5 Fakta Mengapa Umat Katolik Makan Ikan di Hari Jumat

Sayur Ikan Kuah Kuning
Sayur Ikan Kuah Kuning
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA Lifestyle - Mengapa umat Katolik Makan Ikan di Hari Jumat. Salah satu kebiasan khas umat Katolik adalah makan ikan pada hari Jumat, terutama di masa Prapaskah. Secara tradisional umat Katolik Roma yang taat tidak akan makan daging sepanjang hari Jumat.

Namun dalam beberapa dekade terakhir peraturan telah dilonggarkan dan kebanyakan umat Katolik hanya makan daging pada hari Rabu Abu yang merupakan sebuah hari raya Kekristenan untuk beribadah dan berpuasa, meskipun bukan merupakan suatu hari raya wajib, sebagai tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus.

Apakah pernah bertanya-tanya, mengapa umat Katolik makan ikan di hari Jumat, serta bagaimana tradisi seperti ini bisa berkembang, berikut fakta-faktanya seperti dilansir dari Facts Net sebagai berikut:

1. Alasan Makan Ikan di Hari Jumat

Perayaan Paskah di Cathedral of St. Paul in St. Paul, Minn, Amerika Serikat.

Perayaan Paskah di Cathedral of St. Paul in St. Paul, Minn, Amerika Serikat.

Photo :
  • AP Photo/Giovanna Dell

Secara tradisional, Prapaskah periode antara Rabu Abu dan Kamis Putih merupakan waktu bagi orang Kristen untuk merenungkan kehidupan Karya Yesus. Menurut Injil pada hari Jumat ketika Yesus disalibkan. Dengan demikian waktu Jumat akan berfungsi sebagai hari refleksi untuk memungkinkan orang meminta pengampunan atas dosa-dosa mereka.

Untuk sebagian sejarah, ketika memakan daging, khususnya daging merah yang dianggap sebagai kelezatan dan kesenangan. Karena Prapaskah merupakan waktu bagi orang Kristen untuk menunjukan penebusan dosa, itu menjadi bentuk pengorbanan pribadi untuk tidak makan daging pada hari Jumat.

Halaman Selanjutnya
img_title