UNESCO: Minat Baca Buku di Indonesia Urutan ke 60 dari 61 Negara

Ilustrasi membaca buku.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Tingkat minat baca masyarakat di Indonesia diketahui terbilang cukup rendah. Berdasarkan data United Nations Educational, Scientific and Cultural Organizatoin (UNESCO) di tahun 2016 Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara di dunia. 

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Selain itu, berdasarkan data UNESCO minat membaca masyarakat Indonesia sangat rendah. Dimana hanya 0,001 persen atau 1 dari 1.000 orang di Indonesia yang rajin membaca. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

“Minat baca kita di tahun 2016 sampai sekarang belum berubah,” kata Presiden Direktur Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi dalam press conference Big Bad Wolf Indonesia di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kamis 17 November 2022. 

Visit Maros Pangkep Geopark, Recognized as UNESCO Global Destination

Lebih lanjut dijelaskan Uli berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2022 disebutkan tingkat kegemaran membaca masyarakat Indonesia secara keseluruhan berada di angka 59,52 dengan durasi membaca 4-5 jam per minggu dan 4-5 buku per triwulan.

Ilustrasi Membaca

Photo :
  • Bukuqu
Geopark Maros Pangkep, Beranda bagi Keajaiban Geologi dan Budaya di Sulawesi Selatan

“Sementara itu DKI Jakarta berada di posisi 10 dengan durasi membaca 4-5jam dengan 4-5 buku per triwulan. Data ini agak ngeri 4-5buku selama 3 bulan,” kata dia lebih lanjut. 

Di sisi lain, Bazar Buku Internasional “Big Bad Wolf Books” (BBW) kembali digelar di Jakarta. Melalui acara ini diharapkan semangat membaca buku fisik diharapkan dapat terus mendongkrak minat baca Indonesia dan bisa menjadi bagian dari gaya hidup untuk kemajuan negeri dari literasi.

“Harapannya membaca akan menciptakan generasi Indonesia yang lebih cerdas dan unggul,” kata dia. 

Dalam acara yang digelar mulai 25 November hingga 5 Desember di ICE BSD Tangerang ini akan menghadirkan 50.000 judul buku baru dan jutaan buku internasional dari semua genre akan membanjiri kota Jakarta dengan memberikan diskon meriah 50-90%.

Ilustrasi membaca buku.

Photo :
  • U-Report

Selain buku-buku terbaik internasional, juga akan ada buku-buku Indonesia dari lebih 50+ penerbit Indonesia yang telah dikuratori oleh salah satu penerbit terbaik di Indonesia, Mizan Publishing.

Selain itu akan ada kejutan hadiah voucher setiap harinya lewat kontes BARBUK (Book Haul) selama pameran berlangsung.

Kejutan hadiah yang paling diincar pun juga kembali hadir yaitu memenangkan 1 buah troli penuh buku yang bisa langsung dibawa pulang pemenangnya.

Sejumlah anak bersama ibu mereka membaca buku di stand Mobil Buku Keliling (ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Selain itu, program Beli 2 Gratis 1 Buku Little Hippo, buku yang disertai perlengkapan anak, serta banyak lagi program khusus yang diperuntukkan bagi para member Big Bad Wolf Books.

Di sisi lain, BCA selaku bank partner juga memberikan penawaran menarik berupa tambahan diskon 5 persen dengan min transaksi Rp350 ribu. Selain itu ada cashback 10 persen setiap Rp100 ribu transaksi menggunakan reward BCA serta cicilan 0 persen utk tenor 3 dan 6 bulan dengan kartu kredit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya