7 Negara Dengan Cuti Melahirkan Terlama di Dunia, Ada Indonesia?

Makanan untuk ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Cuti melahirkan adalah cuti yang diberikan kepada pekerja yang baru saja melahirkan untuk kondisi dan memberikan waktu mereka merawat bayi. Lama waktunya, biasanya diukur dalam minggu, seperti di Indonesia yang diberikan selama 3 bulan.

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

Selama cuti hamil, ada pegawai yang dibayar dan ada juga yang tidak. Di seluruh dunia, dilansir dari worldpopulationreview.com, pedoman cuti melahirkan minimum sering diatur oleh undang-undang, dan juga oleh perusahaan tempat pegawai tersebut bekerja.

Nah, negara mana saja yang memiliki cuiti melahirkan terlama di dunia? Simak rangkuman Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

1. Tiongkok

Daratan Barat Tiongkok yang hanya diami 6 persen penduduk

Photo :
  • YouTube/Data Fakta
Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Sebuah provinsi di barat laut Tiongkok yaitu Provinsi Shaanxi berupaya untuk menambah durasi cuti hamil menjadi hampir satu tahun penuh. Pada saat ini cuti hamil dan melahirkan di kota tersebut mencapai lebih dari 168 hari.

Tidak hanya itu, Tiongkok akan mempertimbangkan bagi pasangan yang ingin memiliki anak ketiga dengan menggandakan jumlah cuti hamil menjadi 30 hari. Hal tersebut dilakukan karena data menunjukkan penurunan dramatis dalam kelahiran di negara tersebut.

2. Denmark

(Ilustrasi) Bendera Denmark.

Photo :
  • Pixabay

Pada negara makmur ini menetapkan peraturan bagi karyawatinya yang sedang hamil dengan mendapatkan cuti melahirkan selama 4,5 bulan. Tidak hanya itu, selama cuti mereka tetap akan mendapatkan gaji penuh loh.

3. Kroasia

Citra berlembang hati dari Pulau Otok Galensjak, Kroasia

Photo :
  • Twitter/@deimosimaging

Negara selanjutnya yaitu Kroasia. Negara tersebut memberikan hak cuti hamil dengan jangka waktu panjang setahun penuh. Selain itu waktu cuti, sang ibu juga akan mendapat gaji penuh tanpa adanya potongan.

4. Swedia

Swedia

Photo :
  • Businessinsider.com

Wilayah Skandinavia atau biasa dikenal dengan negara Swedia memiliki kebijakan untuk melahirkan wanita hamil. Pemerintah di negara tersebut menetapkan cuti melahirkan selama 16 bulan.

Tidak hanya buat ibu untuk sang ayah juga mendapat hak cuti selama 2 bulan. Selama berlangsungnya cuti tersebut tetap akan diberikan 80 persen gaji.

5. Inggris

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Kerajaan Inggris

Photo :
  • trt.net.tr

Negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini memberikan cuti melahirkan bagi ibu hamil selama 52 minggu atau satu tahun penuh. Dengan panjangnya cuti yang didapat diharapkan bisa memanfaatkan cuti melahirkannya dengan sebaik mungkin. Namun gaji yang belum sepenuhnya diaktifkan.

6. Jerman

bendera Jerman

Photo :
  • freepik/bearfotos

Salah satu negara di Eropa yang memiliki waktu cuti melahirkan terpanjang yaitu Jerman. Di negara tersebut ibu hamil memiliki hak mendapatkan cuti hingga anak berumur satu tahun.

Pada minggu ke 14 akan diberikan gaji penuh, tidak hanya gaji yang di dapat sang ibu akan menerima tunjangan khusus. Maksud dari tunjangan yaitu untuk mencukupi keperluan si ibu dan bayinya.

7. Bulgaria

Sofia, Bulgaria

Photo :
  • Pexels

Bulgaria memberi ibu hamil cuti melahirkan selama 14,5 bulan. Sama seperti negara lain, Bulgaria juga memberi gaji penuh bagi karyawatinya.

Nah, itu deretan negara yang memebrikan cuti hamil terpanjang di dunia. Indonesia juga termasuk kebagian negara yang memiliki cuti melahirkan yang lama kok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya