerja dan Bergaji Besar

ilustrasi teknik industri
Sumber :
  • freepik/senipetrov

VIVA Lifestyle –  Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi, tentu kita melakukan pertimbangan untuk memilih jurusan yang tepat untuk kita. Salah satu pertimbangan yang perlu dipikirkan ketika memilih jurusan kuliah adalah peluang kerja yang terbuka. 

Kisah Sukses di Usia Emas, Mom Selly dan Perjalanan Kariernya di Industri Pertambangan

Mencari tahu prospek kerja ke depan tentang jurusan kuliah akan membantu kita lebih siap ketika harus terjun ke dunia kerja. Maka dari itu penting mengetahui jurusan kuliah yang sesuai. Berikut ini beberapa jurusan yang paling banyak dibutuhkan dan memiliki gaji yang besar seperti mengutip laman The Penny Hoarder.

1. Teknik

Denny Cagur Lolos Jadi Anggota DPR, Gimana Kariernya di Dunia Entertainment?

Ada banyak jalur karier teknik. Awal dari jalur itu sangat mirip, tetapi kemudian Anda bisa berkembang. Ada teknik elektro, teknik industri, teknik sipil, teknik arsitektur, teknik kelautan, teknik nuklir, teknik perminyakan dan teknik kimia.

Setiap jenis teknik memiliki gaji baik, dan meskipun pertumbuhan pekerjaan tidak terlalu tinggi, pengangguran dari lulusan teknik sangat rendah. Teknik adalah salah satu gelar teraman untuk pasar kerja. Mahasiswa memiliki beberapa pilihan karier dengan jurusan ini.

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto

Sebagian besar bidang teknik membutuhkan setidaknya gelar sarjana untuk memulai. Misalnya, insinyur lingkungan bisa mendapatkan pekerjaan dengan gelar sarjana mereka, tetapi insinyur nuklir biasanya membutuhkan setidaknya gelar master atau doktor untuk memulai karier mereka.

2. Ilmu Komputer

Ilustrasi kinerja komputer.

Photo :
  • U-Report

Untuk gelar ini, Anda mempelajari desain, pengembangan, teori, dan penerapan sistem komputer dan pengembangan perangkat lunak. Ilmu dapat mencakup karir seperti analis sistem komputer, manajer sistem informasi, atau analis sistem komputer. Ilmu adalah salah satu jurusan perguruan tinggi terbaik karena dapat diterapkan ke hampir semua bidang. Mereka yang lulus di bidang Software engineering akan selalu mudah mencari pekerjaan, sementara probabilitas pengangguran lulusan ini berkisar sekitar 2%.

3. Teknik Komputer

Insinyur komputer juga bekerja pada pengembangan, desain, dan perangkat lunak, tetapi lebih fokus pada arsitektur komputer seperti desain perangkat keras, kecerdasan buatan, dan sistem operasi. Ada tingkat pengangguran yang rendah untuk jurusan perguruan tinggi ini. Karier yang mencakup lulusan ini meliputi termasuk pengembang aplikasi, spesialis TI, dan insinyur firmware.

Terkait dengan teknologi digital, Monash University, Indonesia bersama dengan Traveloka, melalui Traveloka Academy, secara resmi menyelesaikan fase pertama program pengembangan kapasitas digital MITRA 5.0 pada Jumat, 8 Juli 2022.

Program MITRA 5.0 dikembangkan berdasarkan kebutuhan talenta digital di Indonesia, di mana di level nasional, tercatat setidaknya 50% dari tenaga kerja kita baru memiliki keterampilan digital tingkat dasar dan menengah. Sedangkan mereka dengan keterampilan digital tingkat lanjutan merepresentasikan kurang dari 1% dari angkatan kerja kita.

MITRA 5.0 adalah sebuah program untuk pengembangan sumber daya manusia dan inovasi di bidang teknologi yang bertujuan untuk membekali akademisi di Indonesia dengan studi kasus dari industri teknologi. Selain itu, program yang memiliki misi untuk membantu mencapai target sembilan juta talenta digital pada 2030 dari pemerintah, juga memberikan pengetahuan kelas dunia pada akademisi tersebut agar dunia pendidikan tetap relevan terhadap perkembangan teknologi. 

Chief People Officer, Traveloka, Ellen Tuwaidan, mengapresiasi bentuk kolaborasi Traveloka dengan Monash University, Indonesia melalui fase pertama, MITRA 5.0. Dijelaskannya melaluo program ini  Monash University, Indonesia dan Traveloka Academy bekerja bahu-membahu untuk mendukung pemerintah Indonesia dengan bersama-sama mengembangkan program peningkatan kapasitas untuk membekali para akademisi dalam menghasilkan talenta digital yang unggul dan berkompetensi sesuai kebutuhan industri teknologi. 

 4. Informatika Kesehatan

Ilustrasi wanita bekerja di depan komputer

Photo :
  • U-Report

Bidang karier yang relatif baru ini memiliki salah satu proyeksi pertumbuhan pekerjaan tertinggi di bidang apapun, yaitu 32% (rata-rata 8%). Bidang ini menggabungkan pengetahuan sistem kesehatan dan komputer untuk menciptakan sistem digital untuk semua bidang medis.

Pekerja Informatika Kesehatan mengembangkan sistem yang melakukan analisis dan pemrosesan data, serta komunikasi digital antara fasilitas kesehatan dan keamanan data. Undang-undang privasi informasi kesehatan sebagian mendorong pertumbuhan pesat bidang ini.

5. Cyber Security

Salah satu jurusan perguruan tinggi terbaik untuk pasar kerja saat ini, dan untuk pertumbuhan pekerjaan, adalah Cyber Security. Tidak semua perguruan tinggi menawarkan gelar ini, jadi Anda bisa mencari jurusan teknologi informasi sebagai jurusan perguruan tinggi, atau jurusan komputer lain yang disebutkan sebelumnya.

Gelar doktor atau master benar-benar terbayar di bidang ini. Seorang Chief Information Security Officer dapat menghasilkan lebih dari US$475.000 per tahun.

6. Administrasi publik

Jurusan perguruan tinggi yang mendapatkan gelar ilmu politik atau administrasi publik dapat merambah bidang pekerjaan di pemerintahan, nirlaba, dan akademik. Mereka mungkin manajer kota, direktur nirlaba, bekerja di sumber daya manusia, atau sebagai manajer kesehatan masyarakat.

Gelar dalam administrasi publik baik untuk orang yang tertarik untuk pergi ke sekolah hukum. Anda dapat menggabungkan keinginan untuk membuat dunia lebih baik dengan karier yang dibayar dengan baik. Jurusan ini adalah jurusan dengan tingkat pengangguran yang sangat rendah.

7. Ilmu Farmasi

Ilustrasi Apoteker

Photo :
  • Lifepack

Gelar sarjana dalam ilmu farmasi menghasilkan banyak pekerjaan, meskipun gelar sarjana diperlukan untuk menjadi apoteker. Salah satu pekerjaan paling menguntungkan bagi seseorang dengan gelar sarjana ini adalah di bidang penjualan farmasi, dengan penghasilan rata-rata US$70k setahun.

Menjadi seorang apoteker membutuhkan gelar Doctor of Pharmacy, juga disebut Pharm.D. Apoteker bekerja di rumah sakit, penelitian medis, lokasi ritel, dan akademisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya