Ini Pria dengan Jenggot Terpanjang di Dunia, Memegang Rekor Hampir 100 Tahun

Hans Nilsen Langseth, pemilik jenggot terpanjang di dunia
Sumber :
  • allthatsinteresting.com

VIVA Lifestyle – Tahukah kamu bahwa ada sosok manusia dengan jenggot terpanjang di dunia? Mari berkenalan dengan Hans Nilsen Langseth yang memiliki dan masih menjadi pemegang rekor jenggot terpanjang di dunia. Saking terkenalnya, jenggot Langseth masih tersimpan di lemari besi Smithsonian hingga hari ini.

Penonton Nyaris Tembus 300 Ribu! MotoGP Prancis Catat Rekor Sepanjang Masa

Melansir dari allthatsinteresting.com, Hans Nilsen Langseth membutuhkan waktu hampir selama 60 tahun untuk memanjangkan jenggotnya yang mengesankan itu. Yuk scroll ke bawah untuk simak artikelnya.

Alasan Hans Langseth Memanjangkan Jenggot

Bali United Enggan Terlena Rekor Apik Lawan Persib Bandung

Hans Nilsen Langseth, pemilik jenggot terpanjang di dunia

Photo :
  • allthatsinteresting.com

Langseth merupakan pria yang lahir di Norwegia pada 14 Juli 1846. Ketika dewasa dia dan tiga saudaranya bermigrasi ke Amerika dan bertemu dengan istrinya, Anne dan mereka berakhir di Kensett, Iowa. 

Hong Kong Catat Rekor Suhu Terpanas dalam 140 Tahun Terakhir

Jenggotnya sudah mulai ditumbuhkan Langseth sejak usianya masih 19 tahun untuk mengikuti kontes menumbuhkan jenggot. Meskipun bukan jenggot terpanjang pada saat itu, namun Langseth memutuskan untuk terus menumbuhkannya dengan tidak mencukurnya. 

Soal menumbuhkan jenggotnya menjadi panjang, tentu membutuhkan kesabaran yang luar biasa. Rambut jenggot juga hanya bisa tumbuh sekitar lima kaki sebelum mati. Namun, jika kamu menyatukan rambut mati menjadi gimbal yang berbentuk seperti gulungan, itu akan menambah sedikit panjang dan memperkuat jengot. 

Hal itulah yang dilakukan oleh Langseth dan kemudian menciptakan semacam garis waktu sesudahnya. Rambut cokelat di bagian bawah mewakili warna rambut dari masa mudanya sedangkan bagian jenggot yang lebih terang dan lebih menguning mewakili masa tua Langseth. 

Jenggot Terpanjang di Dunia

Hans Nilsen Langseth, pemilik jenggot terpanjang di dunia

Photo :
  • allthatsinteresting.com

Jenggot Langseth diresmikan menjadi jenggot terpanjang pada tahun 1922 dalam sebuah perayaan di Sacramento, California. Panjang jenggotnya sendiri pada waktu itu mencapai 17 kaki. Bahkan Langseth berhasil mengantongi uang sebesar $300 karena memenangi kontes tersebut. 

Selama masa tuanya, Langseth pindah ke North Dakota dan bergabung dengan pertunjukan sirkus keliling sebagai cara untuk menunjukkan jenggot panjangnya. 

Smithsonian menampilkan jenggot terpanjang yang ikonik dari tahun 1967 hingga 1991 sebagai bagian dari pameran antropologi fisik. Hingga saat ini, jenggot tersebut tetap dalam penyimpanan, hanya dibawa keluar beberapa kali setahun ketika keturunan Langseth mengunjungi Smithsonian. 

Hans Nilsen Langseth kemudian meninggal dunia di usianya yang ke-81 tahun. Bahkan mungkin dirinya tidak tahu bahwa sampai saat ini meskipun sudah tiada, ia masih memegang rekor jenggot terpanjang di dunia selama hampir 100 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya