10 Langkah Tetap Sehat Selama Musim Hujan dan Banjir

Musim Hujan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Lifestyle – Sejak sepekan terakhir hujan terus melanda Jakarta. Akibatnya sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir. Memasuki musim penghujan masyarakat diminta untuk waspada dalam menjaga kesehatan.

BMKG Akan Pindahkan Hujan di Daerah Bencana Sumatra Barat ke Laut

Beberapa penyakit yang sering muncul selama musim penghujan antara lain demam, flu, demam berdarah hingga masalah pencernaan akibat pencemaran air.

Lantas bagaimana menjaga tubuh tetap sehat, terlebih saat ini pandemi COVID-19 juga belum usai. Yuk scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Jumlah Korban Tewas Banjir Lahar Gunung Marapi Bertambah Jadi 50 Orang, Menurut BNPB

Berikut ini 10 langkah menjaga kesehatan di tengah musim hujan dan banjir melansir laman smarter health:

1. Hindari terkena hujan
Pilek bisa menjadi lebih buruk ketika Anda terjebak dalam hujan. Ada teori yang mengatakan bahwa tubuh Anda membatasi aliran darah ke ekstremitas, seperti hidung, untuk menjaga tubuh Anda tetap hangat.

Kepala BMKG Ungkap Potensi Banjir Lahar Gunung Marapi Susulan yang Lebih Besar

Ini menjelaskan mengapa hidung Anda berair ketika dingin. Lindungi diri Anda dari hujan agar Anda tidak masuk angin.

2. Konsumsi Vitamin C
Vitamin C dapat membantu mempercepat pemulihan Anda jika Anda sedang flu. Meskipun masih diperdebatkan, Vitamin C membantu mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mengurangi keparahan flu.

Vitamin C dapat ditemukan dalam sumber alami seperti paprika merah dan hijau, pepaya, atau nanas.

Musim Hujan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

3. Mandi air panas
Setelah Anda terjebak dalam hujan, suhu tubuh Anda secara bertahap meningkat dan menghilangkan kuman dan melindungi Anda dari berbagai infeksi potensial.

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat penyembuhan dengan mandi menggunakan air panas.

4. Makan berbagai hidangan yang hangat
Ketika hari-hari menjadi dingin dan hujan, Anda mungkin lebih suka minum minuman hangat. Pilihannya beragam– dari segelas teh hijau hangat atau cokelat panas, sampai satu mangku sup panas.

Konsumsi makanan dan minuman hangat dapat membantu mencegah Anda terkena flu atau terkena infeksi lain akibat perubahan suhu yang tiba-tiba.

5. Jaga personal hygine
Orang cenderung tinggal di dalam rumah selama musim hujan. Namun, perlu dicatat bahwa kuman lebih mungkin menyebar. Pastikan untuk menjaga lingkungan yang bersih, sehat, dan tersanitasi dengan baik.

Bahkan jika Anda masuk angin, jaga kebersihan tangan Anda dengan mencucinya secara teratur atau menggunakan pembersih tangan.

6. Penuhi kebutuhan cairan harian Anda
Anda mungkin merasa kurang haus saat cuaca dingin. Namun, Anda tidak boleh menunggu untuk merasa haus untuk minum karena dapat menyebabkan dehidrasi.

Pastikan untuk menjaga diri Anda terhidrasi dengan baik bahkan dalam suhu rendah untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda.

7. Masak makanan sendiri di rumah
Anda dapat menjaga kesehatan di musim hujan dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian dan menghindari makanan cepat saji atau makanan olahan. Lebih disarankan jika Anda lebih banyak memasak dan menjaga kebersihan dapur Anda.

8. Gunakan Penolak Nyamuk
Musim hujan adalah saat populasi nyamuk meningkat secara besar-besaran. Ini dapat menempatkan Anda pada risiko untuk berurusan dengan masalah kesehatan. Anda harus menyimpan obat nyamuk, penyegar udara, deterjen, dan parfum di rumah.

9. Hindari makanan pedas
Anda perlu membatasi konsumsi makanan pedas selama musim hujan karena makanan tersebut dapat menyebabkan alergi dan iritasi kulit. Akan lebih baik jika Anda mengurangi tingkat kepedasannya.

10. Bawa payung dan jas hujan
Setiap kali Anda pergi ke luar, ingatlah untuk membawa payung, jas hujan, atau keduanya saat musim hujan. Melindungi diri Anda dari terkena hujan atau tetap mengenakan pakaian yang kering adalah cara terbaik untuk menghindari pilek, batuk, flu, dan demam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya