Bisa Terlalu Pede, Ini 5 Ciri Orang Dengan Kepribadian Narsistik

Narsis
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Memiliki rasa percaya diri memang perlu, namun pernah kah kamu bertemu dengan seseorang yang percaya dirinya terlampau tinggi, bahkan hingga selalu haus validasi? Bisa jadi, seseorang tersebut adalah seorang dengan gangguan kepribadian narsistik

5 Ciri-ciri Anda Terkena Gangguan Kepribadian Narsistik, Haus Akan Pujian

Menurut American Psychiatric Association (APA), dalam istilah medis hal ini disebut gangguan kepribadian narsistik atau narsistic personality disorder (NPD) yang didefinisikan sebagai gangguan kepribadian yang melibatkan pola kebutuhan akan kekaguman dan kurangnya empati terhadap orang lain. Orang dengan gangguan kepribadian narsistik mungkin memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan.

Orang yang memiliki gangguan kepribadian ini sering kurang empati dan mungkin memiliki sedikit minat dalam mengembangkan hubungan dekat dengan orang lain. Seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik mungkin tampak terlalu percaya diri, namun pengidap gangguan kepribadian ini sebenarnya rapuh dan mudah runtuh hanya dengan sedikit kritikan. 

Sebelum Putuskan Pilihan, Yuk Simak Seperti Apa Kepribadian Capres-Cawapres Menurut Ahli Jiwa

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa tanda ketika seseorang mengidap NPD, yakni sebagai berikut.

1. Rasa Mementingkan Diri Sendiri yang Berlebihan

Suka Pamer Foto di Sosmed Sampai Gak Mau Kalau dari Orang Lain, Awas Gangguan Kepribadian Ini

Narsis

Photo :
  • Pixabay

Memiliki rasa mementingkan diri sendiri yang berlebihan adalah karakteristik yang tanda utama seseorang mengidap gangguan keribadian narsistik. Orang dengan gangguan ini memiliki rasa superioritas atas orang lain. Tidak selalu jelas mengap seseorang dengan gangguan kepribadian narsistik merasa lebih unggul dari yang lain.

Beberapa orang dengan NPD tampak percaya diri dan mementingkan diri sendiri, sedangkan yang lain mungkin tampak tidak aman dan mencela diri sendiri. Dalam kedua kasus, bagaimana pun, orang tersebut dengan tegas percaya bahwa mereka lebih baik daripada yang lain.

Mereka mungkin bersikeras untuk mendapatkan yang terbaik dari segala sesuatu atau menolak hal-hal yang mereka rasa kurang, seperti pekerjaan. Orang dengan ganguan kepribadian ini juga mungkin melebih-lebihkan atau berbohong tentang prestasi mereka.

2. Kebutuhan Untuk Selalu Diperhatikan dan Dikagumi

Bersikap riya atau sombong.

Photo :
  • U-Report

Orang dengan kepribadian narsistik sangat membutuhkan perhatian dan kekaguman dari orang-orang di sekitar mereka. Saking bangganya pada diri sendiri, orang narsistik jadi punya kebutuhan untuk mendapat pujian dari orang lain. Mereka jadi merasa makin percaya diri dengan pujian tersebut seolah orang lain memiliki pemikiran yang sama tentang dirinya yang luar biasa dan serba paling tadi.

Selain itu, mereka biasanya mengandalkan orang lain sebagai sumber harga diri dan tidak memiliki rasa diri yang pasti. Seseorang ini mungkin menunjukkan perilaku mencari perhatian untuk mendapatkan kekaguman yang mereka rasa perlu atau pantas mereka dapatkan.

3. Kecenderungan untuk Memonopoli Percakapan

Wanita egois terhadap pasangannya.

Photo :
  • U-Report

Orang dengan gangguan kepribadian narsistik menunjukkan sedikit minat yang tulus pada pengalaman orang lain. Dengan demikian, seseorang dengan gangguan ini dapat mendominasi percakapan atau kehilangan minat dalam percakapan yang tidak berputar di sekitar mereka. Mereka juga dapat menggunakan hubungan untuk keuntungan pribadi mereka sendiri. 

4. Kurangnya Empati Terhadap Orang Lain 

Wanita hadapi pria cuek.

Photo :
  • http://informasikankerservik.blogspot.com

Karena mereka dengan NPD sering kurang empati terhadap orang lain, mereka akan secara konsisten mengabaikan kebutuhan orang lain.

Mereka sering sangat peduli dengan apa yang orang lain pikirkan tentang mereka, tetapi sebaliknya mungkin sulit untuk memahami atau tidak peduli dengan perasaan mereka. Individu dengan sikap narsistik juga dapat menjadi "antagonis" terhadap orang lain karena kurangnya empati ini.

5. Kesulitan Menerima Kritik

Ilustrasi kritikan.

Photo :
  • U-Report

Mereka yang memiliki kepribadian narsistik selalu berjuang untuk menolak atau menyangkal apa pun yang mereka anggap sebagai kritik karena ini dapat merusak harga diri dan rasa identitas mereka. Bahkan, mereka mungkin menyerang orang yang telah menyinggung mereka. 

Orang dengan NPD sering juga memiliki kondisi kesehatan mental lainnya, seperti:

- Kecanduan

- Gangguan bipolar

- Gangguan kepribadian antisosial

- Gangguan kepribadian ambang

- Depresi

- Kecemasan

- Pikiran atau perilaku bunuh diri

Mengapa Bisa Mengidap Gangguan Ini?

Ilustrasi anak narsis

Photo :
  • U-Report

Hingga saat ini, belum diketahui pasti apa yang menyebabkan seseorang memiliki gangguan kepribadian narsistik. Namun, kondisi ini diduga muncul sebagai akibat dari kesalahan pola asuh, atau beberapa hal yang pernah terjadi sebelumnya, seperti kekerasan, ditinggalkan, dimanjakan, atau dipuji terlalu berlebihan.

Anak yang dibesarkan oleh orangtua yang terlalu menekankan keistimewaan anak dan terlalu mengkritisi rasa takut dan kegagalan memiliki risiko untuk mengalami gangguan ini. Faktor gen atau masalah fisik dan psikologis juga menjadi salah satu penyebab gangguan kepribadian ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya