Tengok Senyum bahagia Santri Setelah Pesantrennya Diperbaiki

Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah
Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tradisional yang bergerak dalam bidang keagamaan dan kemasyarakatan sebelum adanya lembaga pendidikan modern atau sekolah umum. Keberadaan pesantren dalam kehidupan masyarakat Indonesia memiliki peranan yang sangat penting.

Namun beberapa pesantren perlu diadakan renovasi untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar di dalamnya. Salah satunya Pondok Pesantren Yatim Hajjah Pattisah yang berada di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah. Mereka membutuhkan ruang tidur, dapur, ruang makan, kamar mandi, ruang bermain, pengadaan kasur, lemari, alat masak, penerangan, perbaikan drainase hingga menciptakan sirkulasi udara yang sehat agar tumbuh kembang para anak asuh semakin terjamin kualitasnya.

Harapan tersebut disambut oleh Djarum Sumbangsih Sosial yang merupakan salah satu program dari Bakti Sosial Djarum Foundation. Mereka merenovasi dengan menghabiskan dana sebesar Rp250 juta.

Ilustrasi amalan

Ilustrasi amalan

Photo :
  • U-Report

"Adalah tanggung jawab kita semua untuk memastikan anak asuh dapat hidup dengan kualitas yang baik. Kami berharap, pengurus dan anak-anak asuh dapat merawatnya dengan baik sehingga manfaat fasilitas tersebut dapat bertahan lama," kata Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto melalui keterangan tertulisnya.

Tak hanya merenovasi tempat tinggal, mereka juga memberikan berbagai pembekalan baik dari sisi hard skill seperti pelatihan 5 R (ringkas, rapi, resik, rawat, dan rajin) maupun pembekalan soft skill diantaranya kemah persahabatan bersama anak-anak asuh dari 18 panti asuhan binaan Djarum Foundation hingga kesempatan mendapatkan beasiswa ke sekolah binaan. Tak hanya itu, anak-anak asuh juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan berkala setiap empat bulan.

“Pembekalan ini penting agar mereka memiliki karakter yang kuat sehingga mampu mengejar cita-cita yang didambakan. Kami berharap, berbagai kegiatan tersebut bisa menunjang pengembangan kepribadian anak asuh dan mendorong mereka menjadi generasi mandiri yang mampu meraih kesuksesan di masa mendatang,” ujar Budiharto.