Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadhan, Ternyata Gak Berat Kok!

Ilustrasi puasa
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle – Bulan suci Ramadhan adalah saat yang paling dinanti oleh umat Muslim di seluruh dunia. Pada bulan penuh rahmat itu, Allah SWT senantiasa membuka pintu taubat bagi para hamba-Nya. Selain itu, setiap amal perbuatan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan nilai pahalanya.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Maka dari itu, umat Muslim berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan selama bulan suci Ramadhan. Di samping menjalani ibadah wajib seperti berpuasa dan salat 5 waktu, ada juga berbagai ibadah sunnah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keimanan pada Yang Maha Kuasa. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Salah satunya adalah membaca Alquran, apalagi menuntaskannya hingga khatam. Rasulullah SAW bersabda:

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf,” (HR.At-Tirmidzi).

Ilustrasi Alquran.

Photo :
  • Freepik
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Tips khatam Alquran dalam bulan Ramadhan
Alquran terdiri dari 30 juz dengan jumlah 114 surat. Dalam satu bulan, bagi umat Muslim yang ingin khatam sebanyak satu kali, bisa membaca satu juz per harinya.

Seperti yang disarankan oleh seorang guru Tahfidz, Feby Fahira, dalam unggahan Instagram @ummu.bukhari, untuk khatam 1 kali dalam sebulan, bisa dicicil membaca 2 lembar Alquran setiap habis salat lima waktu. Maka dalam sehari diperkirakan akan selesai satu juz.

Kemudian untuk target khatam Alquran 2 kali dalam bulan Ramadhan, disarankan membaca sekitar 4 lembar setiap habis salat 5 waktu, yang diperkirakan akan rampung 2 juz dalam 1 hari. 

Sedangkan untuk umat Muslim yang ingin bisa khatam Alquran sebanyak 3 kali selama bulan Ramadhan, sebaiknya membaca hingga 6 lembar setiap selesai salat 5 waktu. Dengan begitu, diperkirakan akan rampung sekitar 3 juz dalam sehari.

Semakin banyak membaca Alquran setelah salat, maka kemungkinan khatam akan lebih banyak juga dalam waktu satu bulan. Namun, kembali lagi pada kemampuan masing-masing orang. Sebaiknya, menjelang bulan suci Ramadhan sudah membuat rencana untuk berapa kali ingin khatam Alquran dan bagaimana cara membagi waktunya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya