Apakah Santet Bisa Membunuh Seseorang? Ini Jawaban Buya Yahya

Buya Yahya
Buya Yahya
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Lifestyle –  Sihir atau santet memang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Bahkan, pada zaman Nabi Musa AS pun sihir dan para penyihir sangat kuat pengaruhnya. Santet adalah sesuatu hal begitu menakutkan lantaran wujudnya yang tidak terlihat, tapi efeknya bisa terasa bahkan tidak jarang bisa menewaskan korbannya. 

Dengan santet atau sihir ini, barang-barang semula di luar nalar bisa berada dalam tubuh, seperti paku, peniti, rambut, pecahan kaca, dan lain sebagainya. Karena itu, seseorang yang terkena santet atau guna-guna ini bisa mengalami sakit tertentu yang tidak jarang para dokter pun tidak bisa mendeteksi penyakit tersebut. 

Dalam sebuah tayangan video yang dikutip dari YouTube Al-Bahjah TV ketika ceramah Buya Yahya tengah berlangsung, di sana terjadi pembahasan mengenai sihir lewat pertanyaan salah seorang jemaah. Dengan tegas, Buya Yahya memberikan nasihat supaya tetap husnudzon. Jangan langsung suudzon dengan sihir atau santet. 

Buya Yahya.

Buya Yahya.

Photo :
  • YouTube

“Sakit pusing dibilang sihir, sakit beneran padahal. Suudzon kepada orang yang membuat sakit. Sebab ada sebuah penyakit yang membuat orang dingin terus, ada orang penyakit terkena air dingin, kulit sakit-sakit semua itu murni sakit sudah” ucap Buya. 

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa sihir memang ada tapi tidak semua penyakit yang tidak bisa sembuh disebabkan oleh sihir. Saat sakit yang tidak kunjung sembuh, dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Setelah itu, pergi ke dokter yang memang ahli di bidangnya. 

“Kalau urusan sihir, anda baca doa yang diajarkan baginda nabi. Setelah itu anda pergi ke medis dengan normal dengan bener,” lanjut Buya.