7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu, No 5 Belum Banyak yang Tahu

Cara menghilangkan bau sepatu
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Cara menghilangkan bau sepatu mungkin dibutuhkan oleh mereka yang memiliki keluhan bau tidak sedap pada sepatunya. Tentu kita semua memiliki sepasang sepatu favorit yang jika dipakai secara terus menerus akan menjadi sedikit bau. Tapi, tidak perlu merasa khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bau sepatu dan membuatnya harum kembali.

Pabrik Sepatu Bata Tutup, Pengusaha Buka-bukaan Kondisi Industri Padat Karya

Sepatu bau memang menjadi masalah yang sangat umum terjadi dan tentu bisa mengganggu. Tidak peduli seberapa bersih kakimu, pasti akan tetap bau. Salah satu penyebab sepatu bau adalah bakteri yang tumbuh dalam jumlah besar di kaki kamu. Bakteri tersebut kemudian menghasilkan asam organik seperti methanethiol, asam isovaleric dan asam propanoat sebagai produk limbah. Meskipun jenis bakteri tersebut tidak berbahaya, akan tetapi mereka dapat meninggalkan bau yang menyengat pada sepatu. Asam organik tersebut memiliki bau belerang yang khas dan menyerupai kubis yang membusuk. 

Bahkan meskipun kaki kita bersih, mungkin masih akan tetap bau. Hal itu karena kaki mengandung lebih banyak kelenjar keringat daripada bagian tubuh lainnya. Sementara keringat itu sendiri tidak berbau, produk limbah bakteri lah yang berbau. Sehingga membuat sepatu menjadi tempat berkembang biak ideal bagi bakteri, karena menjebak keringat dan kelembaban, menciptakan lingkungan bagi bakteri untuk berkembang biak. Mengutip dari Home Made Simple dan sumber lainnya, berikut ini sejumlah cara menghilangkan bau sepatu. 

Soroti Tutupnya Pabrik Sepatu Bata, Jokowi Tegaskan Ini

1. Masukkan ke dalam freezer 

Kulkas.

Photo :
  • www.sharp-indonesia.com
Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup Usai Rugi Selama 4 Tahun 

Mungkin freezer umumnya digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman. Tapi ternyata bisa juga digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Namun pastikan freezer telah kosong dan tidak berisi makanan lagi karena tentu tidak bisa dicampur. 

Kamu bisa memasukkan sepatu yang bau ke dalam dalam kantong plastik dan letakkan di dalam freezer untuk bekukan semalaman. Bakteri berkembang biak di tempat yang hangat dan gelap, sehingga udara dingin akan membunuh bakteri dan menghentikan bau yang semakin parah. 

2. Menggunakan baking soda 

Baking soda.

Photo :
  • U-Report

Cara menghilangkan bau sepatu selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Baking soda adalah pewangi alami yang bisa menyerap bau dan bakteri. Ada dua cara untuk menggunakan baking soda sebagai penghilang bau pada sepatu, berikut caranya:

Campurkan seperempat cup baking soda, seperempat cup baking powder dan setengah cup tepung jagung. Masukkan campuran tersebut ke dalam sepasang kaus kaki katun atau taburkan campuran di kedua sepatu dan diamkan hingga semalaman. Untuk penambah aroma ekstra, bisa juga menambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit kamu. Taburkan baking soda langsung ke dalam sepatu dan biarkan selama minimal 24 jam.

3. Menggunakan cuka

Ilustrasi spray nyamuk.

Photo :
  • Pixabay/Chezebeate

Selanjutnya bisa juga menggunakan cuka sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Cuka menetralkan bau dan melawan bakteri di sepatu. Cukup campurkan cuka putih dengan air dalam jumlah yang sama ke dalam botol semprot. Semprotkan larutan di dalam sepatu setelah digunakan dan biarkan mengering. Dengan melakukan hal ini sehabis menggunakan sepatu, akan membuat bau sepatu menjadi lebih segar. Sebelumnya kamu bisa membersihkan sepatu terlebih dahulu sebelum disemprot cuka. 

4. Menggunakan sabun mandi

Ilustrasi sabun batang.

Photo :
  • dok. pixabay

Sabun mandi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Tapi sabun mandi yang digunakan harus berbentuk batangan. Caranya hanya dengan meletakkan sabun ke setiap sepatu dan membiarkannya semalaman. Sabun membunuh bakteri dan bau yang dihasilkannya. Selain itu, sabun juga berpori sehingga akan menyerap bau dan menggantinya dengan aroma sabun yang harum. Pastikan sabun batangan tidak basah sebelum dimasukkan ke sepatu, karena kelembaban hanya akan mendorong bakteri.

5. Menggunakan pasir kucing

ilustrasi kucing

Photo :
  • U-Report

Terakhir, kamu bisa menggunakan pasir kucing sebagai salah satu cara menghilangkan bau sepatu. Bakteri menyukai lingkungan yang gelap dan lembab sehingga ketika kaki berkeringat di sepatu sepanjang hari, bakteri akan berkembang biak. 

Kamu bisa menggunakan pasir kucing untuk mengeluarkan kelembaban tersebut dan menetralkan baunya. Masukkan pasir kucing yang dapat menyerap bau tidak sedap ke dalam kaos kaki dan letakkan di dalam sepatu. 

6. Minyak esensial

tea tree oil pencegah jerawat

Photo :
  • the body shop

Minyak esensial beraroma tea tree, cengkeh dan kayu cedar adalah pewangi alami yang populer dengan sifat antijamur. Sebagai contoh, satu studi Desember 2007 yang diterbitkan dalam Mycobiology menemukan bahwa minyak esensial cengkeh sangat menghambat pertumbuhan bakteri pada kaki untuk menghilangkan bau. Minyak ini adalah ancaman tiga kali lipat bagi bakteri yakni melawan bakteri, menghilangkan bau, dan meninggalkan aroma yang harum.

Caranya, tuangkan beberapa tetes minyak esensial langsung ke dalam sepatu dan biarkan udara keluar. Sebagai alternatif, kamu bisa mencampurkan minyak esensial dengan baking soda atau cuka.

7. Mencuci sepatu

Mencuci sepatu putih.

Photo :
  • U-Report

Sepatu juga bisa dicuci, bukan hanya untuk menghilangkan bau tapi juga membersihkannya dari kotoran. Tentu tidak semua sepatu bisa dicuci seperti pada umumnya. Kamu bisa membaca petunjuk perawatan dan pembersihan sesuai dengan jenis sepatu yang digunakan. 

Jika sepatu memiliki sol, keluarkan dan cuci secara terpisah sehingga semuanya menjadi bersih maksimal. Jangan menggunakan air panas atau memasukkan sepatu ke dalam pengering. Panas yang ekstrem dapat mengecilkan sepatu atau menyebabkan kerusakan pada perekatnya. Gunakan siklus cuci dan bilas serta air hangat dan keringkan menggunakan koran untuk menyerap kelembapan ekstra.

Itulah sejumlah cara untuk menghilangkan bau sepatu yang bisa menjadi referensi untuk mengambilkan sepatumu kembali harum atau setidaknya tidak berbau menyengat. Kamu bisa pilih cara yang menurutmu paling mudah untuk dilakukan. Atau kamu bisa mencoba semua cara tersebut dan melihat hasil mana yang paling memuaskan dan efektif untuk dilakukan. Semoga tulisan mengenai cara menghilangkan bau sepatu ini dapat bermanfaat bagi kamu yang mencari dan membutuhkannya. 

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

Ketika melakukan olahraga di pusat kebugaran, ada baiknya perhatikan penggunaan sepatu olahraga. Jangan sampai salah dan malah berujung pada cedera. Apa sebabnya?

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024