Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Juga Bisa Berkarya dan Berprestasi

ABK diajarkan membuat prakarya.
Sumber :
  • Dok Irene Ridjab

VIVA Lifestyle – Anak berkebutuhan khusus (ABK) seringkali kurang mendapat perhatian. Padahal, mereka sangat membutuhkan uluran tangan kita agar bisa hidup layaknya manusia normal lainnya. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Tersentuh akan hal itu serta berangkat dari kerinduan Irene Ridjab untuk dapat menjadi jembatan atau wadah bagi anak-anak berkebutuhan khusus agar dapat berkarya, berdaya dan mandiri, dia bertekad mewujudkan impiannya bersama Yayasan Blessindo Harapan Mandiri. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Dari situlah, wanita yang pernah memberikan pemberdayaan terhadap narapidana Jelengkong Bandung itu memutuskan untuk fokus dengan membangun House of Hope (HOH). 

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Akhirnya pada Februari 2023,. HOH dibangun sebagai sarana khusus untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk tempat pelatihan (training center) dan pemberdayaan.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

Irene menjelaskan, HOH mempunyai fokus pada Creativity Empowering, di mana anak- anak berkebutuhan khusus diberikan pelatihan dan lapangan pekerjaan bagi yang sudah cukup berumur dengan melipat packaging dan memberikan lem pada amplop.

"Pekerjaan kecil tapi pekerjaan tangan dari manusia masih dibutuhkan. Hal ini untuk membantu melatih motorik ABK," kata Irene dalam keterangannya, Rabu 8 Maret 2023. 

Program lain dari HOH adalah art therapy dan digital, di mana ABK diajarkan art printing dan art digital. Irene berharap, semua anak-anak yang bergabung dalam program HOH bisa mendapatkan keterampilan dan pengalaman bekerja yang berharga untuk masa depan mereka dalam menghadapi kehidupan mandiri.

HOH yang berlokasi di Jalan Lamping No 16, Sukajadi, Bandung itu rencananya akan diresmikan pada 1 April 2023 mendatang. 

"Semoga dengan adanya HOH, ABK dapat terus berkarya dan berprestasi," harap Irene Ridjab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya