Erick Thohir di Art Jakarta: Jangan Jadi Negara Maju Tapi Lupa Budaya

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi.

VIVA Lifestyle – Art Jakarta 2022 mulai dibuka hari ini, 26 Agustus 2022, di JCC Senayan, Jakarta, sebagai pekan seni internasional unggulan setelah 2019. Acara ini, beserta seluruh rangkaian kegiatannya, akan diselenggarakan pada 26 – 28 Agustus 2022, dan dibuka untuk tamu undangan VIP serta masyarakat umum.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Pembukaan acara tersebut diresmikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Hilmar Farid, Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mohammad Amin, Global Markets Director UOB Sonny Samuel, Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia, Maya Rizano, dan Head of Division MRA Media, Mita Soedarjo.

“Memang kita jangan jadikan kita negara yang maju tapi lupa sama budaya. Karena itu yang akan menjadi fondasi kita masa depan. Saya ingatkan ketika kita mengalami banyak krisis, mau krisis ekonomi, politik dan banyak negara bilang kita bubar ternyata enggak. Karena apa? Ya karena tadi, bagaimana kita secara bangsa bersatu, apresiasi apa yang jadi kebudayaan kita,” kata Erick Thohir dalam sambutannya di JCC Senayan Jakarta.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

“Karena itu saya senang luar biasa ketika Art Jakarta ini sekarang bergulir lagi. Karena Indonesia butuh hal seperti ini. Bagaimana kita mengingatkan fondasi kebudayaan kita dan bagaimana kita mengapresiasi kebudayaan kita, tentu saya berharap ini sesuatu yang terus digulirkan,” katanya menambahkan.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Dalam kesempatan ini, Art Jakarta senang bisa berkolaborasi untuk kelima kalinya dengan Mitra Utama, UOB Indonesia. Art Jakarta beberapa tahun terakhir, telah aktif dalam upaya mendukung kancah seni rupa terlepas berbagai tantangan pandemi. Pada akhir 2020 yang lalu, Art Jakarta menghadirkan Art Jakarta Virtual, sebuah pengalaman seni rupa di tengah kenyamanan dan keamanan suasana rumah.

Sementara, pada April 2022, Art Jakarta memperkenalkan, Art Jakarta Gardens, yang diselenggarakan di ruang terbuka Hutan Kota by Plataran, Jakarta, untuk mengangkat karya patung dan instalasi di lingkungan taman, serta tenda khusus yang ditempati 20 booth galeri seni terkemuka di Indonesia guna memamerkan karya-karya seniman mereka.

Baik Art Jakarta Virtual maupun Art Jakarta Gardens mendapatkan sambutan ramai dari para pemangku kepentingan maupun pengunjung umum. Kedua edisi ini ditujukan untuk menjadi katalis demi pemulihan lebih jauh kancah seni rupa Indonesia dalam waktu singkat.

Art Jakarta Gardens 2022.

Photo :
  • VIVA/Sumiyati

“Untuk Art Jakarta tahun ini, saya gembira dan optimistis acara ini terlaksana setelah dua kali tertunda akibat pandemi, juga karena rekanan kami, baik galeri, sejumlah badan usaha, maupun rekan-rekan seniman dan kolektor, semua bersemangat terlibat dan berperan serta. Ini membangkitkan semangat kita bersama,” kata Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta.

“Terbukti bahwa ekosistem seni rupa kita punya daya tahan dan cepat bergiat kembali. Semoga semangat ini juga sampai kepada pengunjung umum, saat mereka menikmati dan mengapresiasi beragam karya seni rupa yang tampil di Art Jakarta kali ini,” imbuh Enin Supriyanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya