Dengar Suara Gonggongan Anjing dan Ayam Berkokok, Pertanda Apakah dalam Pandangan Islam?

Anjing menggonggong.
Sumber :
  • http://cybercoredot.blogspot.com

VIVA Lifestyle – Pernahkah kalian mendengar suara gonggongan anjing atau suara ayam berkokok ketika Anda terlelap di tengah malam? Kalau iya, Anda harus memerhatikan apa yang perlu dilakukan.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Bagi sebagian orang percaya bahwa suara dari kedua binatang tersebut di tengah malam bisa menjadi pertanda sesuatu.

Lantas benarkah demikian? Bagaimana pandangan Islam mengenai hal itu? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Kisah Tantowi Yahya Ditarik Sosok Misterius di Raudhah Masjid Nabawi

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal, dalam tayangan YouTube Rumaysho TV menjelaskan bahwa suara anjing, suara keledai hingga kokokan ayam memiliki tanda tertentu.

Ilustrasi malam lailatul qadar.

Photo :
  • U-Report
Kisah Tantowi Yahya Bertemu Malaikat di Taman Raudhah: Ganteng Wangi Diberi Buku Doa

Dijelaskannya dalam hadistnya dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda, 'Jika kalian mendengar suara ayam jantan berkokok, mintalah karunia kepada Allah karena ayam jantan tersebut melihat malaikat'. 'Jika kalian mendengar suara keledai, mintalah perlindungan kepada Allah dari setan karena keledai tersebut melihat setan' (HR Bukhari NO.3303 dan Muslim No.2729).

"Kalau mendengar suara ayam jantan berkokok mintalah karunia kepada Allah. Jadi berdoa ketika itu, misalnya dengarnya pas lagi dini hari, mintalah kepada Allah yang diinginkan ketika itu,” ungkap Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal.

Ilustrasi berdoa

Photo :
  • Pixabay

“Karena dia sedang melihat malaikat, berarti malaikat datang di situ. Jika kalian melihat suara keledai ini berbeda lagi, maka ingat keledai itu melihat setan maka mintalah perlindungan kepada Allah, baca Ta'awudz itu kalau ada di sekitar kita," tambahnya.

Lebih lanjut diungkap dia, dari Jabir bin Abdillah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda 'Jika kalian mendengar suaraa gonggongan anjing dan suara keledai pada malam hari maka mintalah perlindungan kepada Allah karena anjing dan keledai tersebut melihat apa yang tidak kalian lihat' (HR. Abu Daud No.5103).

Ilustrasi Malam Lailatul Qadar

Photo :
  • U-Report

"Berarti di sini juga disebutkan asalnya setan itu tidak bisa dilihat, asalnya setan itu makhluk gaib tidak bisa dilihat yang bisa lihat itu malah aneh. Karena di sini cuma bisa dilihat dengan izin Allah oleh anjing, oleh keledai,” jelas Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal.

“Dan di sini disebutkan kalau kita tidak bisa melihat setan tadi. Namun setan bisa melihat kita, dan ada mahluk-mahluk yang Allah izinkan untuk bisa melihat setan seperti anjing dan keledai tadi," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya