5 Roller Coaster Tercepat di Dunia yang Picu Adrenalin, Berani Coba?

Roller coaster Top Thrill Dragster
Sumber :
  • tripsavvy

VIVA Lifestyle – Roller coaster memang menjadi suatu permainan adrenalin yang sangat menantang. Ternyata ada roller coaster tercepat di dunia dengan kecepatan  yang melampaui 100km/jam. Sehingga tentu semakin menantang dan memicu adrenalin yang menaikinya. 

Ngeri, Roller Coaster di Jepang Berhenti Mendadak, 32 Orang Tergantung Hampir 1 Jam

Pemecah rekor ini datang dalam berbagai desain dan menggunakan bermacam-macam sistem peluncuran untuk melontarkan kendaraan mereka ke daftar teratas. Melansir dari tripsavvy, berikut ini roller coaster tercepat di dunia. Yuk scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Formula Rossa

Roller Coaster Crash in Sweden Causes One Killed, Several Injured

Roller coaster Formula Rossa

Photo :
  • tripsavvy

Roller coaster tercepat di dunia ini mencapai kecepatan tertinggi yang menakjubkan yakni 240 km/jam dalam 4,9 detik. Formula Rossa memanjat 171 kaki (52m) dan menghasilkan 1,7 Gs selama 92 detiknya. Formula Rossa berada di Ferrari World, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dan dibuka pada tahun 2010 lalu. 

Satu Tewas, 9 Cedera Akibat Kecelakaan Roller Coaster di Swedia

Perjalanannya dimulai di dalam taman hiburan dalam ruangan, dipercepat melalui kubah, berjalan di luar taman dan kembali ke pemberhentian di dalam gedung. Roller coasternya juga terlihat seperti mobil Ferrari Formula Satu berwarna merah mencolok dan melaju dengan cepat. Karena sangat cepat, penumpang bahkan harus menggunakan kacamata untuk melindungi mata mereka dari pasir gurun.

2. Kingda Ka 

Roller coaster Kingda Ka

Photo :
  • tripsavvy

Selanjutnya ada Kingda Ka sebagai roller coaster tercepat yang ada di Six Flag great Adventure, New Jersey, Amerika Serikat dan merupakan roller coaster tercepat di dunia selama beberapa tahun hingga akhirnya terlampaui oleh Formula Rossa. Dengan ketinggian 456 kaki, Kingda Ka juga merupakan roller coaster tertinggi di dunia.

Untuk mencapai kecepatannya yang sangat cepat hanya dalam hitungan detik, wahana Six Flags ini menggunakan sistem peluncuran hidrolik. Kecepatan maksimalnya mencapai 206 km/jam. 

Roller coaster Top Thrill Dragster

Photo :
  • tripsavvy

Dengan kecepatan 190 km/jam, Top Thrill Dragster memiliki tema mobil balap yang tepat. Tidak hanya mencapai kecepatan yang mendebarkan, sistem peluncuran hidroliknya juga melontarkan pengendara dari 0 ke holy moly dalam waktu singkat. Top Thrill Dragster pada dasarnya mirip dengan Kingda Ka, tetapi umumnya perjalanannya lebih mulus. Roller coaster ini berada di Sandusky, Ohio, Amerika Serikat. 

Roller coaster Red Force

Photo :
  • tripsavvy

Red Force dibuka pada tahun 2017 lalu sebagai bagian dari Ferrari Land (bagian dari resor PortAventura). Roller coaster ini menggunakan motor magnet untuk meluncurkan keretanya dengan kecepatan 180 km/jam menuju menara yang terlihat mirip dengan Top Thrill Dragster dan Kingda Ka. Red Force ini adalah roller coaster tercepat sekaligus tertinggi di Eropa.

Roller coaster Dodonpa

Photo :
  • tripsavvy

Menggunakan peluncuran udara terkompresi, roller coaster Dodonpa melaju dari 0 hingga 180 km/jam hanya dalam waktu kurang dari dua detik. Coaster yang ada di Jepang ini berlomba naik dan turun di menara topi setinggi 161 kaki pada 90 derajat. Seluruh jam perjalanan dalam 55 detik. Karena melaju sangat cepat, sebagian besar coaster dalam daftar ini berdurasi cukup pendek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya