6 Lukisan Menyeramkan Karya Seniman Terkenal, Dijamin Bikin Terkejut!

Lukisan menyeramkan
Sumber :

VIVA Lifestyle – Karya-karya seniman terkenal tidak hanya indah dan filosofis, tetapi juga abadi. Namun, di dalam kanvas-kanvas yang megah ini terdapat segudang lukisan menakutkan yang menerangi kegelapan umat manusia.

Kata Kritikus Seni Rupa soal Lukisan Artificial Intelligence Karya Denny JA

Sudah menjadi sifat manusia untuk terpesona dengan hal-hal yang berbau menyeramkan sekaligusmengerikan. Bagi sebagian orang, ilustrasi yang mengerikan adalah sebuah realita, pengingat bahwa hidup tidak selalu berupa "pelangi dan unicorn". Yuk scroll ke bawah!

Bagi yang lain, mereka adalah minat yang menggebu-gebu, obsesi yang menggairahkan, atau hanya sesuatu yang menarik untuk dilihat.  Tidak peduli kecenderungan Anda, semua seni yang hebat layak untuk diperdebatkan dan dipuji.

Geger Seorang Pegawai Museum Pajang Karya Seninya Dekat Lukisan Legendaris

Lukisan-lukisan mengerikan yang menakutkan oleh seniman terkenal ini akan membuat Anda merasa terganggu namun juga tersentuh oleh subjeknya. Bagi pelukis, lukisan merupakan cara terbaik untuk mengekspresikan jalan pikiran mereka. Tak heran, jika sejumlah pelukis ternama sengaja membuat lukisan dengan kesan menyeramkan.

Hal tersebut bertujuan, agar orang yang melihatnya turut merasakan kengerian yang ingin disampaikan oleh sang pelukis melalui hasil karyanya. Berikut ini adalah lukisan-lukisan terkenal yang menyandang reputasi sebagai karya seni menyeramkan, melansir dari lamarn thecollector.com:

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Gimana Cara Tunjukkan Kepedulian?

Mengapa Seniman Terkenal Membuat Lukisan Menakutkan?

lukisan

Photo :

Sepanjang sejarah, seniman telah menggambarkan kengerian dalam seni, mengeksplorasi tema-tema seperti kematian, kekerasan, dan supranatural. Selama zaman kuno, seniman menggunakan bakat mereka untuk memperhitungkan tema kematian dan kekerasan yang terlihat dalam kehidupan dan peperangan. 

Dalam Renaisans Eropa , seni mempertanyakan ideologi Kristen yang ketat dan sombong. Di Eropa Abad Pertengahan, seni gelap digunakan untuk mengeksplorasi efek wabah, mulai dari supernatural hingga sehari-hari. Seni visual modern menggunakan citra yang mengganggu untuk menghadapi kebenaran masyarakat yang tidak nyaman. 

Lukisan Mengerikan

6. Wajah Perang Oleh Salvador Dalí

Lukisan menyeramkan

Photo :

Meski berada di peringkat 6, lukisan ini bukan sekedar honorable mention. Faktanya, semakin dekat Anda memeriksa The Face of War , oleh seniman dan pelukis surealis terkenal Salvador Dalí , semakin detail detail yang mengerikan namun kejam terungkap. 

Lukisan itu menggambarkan kepala tanpa tubuh, dengan latar belakang gurun, dengan wajah kurus—seperti mayat—diserbu ular. Ekspresinya suram dan ditinggalkan, itulah niat Dalí: untuk menunjukkan keburukan perang. 

Di dalam mulut dan rongga mata terdapat kepala yang identik dan di dalamnya terdapat kepala yang lebih identik, membuat aspek ini tak terbatas konsep lain yang agak menyedihkan.

 Dalí melukis karya tersebut di California, 1940, dan diyakini lebih menggugah Perang Saudara Spanyol daripada Perang Dunia Kedua . Warna yang mendominasi adalah coklat, dengan langit biru-hijau yang diredam di kejauhan. Bisa dibilang, warna coklat mewakili perang, sedangkan warna biru-hijau mewakili perdamaian.

Fakta Menarik :
 

Sidik jari yang terlihat di sudut kanan bawah sebenarnya adalah milik Salvador Dalí . Termasuk The Face of War , Dalí membuktikan bahwa sebagian besar karya seninya berasal dari firasat perang di masa depan. Dalí mengklaim bahwa dua hal mengilhaminya: libidonya dan kegelisahan umum saat menghadapi kematian.

 5. Kepala Terpenggal Oleh Théodore Géricault

lukisan

Photo :

Théodore Géricault adalah seniman terkenal lainnya yang dikenal karena lukisannya yang menakutkan. Ilustrasi mengerikan ini, diberi label Kepala Terputus , secara harfiah menggambarkan kematian di saat-saat tergelapnya. 

Pembusukan kepala terlihat jelas. Di sebelah kiri, seorang wanita memiliki mata tertutup dan kulit putih pucat, sementara sebaliknya, di sebelah kanan, kepala pria memiliki mata tak bernyawa terbuka dengan mulut terbuka. 

Yang lebih menarik dari komposisi ini adalah penggunaan nada gelap dan terang Géricault untuk menyampaikan niatnya—perubahan dari hidup ke mati. Géricault begitu terobsesi dengan gagasan tentang kematian sehingga ia dikenal menyimpan bagian tubuh dan mayat yang sebenarnya terpotong-potong di studionya. 

Seperti beberapa lukisannya yang lain, Kepala Terputus memberinya sarana untuk berlatih menggambar detail mayat yang lebih halus.

 Fakta Menarik :
 
Leher dari kepala yang terpenggal menunjukkan bahwa jiwa-jiwa terdahulu ini menemui ajalnya melalui pemenggalan. Namun, pada kenyataannya, ini hanya berlaku untuk salah satunya. Géricault memperoleh kepala pria dengan guillotined dari seorang pencuri yang sebelumnya ditahan di Bicêtre (rumah sakit yang juga berfungsi sebagai penjara hukuman mati), sedangkan kepala wanita diambil dari model hidup. Untuk alasan ini, telah disimpulkan bahwa tujuan kedua Géricault untuk melukis Kepala Terputus adalah untuk menyoroti bagaimana pria dan wanita sering menjadi korban pemenggalan kepala melalui guillotine.

 4. Dante Dan Virgil   Oleh William-Adolphe Bouguereau

Lukisan seram

Photo :

Masuk berada di urutan keempat ini merupakan sebuah representasi yang menghantui oleh seniman terkenal dan pelukis akademis Prancis William-Adolphe Bouguereau . 

Pada awalnya, Dante dan Virgil mungkin tidak tampak seperti lukisan yang sangat menakutkan, tetapi ketika dipasangkan dengan latar belakangnya, itu menjadi pengalaman visual yang mengerikan. 

Kanvas ini menggambarkan adegan dari Divine Comedy penyair Dante . Di sini, Dante dan pemandunya, Virgil , telah berkelana ke Neraka dan berhenti di Lingkaran Kedelapan. 

Bagian Neraka ini diperuntukkan bagi mereka yang melakukan penipuan atas kemanusiaan. Dante dan Virgil menjadi saksi dari dua jiwa terkutuk yang terlibat dalam pertempuran abadi—pertarungan sampai mati! 

Salah satunya adalah Capocchio, seorang alkemis dan bidat; yang lainnya adalah Gianni Schicchi, penipu, dan penipu. Adalah Schicchi yang berada di atas angin, menggigit leher Capocchio sambil secara bersamaan berlutut di punggungnya. 

Yang paling mengesankan dari karya seni ini selain latar belakang setan yang mengganggu, neraka, dan sosok telanjang yang menggeliat kesakita adalah penggambaran tubuh para pejuang yang indah. Bouguereau telah dengan cemerlang menangkap "kehangatan saat itu", menampilkan kekuatan garang Schicchi, fluiditas pose pria, dan keputusasaan mentah dalam ekspresi mereka. 

Secara keseluruhan, Dante dan Virgil adalah aide-mémoire artistik , menyoroti bagaimana semua individu sama di mata Tuhan, dan bahwa ketika dibuang ke Neraka, seseorang tidak menjadi manusia atau binatang tetapi sesuatu di antara keduanya.

 Fakta Menarik :

Mengenai tema lukisan itu, itu adalah satu kali oleh Bouguereau, menunjukkan bahwa konten gelap mungkin terlalu mengganggu baginya untuk mereproduksi. . .

3. Kematian Marat II Oleh Edvard Munch

Lukisan seram

Photo :

Lukisan menakutkan berikutnya ini menggambarkan kegelapan pengalaman manusia, terutama ketika berhubungan dengan pemutusan hubungan. The Death of Marat II lahir dari pikiran seniman terkenal Norwegia Edvard Munch dan memiliki satu kisah hebat di baliknya—yah, sebenarnya ada dua.

Semuanya dimulai ketika Munch putus dengan tunangannya, Tulla Larsen pada tahun 1902. Sumber mengklaim bahwa pasangan itu bertengkar di rumah musim panasnya di Aagaardsstrand, dan selama keributan itu, sebuah pistol meledak, melukai tangan Munch.

Kejadian ini membuat trauma sang seniman yang menyindir bahwa Larsen bersalah—dan menjadi inspirasi dua lukisan: The Death of Marat dan The Death of Marat I. Subjek dalam kedua judul, "Marat," mengacu pada Jean-Paul Marat, seorang revolusioner Prancis yang dibunuh di bak mandi oleh radikal Charlotte Corday pada tahun 1793.

Dalam The Death of Marat II , alih-alih Marat dan Corday menjadi fokus, itu dipahami sebagai Munch terbaring mati di tempat tidur, dengan Larsen telanjang berdiri tegak di sampingnya. Dia dipandang sebagai pembunuhnya karena dua alasan utama: luka di lengan pria itu simbol Munch menembak tangannya sendiri selama pertengkaran sebelumnya dengan Larsen dan kesamaan fisik antara wanita dalam lukisan itu dan Larsen sendiri.

Fakta Menarik :
 
Munch melukis sambil menguji teknik ekspresionistis . Dia mengembangkan metode unik: sapuan kuas horizontal dan vertikal yang berbeda yang merupakan simbol agresi dan kondisi mentalnya yang tidak tertekuk—yang akhirnya menyebabkan kehancurannya pada tahun 1908.

 2. Kursi Listrik Oleh Andy Warhol 

Lukisan

Photo :

Gambar ini agak menonjol dari yang disebutkan di atas, tetapi ini adalah lukisan yang benar-benar menakutkan yang seharusnya mengirimkan sulur dingin ke tulang belakang Anda.

Kursi Listrik adalah gagasan dari seniman terkenal Andy Warhol dan mewakili awal mulanya mencetak gambar tangan ke kanvas dan kemudian menerjemahkan tekniknya ke kertas. Karya seni hitam putih asli tahun 1964 (gambar di bawah) didasarkan pada foto pers (1953) dari kamar kematian di Lembaga Pemasyarakatan Negara Bagian Sing Sing di New York dan dicetak dengan cat akrilik perak. 

 Cetakan berwarna monokrom (seperti yang digambarkan di atas) dikembangkan beberapa tahun kemudian ketika Warhol mulai bereksperimen dengan komposisi dan warna. Pada tahun 1980 Warhol menggambarkan proses pencetakan barunya sebagai perubahan signifikan dalam praktiknya: “Anda mengambil sebuah foto, meledakkannya, mentransfernya dengan lem ke sutra, dan kemudian menggulung tinta sehingga tinta menembus sutra tetapi tidak menembus sutra. lem.

Dengan begitu Anda mendapatkan gambar yang sama, sedikit berbeda setiap kali. Semuanya begitu sederhanacepat dan kebetulan. Saya sangat senang dengan itu.' (Warhol dan Hackett 2007, hal.28.)

 Yang paling menghantui dari serial Kursi Listrik adalah kontroversi politik seputar hukuman mati di Amerika saat itu, terutama di New York City, di mana dua eksekusi terakhir di Sing Sing dijadwalkan melalui penyetruman. Dengan demikian, Warhol memberikan metafora kematian yang suram tetapi sangat pedih.

Gambar itu tanpa kehadiran manusia. Seperti yang diamati oleh sejarawan seni Neil Printz, cetakan itu "luar biasa karena ketenangan visual dan pernyataan emosionalnya," sementara kekosongan dan keheningan ruangan "mewakili kematian sebagai ketidakhadiran dan keheningan." (Printz dalam Menil Collection 1989, hlm.17.)   Pada dasarnya, karya itu adalah kematian yang menunjukkan kematian, yang seharusnya beresonansi dengan siapa pun yang sadar akan kematian manusia.

 Fakta Menarik :
 Inspirasi di balik seri Kursi Listrik Warhol adalah kencan makan siang dengan kurator Henry Geldzahler. Warhol menyatakan: “ Kami berdua sedang makan siang suatu hari di musim panas [tahun 1962] … dan dia meletakkan  Daily News  di atas meja. Judulnya adalah '129 DIE IN JET,' dan itulah yang memulai saya pada seri kematian—Kecelakaan Mobil, Bencana, Kursi Listrik …” (Andy Warhol dan Pat Hackett,  POPism: The Warhol '60 s, Harcourt Brace Jovanovich , New York, dan London, 1980, hal 75.)

 1. Lukisan Paling Menakutkan: Pembantaian Orang Tak Bersalah Oleh Peter Paul Rubens

Lukisan mengerikan

Photo :

Masuk di urutan pertama, terdapat lukisan menakutkan yang jelas bukan untuk orang yang pengecut. Para ibu terutama diperingatkan: materi pelajaran tidak hanya grafis tetapi sangat mengganggu. The Massacre of the Innocents oleh seniman terkenal Peter Paul Rubens telah mendapatkan posisi teratas karena penggambarannya yang kejam tentang pembunuhan bayi, yang—menurut Injil Matius dalam Alkitab—adalah insiden nyata. 

 Apakah fakta atau dongeng, karya seni memiliki kemampuan yang mengganggu untuk menarik penonton ke dalam adegan. Jika Anda mengambil catatan Perjanjian Baru, Raja Yudea Herodes Agung yang memerintahkan pembantaian semua anak laki-laki Betlehem berusia dua tahun ke bawah. Rasionalisasinya yang tidak manusiawi untuk perintah itu, tidak mengherankan, terkait dengan ego tidak peduli versi cerita apa yang Anda dapatkan. Herodes entah membunuh bayi-bayi itu karena kemarahannya karena diejek oleh orang Majus alias Tiga Orang Bijaksana/Tiga Raja atau karena dia diperingatkan bahwa kelahiran seorang anak laki-laki yang akan datang akan merebut mahkotanya. 

Intinya, ini adalah kanvas yang bergerak, dengan mungkin titik fokus yang paling menonjol adalah pusat kematian: ibu, anaknya, dan prajurit. Pertarungan di antara mereka bertiga sangat dramatis. Akankah mencungkil wajah tentara sang ibu menyelamatkan putranya? Atau akan sia-sia? 

Area penekanan kedua adalah paling kanan: prajurit yang siap mendorong bayi ke pilar yang sudah bernoda merah tua, dan kedua wanita itu mengulurkan tangan untuk menghentikannya. Bisakah mereka juga menyelamatkan bayi muda itu, atau apakah Takdir telah menetapkan pemenang dari pertumpahan darah ini mengingat jumlah mayat bayi yang tak bernyawa dan berdarah yang berserakan di sekitar mereka. 

Fakta Menarik :

Pada tahun 1923, seorang wanita mewarisi  The Massacre of the Innocents tetapi menolak untuk menyimpannya. Dia menganggap lukisan itu terlalu mengerikan—bagaimanapun, pembantaian bayi baru lahir dan balita hampir tidak dianggap sebagai dekorasi rumah biasa. Sebaliknya, dia meminjamkannya ke biara Reichersberg Abbey di Austria. Itu kemudian dijual di lelang dengan harga 76,7 juta! 

Singkatnya, The Massacre of the Innocents adalah penggambaran serius dari sesuatu yang benar-benar terjadi hari ini. Anak-anak kecil masih dibantai, dilecehkan, dan dieksploitasi, dan tidak peduli seberapa besar kita ingin menghalangi fakta itu, itu tidak dapat ditarik kembali: fakta . Satu yang tidak boleh kita abaikan tetapi jelaskan dan ubah. Karena hanya dengan begitu kita dapat memutus siklus pengulangan sejarah. Hanya dengan begitu kita dapat menyebut diri kita sebagai ketinggian kemanusiaan. Hanya dengan begitu kita dapat menyelamatkan orang-orang yang tidak bersalah, orang-orang yang pantas mendapatkan masa depan yang sangat beruntung untuk kita miliki.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya