Karpet Unik Asal Magelang Ini Diminati Sampai ke Luar Negeri

Karpet Unik
Sumber :
  • Locarpet Craft

VIVA Lifestyle – Mayoritas orang berpikir karpet hanyalah tekstil penutup lantai dengan desain yang umum. Karpet menawarkan ragam keuntungan yang mungkin sebelumnya tidak pernah disadari. Salah satunya daoat meredam kebisingan dari pejalan kaki dan membuat ruang masuk lebih bersih.

Peranan Penting Peran Galeri Seni di Lingkungan Tempat Tinggal Masyarakat Jakarta

Kini, karpet bisa digunakan sebagai media untuk menggambarkan tentang kesukaan, hobi, ide, dan personaliti seseorang. Karpet tersebut juga dibuat dari bahan premium, di antaranya acrylic, wool, dan viscous dengan teknik hand-tufting (menembakkan benang ke kanvas dengan tufting gun) juga serangkaian handmade process dan quality control sehingga karpet yang dihasilkan memiliki detail yang menarik dan berkualitas tinggi. 

Selain menciptakan desain yang unik, kelebihan karpet hand-tufted adalah daya tahannya yang tinggi karena warna benang tidak mudah luntur meski sudah digunakan selama bertahun-tahun.

Sambut Idul Fitri, Waktunya Berburu Karpet dan Sajadah

Karpet Unik

Photo :
  • IG @locarpet_craft

Warna keseluruhan desain juga lebih tajam dan bahkan bisa dipesan karpet dengan tambahan fitur khusus, seperti glow in the dark, 3D illusion, stretch, melting, dan shaggy untuk karpet yang keren. Locarpet juga memiliki fitur digital unggulan yang disebut Augmented Reality (AR), dimana karpet dilengkapi dengan tampilan animasi yang dapat diakses melalui smartphone pengguna.

Cara Baru Merayakan Ulang Tahun, Inovasi dari Didimax

Adalah industri kreatif yang berbasis di Magelang, Locarpet Craft yang menawarkan itu semua. Mereka adalah pelopor hand-tufted rug atau karpet custom di Indonesia yang menciptakan karpet dengan desain kreatif sesuai permintaan klien. Hal tersebut menjadikan karpet bukan sekadar alas lantai, tapi juga produk bernilai seni, unik, dan esensial yang dapat ditempatkan di dinding maupun digabungkan dengan furnitur lain seperti meja, kursi, sampai ring basket. 

Mereka menonjolkan esensi aksesori yang menunjang suasana dalam ruangan melalui seni dan desain untuk interior. Meski baru resmi diluncurkan sejak Juni 2020, bisnis ini melesat cukup cepat.

"Misi kamui adalah membawa kenyamanan melalui desain yang dipersonalisasi sembari mengkampanyekan inti artistik dan inovatif dari sebuah karpet," kata Adi Puguh Pangeksi melalui keterangan tertulisnya.

Meskipun bisnis baru berjalan tetapi Locarpet sudah mendunia dengan menjual lebih dari 17 ribu custom-made rugs untuk lebih dari 10 ribu klien dari 45 negara berbeda–jumlah itu terus bertambah setiap harinya. Mereka menjual karpet langsung ke klien atau pengguna baik domestik maupun internasional.

Mereka juga pernah dipercaya untuk memproduksi karpet untuk tokoh terkenal, beberapa diantaranya Jonah Hill Surf, Hayley Williams, Gracie Abrams, Post Malone, Bobby The Hundreds, Cruz Beckham, The Swampers, dan beberapa seniman serta fashion brand luar negeri lainnya. 

Selebriti Indonesia seperti Vindes, Najwa Shihab, Jejou, Slank, Kunto Aji, Tora Sudiro, Sintya Marisca, dan Iwa K juga pernah mempercayakan Locarpet untuk menggarap produk mereka. Karena kualitas dan keunikannya, banyak orang mengira Locarpet berasal dari Jakarta, Bandung, atau Tangerang, padahal kantor pusat dan munculnya ide Locarpet adalah dari Magelang, Jawa Tengah.

“Locarpet memiliki prinsip untuk selalu konsisten dengan apa yang kita kerjakan dan menjalani proses naik-turunnya untuk mencapai tujuan,” kata Puguh.

"Kami ingin mengembangkan beberapa unit usaha lainnya di bidang craft. Salah satunya dengan menggandeng produk craft lokal yang belum pernah terekspos dan memasarkan produk mereka langsung ke klien worldwide. Because, we never stop seeking for challenges," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya