5 Desa Unik di Dunia hanya Ada di Indonesia, No 4 Jenazah Tak Dikebumikan

Pemkaman desa trunyan
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak desa dengan karakteristik yang unik yang hanya terdapat satu di dunia. Selain negara kepulauan, negara dengan iklim tropis ini juga dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya, Bahasa dan beragam sukunya.

Komnas HAM Sebut Banyak Masyarakat Adat Tak Ikut Pemilu karena Tak Punya KTP Elektronik

Maka dari itu tidak heran jika di Indonesia terdapat sejumlah desa unik di beberapa wilayah. Mulai dari desa Penglipuran di Bali hingga Desa Diompu di Sulawesi Tenggara yang masyarakatnya memiliki mata berwarna biru dan masih banyak lagi.

Untuk tahu informasi lebih lengkapnya, kami telah merangkum beberapa sumber untuk Anda terkait 5 desa unik di Indonesia yang hanya ada satu di dunia

Unik, Di Dusun Ini Matahari Pagi Telat Muncul dan Malam Lebih Cepat: Lokasi Ada di Yogyakarta

1. Desa Wae Rebo

Desa Wae Rebo, NTT.

Photo :
  • U-Report
Wah Ternyata Ramai Warga Palestina Jadi Tentara Israel, Ini Alasannya

Terletak di Pulau Flores atau tepatnya di Kecamatan Satarase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Keunikan desa ini adalah rumah adat utama di desa yang memiliki bentuk kerucut tinggi dengan diameter yang sama.

Rumah yang ada di desa paling unik ini dapat menampung 6-8 keluarga. Rumah adat ini sudah ada selama 19 generasi. Penataan rumahnya juga sangat unik, yakni berbentuk melingkar sehingga akan terlihat seperti sebuah lingkaran.

2. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran

Photo :
  • Indonesia Travel

Desa unik lainnya adalah Desa Penglipuran di Provinsi Bali atau tepatnya di Kaki gunung Batur. Desa ini berhasil meraih predikat sebagai desa terbersih di Bali. Maka tak heran jika kondisi dan udara di sekitar desa masih asri dan terlihat begitu alami.

Selain itu, masyarakat desa paling unik di dunia ini juga sangat memperhatikan adat dan budaya Bali. Sebagai contoh, hunian yang mengusung arsitektur Bali yang tertata rapi di kiri kanan jalan merupakan penyesuaian dari ajaran Hindu yaitu Tri Mandala.

3. Desa Siompu

Penduduk asli Buton yang bermata biru.

Photo :
  • U-Report

Terletak di Sulawesi Tenggara, Desa Siompu memiliki keunikan di mana seluruh penduduknya memiliki mata berwarna biru. Menurut beberapa sejarawan, mata berwarna biru yang didapat masyarakat dikarenakan perkawinan campuran dengan Portugis di zaman penjajahan. Bahkan, selain mata biru, beberapa penduduk Desa Siompu memiliki rambut berwarna pirang.

4. Desa Trunyan

Pemkaman desa trunyan

Photo :
  • U-Report

Desa Trunyan yang berada di kabupaten Bangli, Bali ini juga termasuk ke dalam salah satu desa paling unik di dunia. Desa ini tergolong unik karena penduduk desanya masih menjaga adat istiadat desa tersebut. Desa ini identik dengan pemandangan hijau, dengan tengkorak manusia berjejer di setiap sudut desa.

Desa Trunyan juga memiliki kuburan di sisi timur Danau Batur, dimana sebagian besar orang yang sudah meninggal dunia tidak dimakamkan. Sebaliknya, itu ditempatkan di kuburan setengah teritorial dan kemudian dibiarkan sampai membusuk.

Uniknya, meskipun dibiarkan membusuk, mayat tidak mengeluarkan bau busuk. Hal ini karena efek dari salah satu pohon tinggi yang bernama Taru Menyan yang dikenal dapat menetralisir busuk dari mayat.

5. Badui

Suku Badui

Photo :
  • VIVAnews/Fernando Randy

Desa yang didiami oleh suku Badui ini terletak di Banten. Desa ini sangat identik engan rumah yang dibuat dari bambu, kemudian air sungai yang mengalir juga sangat jernih sehingga masyarakat desa kerap menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari.

Orang Badui dikenal sangat menjaga kebersihan desanya dan tidak merusak alam. Maka tak heran jika desa Badui dikenal dengan kebersihan dan kelestarian alamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya